08 November 2013

Mengetahui Link Asli dari Short URL dengan URL Uncover Pro

Di media sosial, seperti Facebook, Twitter dkk, kita sering menemui short URL. Apa itu short URL? Seperti namanya, short URL adalah URL pendek yang mewakili sebuah link panjang. Misalnya, http://di.fakta4.com/1frDZSn adalah short URL dari http://www.fakta4.com/2013/09/hard-disk-berkapasitas-5-mb.html.

Mengetahui Link Asli dari Short URL
Credit: watcharakun/FreeDigitalPhotos.net

Untuk memendekkan link atau membuat short URL, kita bisa menggunakan bitlyTinyURLgoo.gl, dsb. Siapa saja bisa membuat short URL dan membagikannya ke mana saja kita suka. Masalahnya, kita tidak benar-benar tahu ke mana short URL tersebut akan membawa kita.

Di satu sisi, short URL memang terkesan praktis dan bisa menghemat karakter saat kita membagikannya di media sosial (Twitter misalnya, yang hanya menyediakan 160 karakter). Di sisi lain, sang pembuat short URL biasanya memiliki maksud lain (selain memendekkan link), seperti mengarahkan kita ke website iklan, atau situs-situs yang mungkin tidak kita kehendaki.

Parahnya lagi, ada saja orang yang dengan sengaja menyembunyikan link berbahaya dengan menggunakan short URL (istilahnya jebakan betmen). Nah, bagaima cara mengetahui link asli dari short URL?

Kita bisa menggunakan URL Uncover Pro untuk menyingkap link asli yang telah dipendekkan atau disembunyikan. URL Uncover Pro merupakan sebuah website yang menyediakan tools untuk menampilkan link asli dari short URL.

URL Uncover Pro

Dari keterangan yang tertera pada websitenya, URL Uncover Pro mendukung lebih dari 100 macam short URL. Menariknya, selain mendukung short URL umum seperti bit.ly dan tinyurl, URL Uncover Pro juga mampu membuka link asli dari adf.ly dan linkbucks.

Tak hanya link asli, seperti yang tampak pada gambar di atas, URL Uncover Pro juga menampilkan screenshoot dari website yang hendak kita buka (plus informasi keamanan mengenai website tersebut, bila tersedia), jadi kita bisa memutuskan untuk mengunjungi link tersebut atau tidak.

URL Uncover Pro dapat diakses melalui alamat www.urluncoverpro.com. Kita juga bisa menggunakan addon URL Uncover Pro untuk Firefox dan ekstensi URL Uncover Pro untuk Chrome.

Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×