28 Januari 2015

Download Facebook Lite APK, Aplikasi Facebook Ringan untuk Android

Ditulis oleh pada 28.1.15
Patut diakui bahwa aplikasi resmi Facebook bukanlah aplikasi favorit kebanyakan pengguna Android saat ini. Selain berat, aplikasi yang berukuran sekitar 30Mb tersebut juga lambat ketika mengakses konten Facebook, terutama pada jaringan EDGE atau GPRS. Belum lagi bila digunakan pada Android versi lawas (ICS ke bawah misalnya), aplikasi Facebook untuk Android bisa saja menjadi salah satu pemicu emosi Anda (loading tiada akhir).

Facebook Lite

Untuk mengatasi masalah tersebut, seminggu yang lalu (20/01/2015), Facebook merilis aplikasi bernama Facebook Lite, sebuah aplikasi Facebook untuk Android yang jauh lebih ringan dan cepat daripada aplikasi regulernya. Wah, kabar gembira untuk kita semua, sob (kita: pengguna Android jadul).

Dikutip dari TechCrunch, Facebook Lite merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk Android low-end dengan jaringan internet lambat (2G) yang masih banyak digunakan di negara-negara berkembang. Saat ini Facebook sedang menguji coba aplikasi Facebook Lite di Bangladesh, Nepal, Nigeria, Afrika Selatan, Sudan, Sri Lanka, Vietnam dan Zimbabwe (Indonesia ga termasuk ternyata). Ke depannya, Facebook Lite kemungkinan besar akan disebar juga ke wilayah lain yang dinilai masih menggunakan internet lambat dan Android jadul.

Facebook Lite AndroidFacebook Lite Android Message

Meski begitu, pada kenyataannya masih banyak pengguna Android (baik yang low, mid, maupun high) dari berbagai negara yang mengeluhkan kinerja aplikasi Facebook reguler (berat, makan banyak RAM, ngabisin kuota internet, jalan terus di background, dsb). Anda termasuk sob? Bila iya, silakan akses Facebook dari browser saja, lebih ringan dan cepat, apalagi dari Opera Mini :D Becanda sob, iya, pasti kalian juga ingin mencoba aplikasi Facebook Lite yang katanya ringan, cepat, serta hemat kuota internet tersebut. Ok, lanjut ke paragraf selanjutnya.

Sampai artikel ini diketik, Facebook masih belum mengizinkan pengguna dari luar negara yang telah disebutkan tadi untuk mengunduh Facebook Lite via Play Store. Walau begitu, sudah bisa ditebak, seperti aplikasi tenar lainnya, APK dari Facebook Lite tentu sudah tersebar luas di jagat internet (mana link-nya? Sebentar sob, sabar).

Seperti namanya, aplikasi Facebook Lite ini memiliki ukuran APK yang mungil, sekitar 800Kb saja (dibawah 1Mb sob), jadi proses installnya cukup cepat, loadingnya juga cepat, serta sangat efisien untuk jaringan internet yang lambat (mengingatkan kita pada aplikasi Snaptu).

Selain itu, dengan Facebook Lite, Anda bisa berkirim pesan Facebook (termasuk emoji dan sticker) tanpa harus install Facebook Messenger. Anda juga akan menerima notifikasi untuk like, comment, serta pesan baru di Facebook Lite layaknya menggunakan aplikasi Facebook reguler. Tertarik? Silakan donwload Facebook Lite APK melalui link yang tersedia di bawah ini (untuk Android 2.2 Froyo ke atas; kalau Android Gingerbread? Jelas bisa sob).

NB: Buat yang masih ragu, Facebook Lite adalah aplikasi resmi dari Facebook, bukan aplikasi buatan pihak ketiga.

Download Facebook Lite APK terbaru | Alt Link

UPDATE 27/06/2015: Setelah kurang lebih 5 bulan dari rilis pertama, aplikasi Facebook Lite akhirnya tersedia Indonesia sob, silakan langsung unduh dari Play Store. Selain itu, versi terbaru dari aplikasi Facebook ringan Android ini sekarang sudah mendukung push notification untuk seluruh ponsel Android (mulai dari Froyo sampai Lollipop).

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×