23 Juni 2018

Cara Kirim SMS Melalui Laptop/PC dengan Android Messages

Ditulis oleh pada 23.6.18
Masih SMS-an sob? Klasik banget ya 😃. Meski begitu, SMS masih memegang peranan penting dalam kegiatan komunikasi seluler kita. Misalnya saja kode verifikasi WhatsApp atau kode verifikasi dua langkah dari Facebook, masih setia dikirimkan lewat SMS. Selain itu, SMS banking juga pasti pakai SMS, kalau lewat surat namanya wesel.

Kirim SMS lewat Laptop/PC dengan Android Messages

Kenapa SMS? Sepertinya sudah sangat jelas ya, SMS tidak butuh internet. Asal ada sinyal, SMS sangat efektif untuk berkirim pesan ke wilayah dengan jaringan internet yang kurang memadai. Kan SMS ga bisa kirim foto? Benar sob, tapi dengan sejumlah biaya tambahan, kita juga bisa mengirimkan foto melalui SMS, lebih tepatnya MMS, tapi perlu internet juga sih 😀

Jauh sebelum WA, BBM, atau Fb Messenger menjadi aplikasi pokok dalam berkomunikasi jarak jauh, SMS adalah primadonanya sob. Coba tanya mas, mbak, atau ortu kalian yang pernah melalui era di mana ponsel belum sepintar sekarang, dan SMS adalah satu-satunya pilihan praktis untuk berkirim pesan teks, atau mungkin kalian sendiri juga mengalaminya?

Apa?!? kalian masih suka SMS-an? Tidak ada yang salah sob, apapun hapenya, sepanjang bisa menangkap sinyal dan ada pulsa, kita bisa berkirim SMS dengan cepat dan mudah, apalagi kini kita bisa SMS-an lewat laptop atau komputer dengan Android Messages.

Yang bener min? Benar sob, layaknya WhatsApp Web, BBM Desktop, atau Messenger.com, sekarang kita bisa memanfaatkan Messages for web untuk mengirim dan menerima SMS melalui PC atau laptop. Bagaimana caranya?


Cara Mengirim SMS lewat PC atau laptop dengan Android Messages


Buat yang belum tahu, Android Messages adalah aplikasi SMS bawaan Android dari Google. Aplikasi tersebut umumnya tersedia untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android murni, seperti Google Pixel atau Android One. Bagaimana dengan ponsel Android lain, Samsung Galaxy atau Xiaomi Redmi misalnya?

  1. Tenang sob, aplikasi Android Messages tidak bersifat eksklusif dan bisa dipasang di hampir semua ponsel Android, jadi langsung unduh saja dari Play Store, gratis!

  2. Setelah itu, jadikan Android Messages sebagai aplikasi SMS default/bawaan di ponsel Anda, pilih "Ya" pada popup yang muncul.

    Ubah aplikasi SMS bawaan Android

  3. Buka messages.android.com melalui browser laptop atau komputer Anda. Di sana kita bisa menemukan tata cara penggunaannya.

    Messages for Web

  4. Kembali ke ponsel, ketuk menu tiga titik dan pilih "Message untuk web" lalu pindai kode QR yang muncul di browser laptop/PC Anda. Beres sudah.

    Aplikasi Android Messages

  5. Nah, sekarang Anda bisa mengirim dan menerima SMS dari PC atau laptop sepanjang ponsel Anda tetap terhubung ke jaringan internet (bisa Wifi atau 3G/4G).

    Mengirim dan menerima SMS dari PC atau laptop di Android


Selain teks, Android Messages juga menyediakan fitur untuk mengirim emoji, sticker, dan juga foto/video. Walau demikian, kita akan dikenakan biaya MMS (yang mana lebih mahal dari kirim foto lewat WA) bila kita mengirimkan media-media tersebut.

Sebenarnya Android Messages sudah memiliki teknologi chat yang disebut RCS (Rich Communication Services), sebuah protokol yang didesain untuk menggantikan SMS di masa yang akan datang. Kabarnya RCS memanfaatkan kuota data sob, jadi kita bisa berkirim pesan multimedia dengan lebih cepat dan murah daripada SMS ataupun MMS.

Sayangnya, untuk saat ini operator seluler di Indonesia belum menerapkan teknologi RCS, mungkin tidak lama lagi sob, masih dikembangkan. Kita tunggu saja kabar selanjutnya sembari berkirim pesan teks lewat SMS, tapi foto/video lewat WA 😁

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×