01 Maret 2018

BBM untuk Laptop atau PC Windows? Pakai Saja BBM Desktop

Ditulis oleh pada 1.3.18
Sekitar empat tahun yang lalu, Memudahkan pernah mengetik artikel tentang BlackBerry Blend; sebuah aplikasi lintas platform yang berguna untuk mengintegrasikan ponsel BlackBerry dengan berbagai perangkat lain seperti laptop/pc berbasis Windows dan Mac, serta tablet iOS dan Android via kabel USB maupun secara nirkabel.

BBM untuk Laptop atau PC Windows

Nah, lewat BlackBerry Blend, kita bisa BBM-an di PC berbasis Windows atau Mac. Terdengar menarik sekali ya, namun ada tapinya sob. BlackBerry Blend saat itu hanya bisa digunakan untuk smartphone dengan sistem operasi BB OS 10, dan saat ini, kabarnya aplikasi tersebut sudah mendekati status EOL (End of Life), alias tidak dikembangkan lagi.

Kabar baiknya, pihak BlackBerry kini sedang mengembangkan BlackBerry Messenger Desktop. Bukan aplikasi sob, melainkan laman web, iya, bisa dibilang mirip dengan WhatsApp Web. Sedang dikembangkan, berarti belum tersedia? Sudah sob, tapi sementara hanya bisa digunakan dengan aplikasi BBM beta untuk Android.

UPDATE 07/06/2018: BBM Desktop versi beta kini sudah tersedia untuk seluruh pengguna aplikasi BBM Android. Bagaimana cara menggunakannya? Silakan langsung update aplikasi BBM Android Anda ke versi terbaru lewat Play Store, kemudian ikuti langkah mudah di bawah ini.

Cara Menggunakan BBM di Laptop/PC dengan BBM Desktop


Bila Anda tertarik mencoba BBM Desktop, silakan unduh atau update aplikasi BBM Android Anda ke versi paling baru.

Setelah itu buka browser di laptop atau komputer Anda dan kunjungi laman web BBM Desktop. Di sana kita bisa menemukan kode QR yang berfungsi untuk login ke BBM.

BBM Desktop Login


Di aplikasi BBM Android, buka tab 'Saya' (Me) - pilih 'BBM Desktop' - lalu pindai QR kode di laman web BBM Desktop tadi.

Pindai QR kode BBM Desktop


Nah, sekarang kita bisa chatting BBM di komputer atau laptop, tanpa perlu emulator 😃

BBM Desktop chat


Agar notifikasi BBM bisa muncul saat ada pesan masuk, jangan lupa untuk mengizinkan (Allow) laman web BBM Desktop untuk menampilkan notifikasi (Show notifications).

BBM Desktop notifikasi


Berhubung versinya masih beta, fitur yang ditawarkan BBM Desktop masih sangat basis. Ya bisa dikatakan cuma bisa buat mengirim pesan teks saja sob, termasuk emoji (diketik manual). Untuk sticker, foto, lokasi, dan fitur lainnya saat ini belum didukung oleh BBM Desktop, kecuali untuk pesan yang diterima. Masih kalah jauh lah sama versi web dari WhatsApp maupun Telegram.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ke depannya semua fitur yang ada di aplikasi BBM Android bisa kita nikmati di BBM Desktop. Kapan? Ya kita tunggu saja sob. Untuk sementara kita nikmati yang ada, sambil menunggu BBM Desktop melepas status lajang beta nya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×