27 Maret 2018

Cara Membuat Emoji dengan Wajah Sendiri di Android [BBMoji]

Ditulis oleh pada 27.3.18
Akhir-akhir ini, dunia perponselan pintar dunia sedang dihebohkan dengan teknologi "baru" yang bisa mengubah wajah pengguna smartphone menjadi emoji animasi. Sebut saja fitur Animoji dari Apple iPhone X dan AR Emoji dari Samsung Galaxy S9.

BBMoji Android

Meski sekilas mirip, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang mendasar. Proses pembuatan Animoji di iPhone X terbilang cukup rumit karena melibatkan banyak komponen seperti kamera depan, kamera infrared, dot projector, dsb, yang terangkum dalam sistem yang disebut TrueDepth camera system. Hasilnya tentu saja mengesankan sob, emoji tiga dimensi yang bisa merefleksikan mimik wajah kita secara live.

Di sisi lain, AR Emoji "hanya" menangkap ekspresi muka kita secara dua dimensi, iya, hanya dengan mengambil foto wajah dan menempelkannya ke template emoji tiga dimensi yang tersedia. Hasilnya memang tiga dimensi, namun bisa dikatakan belum bisa menyaingi Animoji dari iPhone X.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat emoji dari wajah sendiri tanpa perlu beli iPhone X maupun Galaxy S9. Bagaimana caranya? Mudah banget sob. Kembali ke lima tahun yang lalu, di mana Memudahkan pernah membahas tentang MomentCam, sebuah aplikasi yang bisa mengubah foto kita menjadi karikatur atau kartun. Selain itu, MomentCam juga punya fitur untuk membuat emoji dengan foto wajah kita sendiri sob, namun bukan itu yang akan kita bahas kali ini.

Belum lama ini, BBM bekerja sama dengan developer MomentCam untuk menggarap aplikasi yang diberi nama BBMoji. Benar, sudah bisa ditebak sob. BBMoji adalah aplikasi yang berguna untuk membuat emoji atau emotikon animasi berdasarkan wajah penggunanya. Konsepnya mirip dengan AR Emoji namun dengan grafis yang lebih mengarah ke kartun dua dimensi, persis dengan fitur emotikon di MomentCam.

Cara Membuat Emoji Wajah Sendiri dengan BBMoji

  1. Cara menggunakan BBMoji juga tidak sulit. Tinggal pasang/update aplikasi BBM lalu pasang juga aplikasi BBMoji.

  2. Buka BBM, masuk ke salah satu chat, dan ketuk ikon sticker di samping area teks.

    Create BBMoji

  3. Pilih tab BBMoji lalu ketuk "Buat avatar Anda" (Create BBMoji).

  4. Ketuk tombol "Izinkan" (Allow) untuk menghubungkan BBMoji ke akun BBM. Izinkan pula BBMoji untuk mengakses kamera.

    BBMoji Allow

  5. Tak lama kemudian antarmuka kamera BBMoji akan muncul, di sana kita bisa mengambil foto wajah dengan ekspresi terserah alias suka-suka. Sesuaikan posisi penanda mata dan bibir bila diperlukan.

    BBMoji kamera

  6. Pilih jenis kelamin dan usia - "Confirm", lalu sesuaikan preferensi wajah kita dengan pilihan yang tersedia (warna kulit, gaya rambut, aksesoris, dsb.).

  7. Ketuk "Simpan" (Save) bila semua telah dirasa sesuai, kemudian kita akan dibawa ke laman emoji (sticker). Di sana kita bisa memilih/membeli variasi sticker yang diinginkan.

    Save BBMoji

  8. Selanjutnya ketuk "Mulai menggunakan di BBM" (Start using in BBM) untuk membagikan sticker BBMoji ke teman-teman BBM kita.

    Koleksi BBMoji

  9. Sebentar, ini sebenarnya emoji atau sticker sih? Ya bisa dibilang emoji dalam format sticker sob 😀

Perlu diakui bahwa BBMoji berada di kelas yang berbeda dengan Animoji-nya iPhone X maupun AR Emoji-nya Galaxy S9. Meski demikian, variasi sticker animasi raut muka yang ditawarkan BBMoji terbilang sangat banyak dan terus bertambah sob (sayangnya tidak semua gratis 😁).

Terlebih lagi, grafis kartun BBMoji yang diadaptasi dari MomentCam terlihat begitu unik dan relatif lebih lucu bila dibandingkan dengan fitur emoji pada ponsel-ponsel mahal tadi; sehingga bisa sedikit mengobati rasa penasaran kita akan fitur emoji dengan wajah sendiri. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×