07 Juli 2019

Cara Membuat Animoji Wajah Sendiri di Android dengan SwiftKey

Ditulis oleh pada 7.7.19
Apakah animoji masih menjadi tren masa kini? Sepertinya begitu, sob. Walau tidak seheboh waktu pertama kali iPhone X diluncurkan, animoji masih didengungkan sebagai salah satu pembeda iPhone dengan ponsel pintar lainnya. Di Android kita mengenal AR Emoji besutan Samsung, atau yang paling baru adalah Mimoji dari Xiaomi (yang kabarnya dituduh jiplak punya Apple 😪).

Membuat Animoji Wajah Sendiri di Android dengan SwiftKey

Untuk menikmati fitur-fitur emoji animasi tiga dimensi tersebut kita wajib menggunakan ponsel pintar dengan spesifikasi tertentu. Tidak sembarangan memang, setidaknya kita perlu iPhone X untuk mencicipi Animoji. Alternatifnya kita bisa meminang (atau meminjam) Samsung Galaxy S9 untuk mencoba AR Emoji. Bagaimana dengan Mimoji? Saat ini Mimoji versi terbaru hanya bisa ditemukan di ponsel Mi CC9, sob.

Kan banyak aplikasi yang mirip Animoji di Play Store? Itu dulu, sob. Sekarang rupanya sudah mulai jarang yang bikin aplikasi macam itu, entah karena tersandung masalah hak cipta, atau memang sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya. Kabar gembiranya, belum lama ini aplikasi keyboard Android yang dulu sempat terkenal, SwiftKey, merilis fitur berjuluk Puppets. Apaan, tuh?


Layaknya Animoji dkk, Puppets adalah fitur SwiftKey (beta) yang berguna untuk membuat karakter virtual sesuai dengan ekspresi wajah dan gerakan kepala penggunanya. Berbeda dengan animoji yang menggunakan TrueDepth camera system kepunyaan iPhone, SwiftKey Puppets memanfaatkan Artificial intelligence (AI) dan Deep Neural Network (DNN) untuk menangkap dan meniru ekspresi wajah pengguna secara real time, lalu mengubahnya menjadi karakter animasi yang ekspresif.

Oleh karena itu, pengguna tidak memerlukan ponsel sekelas iPhone X atau Galaxy S9 untuk mencoba fitur Puppets, cukup pakai ponsel Android yang kini sedang Anda gunakan. Bagaimana caranya?


Cara Membuat Karakter Animasi Tiga Dimensi dengan Wajah Sendiri


  1. Caranya mudah sekali, sob. Silakan unduh dan pasang aplikasi SwiftKey beta. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengaktifkan keyboard SwiftKey beta di ponsel Android Anda. Izinkan semua perizinan yang diminta, termasuk izin untuk mengakses kamera, mic, dan penyimpanan.

  2. Selanjutnya buka keyboard SwiftKey beta, bisa melalui app drawer atau dengan membuka aplikasi yang bisa memicu kemunculan keyboard. Lalu ketuk ikon panda untuk membuka fitur Puppets. Saat pertama kali dibuka, ada tips singkat untuk memposisikan ponsel secara optimal dengan pencahayaan yang cukup, baik di depan maupun sisi atas kita.

    SwiftKey beta

  3. Di laman berikutnya kita bisa mengunduh salah satu atau semua karakter hewan lucu yang tersedia (saat ini ada panda, kucing, dino, anjing, dan burung hantu). Setelah unduhan selesai, posisikan dan ekspresikan wajah Anda sesuai keinginan, berbicara atau menyanyi juga bisa, dan ketuk tombol merah untuk mulai merekam (durasi maksimal 30 detik).

    Puppets

  4. Hasil rekaman akan diputar otomatis, sob. Selanjutnya kita bisa membagikan video animasi tersebut ke media sosial favorit yang mendukung konten video. Tidak bisa disimpan kah?

    Share SwiftKey Puppets



Cara Menyimpan Video Animasi Karakter SwiftKey Puppets ke Memori


Untuk saat ini belum ada fitur simpan khusus di Puppets, namun demikian bila Anda memasang aplikasi file manager semacam Solid Explorer atau FX File Explorer, terdapat pilihan "Save to" atau "Save as" yang bisa digunakan untuk menyimpan video animasi tersebut ke memori ponsel dalam format mp4.

Menyimpan Video Animasi Karakter SwiftKey Puppets ke Memori


Oiya, meski aplikasi SwiftKey beta bisa dipasang pada Android 5.0 Lollipop, fitur Puppets hanya bisa digunakan pada Android 7.0 Nougat atau yang lebih baru. Ditambah lagi karena fitur tersebut masih berstatus beta, besar kemungkinan tampilan dan opsinya bisa berubah dari waktu ke waktu. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×