18 September 2017

YouTube Go: Aplikasi YouTube Android Versi Ringan Bisa Offline [UPDATED]

Semakin hari, aplikasi Android makin berkembang sob. Ganti atau rombak tampilan, tambah fitur sana-sini, yang tidak jarang berakhir pada pemecahan versi. Iya, saking banyaknya fitur yang ditanamkan pada suatu aplikasi, ukurannya pun semakin melar, kinerjanya juga tambah berat.

YouTube Go

Oleh karena itu, para developer mengambil keputusan untuk membagi aplikasinya menjadi beberapa versi atau jenis. Contoh yang paling gampang adalah aplikasi Facebook, yang kini terbagi menjadi beberapa varian. Sebut saja Messenger dan Facebook, yang masing-masing masih dibagi lagi menjadi versi reguler dan versi lite.


Iya, selain agar aplikasi utama (reguler) tidak bertambah tambun, pemisahan versi ternyata memiliki tujuan lain sob, yaitu untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Misalnya Facebook Lite, sebuah aplikasi Facebook ringan yang ditujukan untuk perangkat Android versi lawas dengan jaringan internet lambat (umumnya masih banyak dipakai di negara-negara berkembang, termasuk negara kita tercinta).


Apa itu YouTube Go?


Nah, mengambil pendekatan yang serupa, hadirlah aplikasi YouTube Go. Tidak salah sob, YouTube Go adalah aplikasi YouTube versi lite yang khusus didesain untuk jaringan internet yang kurang cepat dan stabil. Selain itu, kita juga bisa mengunduh dan menyimpan video YouTube favorit untuk ditonton secara offline (mirip fitur di YouTube Reguler).

Aplikasi YouTube Android Versi Ringan

Lalu apa bedanya aplikasi YouTube reguler dengan YouTube Go? Buanyak sob, agar ukuran aplikasi tetap ramping dan jalannya ringan, beberapa fitur standar YouTube tidak tersedia di aplikasi YouTube Go (seperti fitur komentar, subscribe, profil channel, dkk). Meski begitu, YouTube Go punya sejumlah fitur yang akan memudahkan kita menikmati video favorit dengan cara yang irit:

  • Homescreen yang berisi video populer di lokasi kita dan juga video offline yang bisa ditonton kapan saja tanpa kuota internet.

  • Preview video sebelum ditonton atau disimpan. Semacam GIF sob, jadi kita bisa tahu ringkasan video tanpa perlu memutarnya secara penuh (berguna untuk menghindari click bait).

  • Pilihan kualitas video saat akan menonton dan mengunduh (Basic quality = 144p dan Standard quality = 360p). Hemat kuota banget nih, tapi kualitas videonya menyesuaikan ya sob 😀

  • Berbagi video dengan mudah melalui Bluetooth. Mengingat ukurannya yang kecil, berbagi video juga bisa dilakukan secara offline melalui Bluetooth.


Download YouTube Go


Untuk saat ini, YouTube Go baru tersedia secara resmi di India untuk tujuan testing. Rumornya setelah masa percobaan selesai, YouTube Go bakal dirilis secara internasional.

UPDATE 18/09/2017: Kini aplikasi YouTube Go sudah bisa diunduh dan digunakan oleh pengguna Android di Indonesia sob, jadi tak perlu repot cari APK mentahan lagi. Buat yang pengen Youtube-an cepat bin hemat dengan YouTube Go, langsung saja buka link Play Store yang tersedia di akhir artikel ini.

Download YouTube Go

Bagaimana cara daftar YouTube Go? Cukup siapkan nomor ponsel beserta alamat email, jalankan aplikasi YouTube Go, lalu ikuti petunjuk yang muncul di layar. Beres dah. Selamat mencoba 😉

Download YouTube Go APK | Play Store (minimal Android 4.1 Jelly Bean)


Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 10/02/2017 dan terakhir diperbarui pada 18/09/2017.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×