20 Desember 2014

Cara Download Video YouTube di Android tanpa Aplikasi Tambahan

Judulnya bisa juga begini, Cara Menonton Video YouTube Tanpa Koneksi Internet. Memangnya bisa? Tentu saja bisa sob. Benar-benar bisa nonton video YouTube secara offline? Benar, tapi ada syaratnya, kita harus mengunduh atau download dulu video tersebut (tentu saja) menggunakan koneksi internet.

Nonton video YouTube Offline

YouTube adalah layanan video online, jadi jelas kita membutuhkan koneksi internet (yang cepat bin stabil) untuk menontonnya. Di negara-negara berkembang seperti negara kita tercinta Indonesia ini, tidaklah mudah untuk memperoleh akses internet, baik yang cepat maupun yang stabil :D

Itu kenyataan sob. Memang ada koneksi internet yang cepat & stabil, namun tak semua orang bisa mengaksesnya, karena selain soal biaya, belum meratanya jangkauan jaringan 3G (apalagi 4G) membuat banyak orang di negara ini harus puas dengan koneksi yang apa adanya (GPRS, mungkin EDGE atau 3G, mungkin juga HSDPA, tapi abal-abal).

Maka dari itu, beberapa (banyak) orang harus ke kampus atau ke mall untuk sekedar merasakan koneksi internet yang lebih baik, memanfaatkan jaringan WiFi yang disediakan secara cuma-cuma. Dengan koneksi tersebut, kita bisa memutar video YouTube dengan lebih leluasa, meski sedikit menanti buffer, masih lebih baik daripada tak bisa buffer sama sekali.

Belum lama ini, Google meluncurkan update terbaru aplikasi YouTube untuk Android. Selain membawa tampilan baru khas material design, aplikasi YouTube untuk Android kini bisa digunakan untuk mendownload video. Iya, sekarang pengguna Android bisa langsung mengunduh video YouTube dari perangkat Androidnya, tanpa perlu install aplikasi lain selain aplikasi resmi YouTube untuk Android.

Saat ini, fitur YouTube Offline hanya bisa dinikmati oleh pengguna Android dari tiga negara, yaitu Indonesia, India, dan Filipina. Kenapa? Ya seperti yang telah disinggung pada paragraf-paragraf awal, ketersediaan internet yang cepat dan stabil masih menjadi barang langka di Indonesia, dan juga negara-negara berkembang lainnya, sementara penggunaan smartphone, terutama Android, mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Lalu bagaimana cara download video YouTube melalui aplikasi YouTube? Caranya mudah sekali, cukup unduh dan install/update aplikasi YouTube terbaru dari Play Store (bila belum), kemudian buka video yang akan diunduh.

Tap tombol download (ikon panah ke bawah).

tombol download YouTube


Pilih resolusi video (normal atau HD), dan tunggu sampai proses download selesai.

Video YouTube HD


Setelah proses download video beres, Anda bisa menemukannya di bagian Offline pada aplikasi YouTube.

Menu YouTube Offline


Video yang telah diunduh akan tersedia untuk diputar secara offline (tanpa koneksi internet) sebanyak yang Anda suka selama 48 jam, setelah itu video tersebut akan otomatis terhapus dari daftar Offline pada aplikasi YouTube Anda. Masih pengen nonton lagi, silakan unduh kembali videonya :D (UPDATE: ternyata ada beberapa video yang bisa bertahan lebih dari 2 hari sob, atau mungkin tak akan hilang sebelum dihapus manual)

Video YouTube Offline


Berapa banyak video yang bisa diunduh dengan aplikasi YouTube? Sebanyak yang Anda suka sob, batasannya hanya pada ketersediaan ruang penyimpanan di memori internal maupun kartu SD perangkat Android Anda. Sayangnya, tidak semua video YouTube bisa diunduh. Video klip musik biasanya tidak diizinkan untuk diunduh. Begitu pula dengan sebagian besar video dengan konten yang memiliki hak cipta. Meski begitu, tak usah khawatir sob, masih banyak video yang bisa diunduh kok, pintar-pintar nyari saja :D Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×