22 Juli 2017

10 Aplikasi Lite Android Terbaik: Ringan, Cepat, dan Hemat

Semakin hari, sebagian besar aplikasi Android semakin besar saja ukurannya. Iya, berbanding lurus dengan bertambahnya fitur sob, tiap update hampir bisa dipastikan ruang simpan smartphone Android kita makin sempit.

Aplikasi Lite Android Terbaik: Ringan, Cepat, dan Hemat

Tak hanya ruang simpan, kebutuhan RAM pun naik signifikan. Kalau dulu RAM 1Gb sudah cukup memadai untuk menjalankan aplikasi resmi Facebook, sekarang RAM 2Gb saja rasanya berat sob, bisa bikin Android kita (makin sering) sesak napas 😀

Belum lagi masalah jaringan internet. Untuk jaringan 3G atau 4G yang sudah stabil sih tentunya tak terkendala dalam menangani beragam aplikasi medsos (yang kini lebih kaya akan foto dan video daripada sekedar status teks). Kendati begitu, bagaimana jika kita berada di daerah yang masih belum terjamah jaringan internet cepat tersebut, masih GPRS atau EDGE misalnya? Bakalan jadi ujian kesabaran sob (loading lama).

Akibat dari banyaknya fitur, penggunaan RAM yang berlebih, serta kebutuhan jaringan internet yang konstan, baterai Android tentu akan kena imbasnya sob, makin sering minta colok dah, jadi makin akrab dengan powerbank 😃

Untung saja para pengembang aplikasi Android menyadari hal itu. Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, aplikasi dengan embel-embel nama "lite" kini sudah mulai jadi tren sob, Facebook Lite salah satunya. Apa itu aplikasi lite Android?

Kata lite berasal dari kata light yang bisa diartikan sebagai "ringan". Bila dihubungkan dengan aplikasi Android, lite di sini memiliki makna "versi ringan". Jadi kalau diartikan secara bebas, aplikasi lite Android adalah versi lain dari aplikasi Android yang lebih ringan daripada aplikasi regulernya.

Nah, sesuai judul, kali ini Memudahkan akan memberikan daftar 10 aplikasi lite Android yang ringan, cepat, sekaligus hemat kuota internet dan juga baterai. Aplikasi apa saja? Mari lanjut bacanya sob.


1. Facebook Lite


Facebook Lite merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk Android low-end dengan jaringan internet lambat (2G) yang masih banyak digunakan di negara-negara berkembang. Seperti namanya, aplikasi Facebook Lite ini memiliki ukuran APK yang kecil, dibawah 3Mb sob, jadi proses installnya cukup cepat, loadingnya juga cepat, serta sangat efisien untuk jaringan internet yang lambat.

Facebook Lite

Selain itu, dengan Facebook Lite, Anda bisa berkirim pesan Facebook (termasuk emoji dan sticker) tanpa harus install Facebook Messenger. Anda juga akan menerima notifikasi untuk like, comment, serta pesan baru di Facebook Lite layaknya menggunakan aplikasi Facebook reguler.


2. Messenger Lite


Messenger Lite adalah versi ringan dari aplikasi Facebook Messenger. Jadi selain lebih hemat data, aplikasi chatting yang berukuran kurang dari 10 Mb tersebut sangat cocok digunakan pada Android lawas (macam Gingerbread).

Messenger Lite

Seperti yang sudah disebutkan tadi, sebenarnya kita tak perlu aplikasi Messenger bila sudah pasang Facebook Lite. Meski demikian, buat Anda yang lebih suka chatting daripada update status, Messenger Lite sangat direkomendasikan.


3. LINE Lite


Secara garis besar, LINE Lite untuk Android memiliki fungsi yang sama dengan LINE reguler, sama-sama bisa buat kirim dan terima pesan teks, gambar, dan sticker (namun tentu saja lebih ringan!). Fungsi obrolan dengan banyak orang di grup LINE juga bisa dilakukan dengan LINE Lite.

LINE Lite

Berbeda dengan aplikasi Facebook dan Messenger versi lite yang bisa dipasang mulai Android 2.3 Gingerbread, aplikasi LINE Lite untuk Android saat ini hanya bisa dipasang pada smartphone Android 4.0 ICS ke atas.


4. Skype Lite


Siapa yang tak kenal Skype? Aplikasi panggilan video dan suara dari Microsoft ini kini juga tersedia dalam versi lite. Tak berbeda dengan aplikasi lite lainnya, Skype Lite juga dioptimalkan untuk jaringan internet lambat (2G) dan juga Android versi lama.

Skype Lite

Sayangnya, saat artikel ini diketik, Skype Lite masih dalam tahap uji coba dan hanya tersedia untuk pengguna Android di India. Bagaimana dengan Indonesia? Tunggu update selanjutnya sob.


5. Camera360 Lite


Aplikasi kamera Android yang sering muncul di meme tersebut sudah cukup lama memiliki versi lite. Iya, Camera360 Lite hadir sebagai solusi dari memori penyimpanan Android yang terbatas dan sering kepenuhan foto selfie.

Camera360 Lite

Untuk fungsinya bisa dibilang sebelas dua belas dengan versi normal dari Camera360, tapi tentu saja ada beberapa fitur yang dipangkas agar lebih ringan dan cepat meski dipasang pada Android dengan spesifikasi yang pas-pasan.


6. LinkedIn Lite


Buat Anda para alumni, pencari kerja atau membutuhkan pekerja untuk usaha Anda, LinkedIn Lite akan sangat memudahkan. Bagaimana tidak, aplikasi lite dari perusahaan yang kini bernaung di bawah bendera Microsoft ini diklaim empat kali lebih cepat daripada versi regulernya.

LinkedIn Lite

Fiturnya terbilang standar, seperti news feed, profil, lowongan pekerjaan, notifikasi, dan juga search. Sama seperti Skype Lite, saat ini LinkedIn Lite baru tersedia di India saja. Artikel ini akan diupdate saat LinkedIn Lite tersedia di Indonesia. UPDATE 04/08/2017: LinkedIn Lite sekarang sudah tersedia di Indonesia sob.


7. Shazam Lite


Bosan dengan rekomendasi dan popup yang muncul saat membuka aplikasi Shazam reguler? Gunakan saja Shazam Lite. Buat yang belum tahu, Shazam adalah aplikasi yang berguna untuk mengidentifikasi lagu (judul, musisi, album, dll) yang sedang diputar secara instan.

Shazam Lite

Konsepnya sama sob dengan aplikasi lite pada umumnya, Shazam Lite dibuat lebih ringan dan bahkan bisa menebak info lagu saat sedang offline (penggalan lagu akan direkam dan diindentifikasi saat kita online).


8. YouTube Go


YouTube Go adalah aplikasi YouTube versi lite yang khusus didesain untuk jaringan internet yang kurang cepat dan stabil. Selain itu, kita juga bisa mengunduh dan menyimpan video YouTube favorit untuk ditonton secara offline.

YouTube Go

Agar ukuran aplikasi tetap ramping dan jalannya ringan, beberapa fitur standar YouTube tidak tersedia di YouTube Go, seperti fitur komentar, subscribe, profil channel, dkk. Ga papa, yang penting masih bisa nonton video walau internet lagi lemot 😉


9. Clean Master Lite


Berdasarkan keterangan dari Play Store, Clean Master Lite adalah aplikasi pembersih memori yang didesain untuk Android dengan RAM di bawah 1Gb. Aplikasi buatan Cheetah Mobile tersebut diklaim mampu melegakan memori penyimpanan dan juga RAM Android, yang berujung pada peningkatan performa.

Clean Master Lite

Pembersihan memori dengan Clean Master Lite tentu lebih memudahkan bila dibandingkan pembersihan manual. Tersedia banyak opsi pembersihan yang bisa dipilih, mulai dari cache, file sampah bekas aplikasi, file APK yang tidak diperlukan lagi, dan juga aplikasi-aplikasi yang membebani RAM.


10. Opera Mini


Apapun ponselnya, Opera Mini browsernya. Iya, Opera Mini memang dikenal sebagai browser yang ringan, cepat, dan hemat. Tidak hanya smartphone, ponsel fitur yang masih menggunakan Java pun bisa menggunakan Opera Mini untuk berselancar di internet.

Opera Mini

Khusus untuk smartphone Android, versi mini dari browser Opera tersebut dibekali dengan banyak fitur sob. Seperti download video dari berbagai situs (kecuali YouTube), notifikasi Facebook, dukungan multi tab, incognito mode (private tab), mode malam, dan lain sebagainya.


_____________

Di Play Store, kita bisa menemukan beragam aplikasi yang menyandang nama "lite", namun jangan salah sob. Tujuan penggunaan nama "lite" tersebut ternyata tidak (selalu) sejalan dengan aplikasi-aplikasi yang telah dibahas di atas. Iya, selain merujuk pada versi aplikasi yang ringan, nama lite juga sering dipakai untuk membedakan versi aplikasi yang gratis dan berbayar, Camera FV-5 Lite dan Internet Speed Meter Lite misalnya.

Selain berupa aplikasi, beberapa media sosial juga menyediakan versi lite dari laman web mereka, seperti Twitter (mobile.twitter.com), Instagram (instagram.com), serta Facebook (m.facebook.com). Jadi buat Anda yang tidak ingin pasang ketiga aplikasi medsos tersebut namun ingin tetap eksis, buka saja laman webnya melalui browser smartphone favorit Anda. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×