29 Agustus 2017

Cara Unggah Foto dan Video dari Galeri ke Instagram Stories [Update Terbaru]

Ditulis oleh pada 29.8.17
Sesuai konsepnya, Instagram Stories "hanya" mengizinkan kita untuk mengunggah foto atau video yang kita ambil saat itu juga maupun yang diambil dalam kurun waktu 24 jam saja. Jadi berdasarkan konsep tersebut, kita tidak bisa upload foto seminggu, sebulan, atau setahun yang lalu.

Upload Foto dan Video dari Galeri ke IG Stories

Kalau sehari masih bisa sob, foto atau video yang usianya belum sehari semalam (belum 24 jam), masih bisa kita unggah ke Stories. Caranya tak jauh beda dengan cara yang sudah kita bahas pada artikel-artikel sebelumnya, hanya saja kali ini saya menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru (update 29/08/2017) dengan tampilan kamera Stories yang baru pula.

Unggah foto dari galeri ke stories IG


Seperti yang tampak di screenshot, kini kita bisa membuka galeri dari kamera stories hanya dengan mengetuk ikon foto (thumbnail) di sisi kiri bawah layar (sebelumnya cuma bisa lewat swipe). Setelah itu kita bisa pilih-pilih foto yang akan diunggah. Bila dalam 24 jam kita belum selfie atau mengambil foto/video, maka tampilannya akan seperti screenshot di bawah ini sob.

Belum ada foto atau video terbaru


Nah, kalau "Belum ada foto atau video terbaru" seperti screenshot tersebut, Anda pasti tahu apa yang perlu dilakukan. Tak ingin ambil foto/video baru? Pakai yang lama juga bisa sob, mari lanjut bacanya.

Meski di paragraf pertama saya mengetik:"Kita tidak bisa upload foto seminggu, sebulan, atau setahun yang lalu" (atau dengan kata lain kita tidak diizinkan untuk mengunggah foto lama ke IG Stories), ternyata dengan sedikit usaha kita bisa memanipulasi foto/video lama tersebut agar dianggap foto baru oleh aplikasi Instagram, sehingga bisa diupload ke Stories.

Caranya sangat mudah sob, tinggal rename (ubah nama) file foto/video lama tersebut sesuka hati agar muncul di galeri IG Stories. Bagaimana cara rename foto/video di Android? Gampang, pakai saja aplikasi galeri atau file manager favorit Anda, dalam hal ini saya menggunakan QuickPic.

Vario 150 9GAG


Setelah diganti namanya, foto yang saya ambil 2 tahun yang lalu tersebut kini telah dianggap sebagai foto baru dan muncul di galeri IG Stories. Bagaimana dengan video? Intinya sama saja sob, cukup rename filenya, atau edit pakai aplikasi editor apa saja (suka-suka), maka video tersebut juga akan muncul di galeri Stories.

suka-suka


Iya, kesimpulannya, foto atau video yang diedit (ganti nama, pakai filter, dsb) akan dianggap sebagai file baru oleh aplikasi Instagram, sehingga bisa muncul di galeri IG Stories dan siap untuk diupload. Sebenarnya hal-hal yang dibahas di artikel ini sudah pernah saya utarakan di beberapa artikel sebelumnya, namun untuk kali ini, saya sudah melengkapinya dengan screenshot yang paling kekinian (sesuai dengan keadaan terbaru per 29/08/2017). Ok segitu saja artikel Memudahkan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×