25 Januari 2017

Cara LIVE di Instagram Android: Siaran Langsung dari Ponsel Anda

Stories, sticker, dan kini live video. Benar sob, melalui update terbarunya, Instagram menghadirkan fitur siaran langsung atau live video secara global (setelah sebelumnya hanya ada di USA). Ketika artikel ini diketik, fitur tersebut telah tersedia untuk aplikasi Instagram Android mulai versi 10.0.

Cara LIVE di Instagram Android

Secara tampilan, live di Instagram tak ubahnya Periscope, YouTube Live Streaming, dan juga Facebook Live; namun secara fitur ada bedanya: setelah siaran langsung Instagram berakhir, videonya akan dihapus secara otomatis alias tidak tersimpan seperti layanan live lainnya (kecuali kalau direkam, atau mungkin akan ada fitur simpan video pada update selanjutnya).

Apa gunanya siaran langsung di Instagram? Jawaban singkatnya sebagai media promosi, cocok sekali buat pebisnis yang konsumennya mayoritas aktif di IG. Terlebih lagi untuk para figur publik (selebritas, pejabat, dsb.), interaksi langsung dengan penggemar melalui video live Instagram tentu menjadi momen yang tak akan terlupakan. Di luar itu, live video IG juga bisa dimanfaatkan untuk sekedar rekreasi, silaturahim, bergembira bersama teman, sahabat, atau keluarga.

Ok, lalu bagaimana cara LIVE di Instagram? Mudah sekali sob, langkahnya tak jauh beda dengan cara upload Instagram Stories, selengkapnya langsung saja simak ulasan singkat berikut ini.


Cara LIVE di Instagram Android: Siaran Langsung Live Video


  1. Update aplikasi Instagram Android Anda ke versi terbaru (minimal versi 10.0) dan jalankan.

  2. Pastikan perangkat Android Anda telah terhubung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil (disarankan pakai Wifi biar hemat kuota 😁).

  3. Selanjutnya tekan tombol kamera di pojok kiri atas layar (atau swipe layar ke arah kanan) untuk masuk ke laman kamera Stories.

    Siaran langsung IG Android

  4. Di sana kita bisa menemukan tombol 'LIVE' di samping tombol 'NORMAL'.

  5. Pilih tombol 'LIVE' lalu tekan tombol 'Start Live Video' untuk memulai siaran langsung di Instagram.

    Live video Instagram

  6. Belum ada yang nonton? Tenang sob, follower Anda akan segera mendapatkan notifikasi yang memberitahukan bahwa Anda sedang live di Instagram.

  7. Mereka bisa berinteraksi pada live video Instagram dengan cara berkomentar atau menekan tombol 'hati'.

  8. Bila diinginkan, kita juga bisa mematikan komentar saat siaran langsung di Instagram.

  9. Masih ada lagi sob, tekan dan tahan komentar yang diinginkan untuk menyematkannya di posisi paling atas (pin komentar favorit).

  10. Untuk mengakhiri live di Instagram, tekan tombol 'End' di kanan atas layar, lalu pilih opsi "End live video".

    End live video


Bagaimana sob, mudah bukan cara live di Instagram Android? Semoga tutorial singkat di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan tepat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×