18 September 2015

Download Launcher Android 6.0 Marshmallow dengan App Drawer Vertikal

Ditulis oleh pada 18.9.15
Bulan Juni lalu, Google merilis versi pertama dari Android M developer preview lengkap dengan beberapa fitur baru. Salah satu fitur anyar Android M (yang kini telah diresmikan sebagai Android Marshmallow) adalah vertical app drawer.

Launcher Android 6.0 Marshmallow

Sebelumnya, app drawer yang terdapat pada launcher Google Now itu disusun secara horizontal (geser ke kanan dan kiri). Kini seiring dirilisnya aplikasi Google versi 5.3, arahnya berubah menjadi vertikal (geser ke atas dan bawah). Lebih jelasnya simak video singkat ini.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Keren ga sob? Masalah keren tidaknya tergantung selera masing-masing sepertinya. Yang pasti, launcher bawaan Android 6.0 Marshmallow tersebut lebih user friendly, lebih mudah dan cepat digunakan, terutama untuk mencari aplikasi. Tinggal tekan dan geser bilah hijau di sisi kanan layar, maka akan muncul penanda huruf sesuai dengan nama aplikasi yang bersangkutan.

Kalau ingin lebih cepat lagi, kita bisa mencari aplikasi melalui search bar yang tersedia di sisi atas app drawer. Masih kurang cepat? Tengok saja aplikasi yang berada di barisan pertama app drawer, kemungkinan besar aplikasi yang Anda cari nangkring di sana :D

Seperti yang tampak di video, aplikasi pertama pada tiap huruf akan di-highlight seiring kita menggeser app drawer, sehingga memudahkan kita mengetahui pergantian huruf dari tiap kelompok aplikasi. Menariknya, tidak hanya app drawer sob yang menganut arah geser vertikal dengan penanda abjad, bagian daftar widget juga mendapatkan fitur yang sama.

App drawer vertikalDaftar Widget


Kepengen sob? Ikuti cara mudah install Android 6.0 Marshmallow Launcher berikut ini.

1. Pastikan ponsel atau tablet Anda berjalan dengan Android 4.4 KitKat ke atas; Lollipop bisa dong? Bisa banget sob.

2. Update aplikasi Google Now Launcher ke versi terbaru (bila belum).

3. Backup aplikasi Google di perangkat Android Anda (bila perlu), lalu unduh dan pasang Google App versi 5.3 (atau yang lebih baru).

UPDATE 29/09/2015: Aplikasi Google versi 5.3 (atau yang paling baru) sudah tersedia untuk diunduh via Play Store.

4. Tekan tombol Home, pilih Google Now Launcher, lalu cek apakah app drawer-nya sudah sama seperti screenshot/video di atas. Bila sudah, selamat, Anda sudah berhasil memasang launcher Android Marshmallow. Bila belum, coba reboot Android Anda. Selamat mencoba :)

NB: Tekan tahan ikon app drawer di homescreen untuk melakukan pencarian aplikasi dengan cepat.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×