02 September 2016

2 Cara Zoom Foto dan Video Instagram Android Terbaru

Berbagi foto melalui aplikasi Instagram seolah sudah menjadi rutinitas bagi para pengguna ponsel Android dewasa ini. Kemudahkan yang ditawarkan Instagram merupakan salah satu alasan yang menyebabkan banyak orang lebih memilih Instagram daripada layanan/aplikasi berbagi foto lainnya. Bisa dikatakan instan sob, tinggal jepret dan unggah saja. Bila Anda ingin lebih dari sekedar instan, Instagram sudah menyediakan beragam efek dan editor foto yang lumayan lengkap.

Zoom Foto Instagram Android

Meski begitu, bukan berarti Instagram luput dari kekurangan. Salah satunya adalah keharusan untuk mengunggah foto dengan skala ukuran 1:1 alias persegi. Iya, kotak sob, kalau ingin mengunggah foto ke Instagram dalam skala ukuran aslinya, 4:3 misalnya (persegi panjang), Anda bisa menggunakan aplikasi khusus macam Instashot, InstaSquare, InstaSize, dsb. UPDATE 27/06/2015: Instagram kini sudah mengizinkan kita untuk mengunggah foto dalam format portrait maupun landscape (iya, tak kotak lagi sob :D).

Kekurangan lainnya adalah ketiadaan fitur zoom pada foto-foto yang terunggah di Instagram. Seperti yang kita tahu, Instagram adalah aplikasi foto yang memang didesain untuk perangkat mobile, tepatnya ponsel pintar seperti Android. Secara relatif, layar ponsel Android memiliki ukuran sekitar 3 sampai 5 inci (di atas itu umumnya dikategorikan sebagai phablet dan tablet). Untuk foto yang berbentuk persegi, layar berukuran 3 sampai 5 inci tersebut bisa dibilang kurang lega sob, baik saat lihat foto Instagram dalam keadaan portrait maupun landscape.

Kembali ke fitur zoom, iya, foto Instagram memang tidak bisa di-zoom atau diperbesar ukurannya, sehingga kita hanya bisa melihat foto sebesar lebar layar kita saja (plus resolusi layar sebagai penunjangnya). Untuk melihat foto-foto selfie yang bertebaran di Instagram, rasanya tidak perlu repot-repot zoom, namun bila Anda kebetulan menemukan penampakan tidak biasa pada foto tersebut, rasa penasaran pasti merasuki pikiran Anda untuk memandang lebih jelas dan dekat (misalnya, ada bayangan aneh dibelakang si empunya foto :D)

Lalu bagaimana cara zoom foto di aplikasi Instagram untuk Android? Jawaban singkatnya tidak bisa sob, karena memang tidak disediakan oleh empunya aplikasi. Walau demikian, Android adalah sistem operasi yang pintar, namanya saja OS untuk smartphone, pasti pintar lah. Nah, meski Instagram tidak menyediakan fitur zoom foto, kita bisa menggunakan fitur zoom bawaan sistem operasi Android untuk memperbesar ukuran foto Instagram (biar lebih puas gitu lihatnya sob).

UPDATE 02/09/2016: Instagram baru saja merilis fitur zoom foto dan video sob (dirilis secara bertahap, mohon bersabar bila belum kebagian). Iya, sekarang cukup dengan melakukan gerakan mencubit layar atau pinch to zoom, kita bisa memperbesar foto dan video Instagram di Android tanpa perlu mengaktifkan Magnification gestures. Selengkapnya, simak video berikut.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on



Alternatifnya, kita juga bisa zoom foto dan video Instagram untuk Android dengan cara berikut ini.
  1. Tuju Settings > Accessibility > dan nyalakan Magnification gestures.
  2. Buka aplikasi Instagram, ketuk dengan cepat sebanyak 3 kali foto yang akan di-zoom. Bila Anda tak ingin (secara tidak sengaja) menyukai/batal menyukai foto tersebut, ketuk area di luar foto saja.
  3. Nah, jadi lebih besar kan foto Instagramnya?
  4. Kurang atau terlalu besar? Lakukan gerakan mencubit layar atau pinch to zoom untuk mengubah ukuran foto.
  5. Gunakan 2 jari secara bersamaan untuk menggeser area foto.
  6. Ketuk layar 3 kali lagi untuk kembali ke ukuran semula.

Agar lebih gamblang, simak video singkat dari Instagram berikut ini (ceritanya saya lagi penasaran dengan foto belalang :D).

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Selain di Instagram, Anda bisa menggunakan fitur Magnification gestures bawaan Android tersebut di aplikasi mana saja dan kapan saja (bisa berguna bila Anda memiliki ponsel Android dengan ukuran layar mini). Selamat mencoba :)

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 18/08/2015 dan terakhir diupdate pada 02/08/2016.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×