23 Agustus 2016

Ubah Android Jadi Mouse dan Keyboard untuk Android Lainnya

Android diubah menjadi mouse untuk PC itu sudah biasa, bagaimana kalau kita ubah Android menjadi mouse untuk Android lainnya? Itu baru luar biasa sob. Sebelumnya, Memudahkan pernah membahas cara menghubungkan mouse dan keyboard ke Android, lebih greget lagi, kali ini kita akan mengulas cara mengubah Android menjadi mouse dan keyboard untuk Android lainnya.

DroidMote Server untuk Android

Apa gunanya pakai mouse dan keyboard di Android, kan bisa langsung disentuh dan diusap pakai jari? Untuk jarak dekat, pakai jari saja memang cukup sob, namun bila kita ingin mengendalikan Android dari jarak jauh, kita butuh 'alat' khusus macam mouse dan keyboard.

Misalnya saja, saat presentasi menggunakan tablet Android, bakalan lebih mudah dan keren kalau kita bisa mengendalikan tablet tersebut dari jarak jauh dengan ponsel Android yang difungsikan layaknya mouse atau keyboard.

Contohnya lagi, bila kita punya Android TV box (Android yang terhubung ke TV), dijamin lebih nyaman dikendalikan melalui ponsel Android daripada dengan remote bawaannya (yang biasanya masih pakai infrared).

Ok, apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah Android menjadi mouse dan keyboard buat Android lain? Simak daftar berikut sob.

  1. Dua perangkat Android, satu sebagai layar dan satu lagi sebagai mouse dan keyboard (remote).
  2. Aplikasi DroidMote Server (untuk Android 4.0 ke atas dan wajib root) dan DroidMote Client (2.1 ke atas, tidak harus root).
  3. Jaringan WiFi.

Setelah bahan di atas siap, ikuti langkah mudah berikut.


Cara Mengendalikan Android dengan Android Lainnya


  1. Pasang DroidMote Server di Android yang akan digunakan untuk layar (A), dan pasang DroidMote Client pada Android yang berperan sebagai mouse (B).

  2. Pastikan kedua perangkat Android tersebut telah terhubung pada satu jaringan WiFi yang sama (bisa juga dengan memanfaatkan fitur tethering/portable hotspot).

  3. Jalankan DroidMote Server (A), ketuk tombol 'OFF', izinkan akses root yang diminta, dan tunggu statusnya menjadi 'ON' (disertai alamat IP).

    DroidMote Server

  4. Buka DroidMote Client pada Android satunya (B), ketuk area mouse atau tuju 'menu > Connect', lalu pilih alamat IP sesuai dengan yang tertera di DroidMote Server (A).

    DroidMote Client

  5. Setelah berhasil terhubung, kita bisa mengendalikan Android A dengan Android B dari jarak jauh (sejauh jangkauan sinyal WiFi).

Cara pengendaliannya juga mudah sob, usap-usap saja area 'mouse' di DroidMote Client (B) untuk menggerakkan kursor di layar Android A. Ketuk untuk klik kiri, usap dengan dua jari untuk scroll, dan cubit untuk zoom. Bagaimana dengan klik kanan? Karena ini Android, klik kanan bisa dilakukan dengan tekan dan tahan.

Untuk menggunakan keyboard, arahkan kursor ke area teks lalu ketuk ikon keyboard yang tersedia di DroidMote Client. Apapun yang kita ketik melalui keyboard Android B akan langsung muncul di Android A.

Gamepad droidmote


Selain fungsi mouse dan keyboard, DroidMote juga dilengkapi dengan berbagai tombol navigasi Android (back, home, menu, recent, dsb.). Tidak hanya itu, kita juga diberi pilihan untuk menggunakan 16 + tombol khusus untuk main game (joystick), bernavigasi dengan tombol Dpad, serta mengatur bermacam fungsi multimedia (play, pause, next/prev, volume up/down/mute, screenshot), lengkap bener ya :D

Tombol Dpad dan multimedia Android


Masih ada lagi sob, selain di Android, DroidMote juga bisa digunakan sebagai remote PC Windows atau Linux. Berbeda dengan DroidMote Server untuk Android yang berbayar, kita bisa mengunduh dan menggunakan DroidMote Server untuk Windows dan Linux secara gratis (bisa diunduh di situs resminya: videomap.it).

Nah, mudah bukan cara menggunakan Android sebagai mouse dan keyboard untuk Android lainnya? Cocok sekali untuk Anda yang ingin mengendalikan Android dengan Android lain dari jarak jauh (remote). Buat Anda yang belum memiliki akses root ke Android, silakan tengok artikel mengenai cara mengubah Android menjadi stick untuk Android lainnya. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×