24 Agustus 2016

VPN Gratis Unlimited untuk Android dengan Opera VPN

Ditulis oleh pada 24.8.16
Beberapa waktu yang lalu, Memudahkan telah mengulas VPN gratis yang terintegrasi langsung dengan browser Opera untuk PC. Masih berhubungan dengan VPN, kini Opera merilis aplikasi VPN untuk Android yang gratis serta unlimited.

Cara buka situs yang diblokir dengan opera vpn android

Benar sob, aplikasi Opera VPN yang sebelumnya hanya tersedia di iOS, kini telah dirilis resmi untuk Android. Seperti namanya, Opera VPN adalah aplikasi yang berguna untuk membuka akses situs web yang diblokir, melalui virtual private network.

Misalnya saja, ketika menggunakan WiFi gratisan di tempat umum (warung, kafe, sekolah, kampus, kantor), yang memblokir Facebook, kita bisa memanfaatkan VPN dari Opera untuk membuka Facebook dengan nyaman tanpa kendala.

Bisa juga saat operator jaringan internet langganan Anda membatasi akses ke situs web macam Reddit atau Vimeo, Opera VPN merupakan aplikasi yang tepat untuk menembus blokir situs-situs tersebut.

Selain itu, Opera VPN juga menawarkan fitur pengetesan keamanan jaringan WiFi sehingga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan kala mengakses internet melalui WiFi umum (publik, gratisan).

download vpn gratis unlimited android dari opera

Masih ada lagi sob, buat Anda yang sering mengakses toko online, fitur Guardian dari Opera VPN mampu menghentikan tracker toko online yang sering mengikuti Anda ke mana berada (pernah lihat iklan produk yang sama muncul berulang-ulang di situs yang berbeda? Nah, itulah kerjaan tracker sob).

Seperti halnya layanan VPN lainnya (baik yang gratis maupun berbayar, limited maupun unlimited), kita juga diberi pilihan untuk memilih lokasi virtual kita melalui Opera VPN, mulai dari lokasi terdekat (default), Kanada, Jerman, Amerika Serikat, Belanda, dan Singapura.

Untuk apa ganti lokasi segala? Salah satunya untuk mengakses situs atau layanan internet lain yang tidak tersedia di negara kita. Sebagai contoh, dengan mengubah lokasi kita ke Amerika Serikat, kita bisa mencoba fitur terbaru Instagram, yaitu fitur Video Channel (yang saat ini belum tersedia di Indonesia).

Instagram video channel vpn

Bagaimana cara menggunakan Opera VPN? Mudah sekali sob, unduh, pasang, lalu jalankan aplikasi Opera VPN di perangkat Android Anda; kemudian ikuti instruksi yang muncul untuk menghidupkan VPN dari Opera. Sebagai penanda VPN aktif, akan muncul ikon kunci di status bar Android Anda.

Untuk mematikan Opera VPN, pilih menu tiga garis (menu hamburger) lalu ketuk tombol yang tersedia. Nah, VPN gratis unlimited dari Opera? Layak untuk dicoba sob. Selamat mencoba 😊

UPDATE 21/04/2018: Kabar mengecewakan datang dari Opera VPN sob. Mulai 30/04/2018, Opera memutuskan untuk menutup layanan Opera VPN untuk Android dan iOS secara permanen. Kenapa? Alasannya tidak begitu gamblang, namun mereka menyarankan kita sebagai pengguna untuk pindah ke SurfEasy. Alternatifnya, kita juga bisa menggunakan TunnelBear, Hola VPN, atau Betternet untuk mendapatkan layanan VPN gratis untuk Android maupun iOS.

UPDATE 24/03/2019: Mungkin ini adalah alasan Opera mematikan aplikasi Opera VPN. Iya, aplikasi browser Opera untuk Android kini diperbarui dengan fitur VPN terintegrasi. Jadi kita tidak perlu repot pasang aplikasi VPN terpisah sob, cukup gunakan browser Opera dengan fitur VPN aktif untuk memperoleh manfaat yang sama. Silakan update browser Opera di Android Anda, jalankan, masuk ke Pengaturan → VPN untuk mengaktifkannya.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×