10 April 2019

Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android [USB OTG]

Ditulis oleh pada 10.4.19
USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus. Seperti namanya, USB bersifat universal sob, tidak terbatas pada flashdisk saja. Nah, di artikel-artikel sebelumnya, Memudahkan pernah membahas mengenai cara membuka flashdisk di Android menggunakan USB OTG. Apa itu USB OTG? Silakan simak dahulu artikel tersebut.

Menghubungkan Mouse dan Keyboard dengan Android [USB OTG]

Iya, selain untuk membuka flashdisk, USB OTG yang tersemat di Android bisa juga digunakan untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Pertanyaannya, memang bisa ya Android dipasangi mouse dan keyboard? Jawaban bisa sob, asal perangkat Android yang digunakan telah memiliki fitur USB OTG.

Mouse dan keyboard apa saja yang bisa dipasangkan di Android via USB OTG? Hampir semua jenis atau merk mouse/keyboard USB bisa dipasangkan ke Android, baik yang pakai kabel, maupun nirkabel (wireless). Intinya mouse dan keyboard USB yang biasa kita gunakan di komputer bisa digunakan juga di Android yang punya fitur USB OTG. Agar lebih jelas, cek alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menghubungkan mouse dan keyboard dengan Android berikut ini.
  1. Ponsel/tablet Android dengan fitur USB OTG - Di sini saya menggunakan Samsung Galaxy Tab 3 10.1 Android 4.4 KitKat.
  2. Mouse USB
  3. Keyboard USB
  4. Kabel USB OTG (bisa juga pakai converter USB biasa ke micro USB atau tipe-c)
  5. USB hub (opsional, lihat bagian NB)

Cara Menghubungkan Mouse dan Keyboard ke Android


Setelah alat dan bahan di atas siap, langsung saja hubungkan kabel USB OTG ke Android. Selanjutnya, hubungkan mouse atau keyboard ke kabel USB OTG. Sesaat kemudian, mouse atau keyboard yang kita hubungkan akan dikenali oleh Android (pada tipe ponsel atau tablet tertentu akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa mouse/keyboard telah terhubung). Beres sudah.

Pakai mouse di Android

Saat terhubung ke Android via USB OTG, kita bisa menggunakan mouse di Android layaknya kita memakai mouse di komputer, meski sedikit ada perbedaan. Di Android, klik kanan berfungsi sebagai tombol back (kembali), klik tengah (scroll) berfungsi sebagai tombol home atau menu, dan klik kiri berfungsi untuk memilih (klik).

Keyboard di Android

Keyboard juga sama sob, seperti di komputer, keyboard yang terpasang di Android via USB OTG juga bisa digunakan untuk mengetik. Beberapa shortcut seperti Ctrl + C atau Ctrl + V juga bisa digunakan. Tombol PrtSc pun berfungsi layaknya di Windows, sama-sama berguna untuk mengambil screenshot, mantap kan? Selamat mencoba 😊


NB: Apakah mouse dan keyboard bisa digunakan bersamaan di Android? Idealnya bisa, sob. Langsung sambungkan saja mouse dan keyboard ke USB hub, lalu hubungkan USB hub ke kabel atau converter OTG, dan hubungkan OTG tersebut ke Android. Beres dah.

Meski begitu, tidak semua perangkat Android bisa menangani lebih dari satu perangkat input sekaligus. Pada umumnya, tablet atau Android TV box bisa dipasangi mouse dan keyboard secara bersamaan (bahkan ditambah gamepad pun masing ngangkat). Ponsel Android pun banyak yang bisa, tapi memang tidak semuanya.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×