06 Agustus 2016

Membuat Foto Prisma di PC atau Laptop Tanpa Emulator Android

Sudah tahu aplikasi Prisma kan sob? Benar, Prisma adalah aplikasi smartphone yang bisa menyulap foto biasa menjadi lebih artistik layaknya karya seni. Bukan karya seni biasa sob, melainkan karya seni yang mirip dengan style lukisan para seniman terkenal dan pola-pola seni modern yang mendunia.

Edit Foto Prisma di PC atau Laptop

Berbeda dengan aplikasi foto filter lainnya, foto yang kita unggah ke Prisma akan diolah menggunakan neural networks dan artificial intelligence, sehingga foto yang dihasilkan menjadi benar-benar mirip dengan karya seni tingkat tinggi.

Untuk mengedit foto menjadi lukisan artistik tersebut kita membutuhkan aplikasi Prisma (yang saat ini hanya tersedia untuk Android dan iOS). Bagaimana dengan pengguna PC, laptop, atau tablet berbasis Windows/Linux/Mac?


Tenang sob. Banyak jalan menuju Roma. Selain melalui aplikasi resminya, kita juga bisa membuat foto artistik Prisma menggunakan Telegram. Bukannya Telegram itu aplikasi buat chat ya? Tidak salah sob, namun seperti yang kita tahu, Telegram memiliki fitur bot yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai fungsi, salah satunya adalah mengedit foto layaknya aplikasi Prisma.

Bagaimana cara membuat foto Prisma di PC/laptop dengan Telegram? Ikuti langkah mudah di bawah ini.

  1. Unduh, install, dan jalankan aplikasi Telegram untuk desktop (Windows, Linux, Mac) atau pakai saja versi webnya. Untuk tutorial ini saya menggunakan Telegram untuk Windows.

  2. Login Telegram dengan nomor ponsel, lalu tambahkan Prisma Bot ke kontak Telegram Anda.

  3. Klik tombol 'Start' untuk mulai berinteraksi dengan Prisma Bot.

    Prisma Bot


  4. Kemudian klik '/filters' untuk menampilkan daftar filter foto Prisma (beberapa filter akan ditampilkan, klik 'More' untuk memuat filter lainnya).

    filter


  5. Pilih filter yang diinginkan lewat tombol 'Use filter ...' dan kirimkan foto yang hendak diedit (ukuran dan formatnya suka-suka).

    filter dream Prisma


  6. Tunggu beberapa saat dan foto artistik hasil editan Prisma tersebut akan dikirimkan khusus untuk Anda.

    Android Cupcake


  7. Klik kanan > 'Save Image As..' untuk menyimpan foto tersebut di harddisk Anda.

    Save Image As


Sip, tanpa emulator Android pun, ternyata kita bisa membuat foto Prisma menggunakan komputer dan Telegram sob. Seperti halnya aplikasinya, proses pembuatan foto artistik Prisma di Telegram juga membutuhkan koneksi internet, jadi ada kemungkinan nyangkut kalau jaringannya sedang tidak bagus (loading lama). Jika Prisma bot tidak kunjung mengirimkan foto hasil editannya, coba tunggu beberapa saat lagi (sabar) atau kirimkan fotonya kembali. Selamat mencoba :)

NB: Foto editan Prisma bot Telegram ternyata tidak mengandung watermark sob, sehingga kita tidak perlu menghilangkan tulisan 'Prisma' dari foto tersebut.

Foto Android Cupcake: Kenneth Lu - Flickr

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×