21 Juli 2016

Download Prisma untuk Android: Ubah Foto Menjadi Lukisan Artistik

Hampir setiap hari kita menciptakan karya seni, baik berupa foto maupun video. Iya, foto dan video yang kita ambil menggunakan ponsel pintar itu bisa dikategorikan sebagai karya seni sob, asal memenuhi unsur-unsur "keindahan" yang membuatnya terlihat "nyeni" :D.

Download Prisma untuk Android

Kalau fotonya biasa-biasa saja gimana min? Tenang sob, di Play Store kita bisa menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa mengubah foto biasa menjadi sebuah karya seni yang berestetika, Instagram misalnya. Melalui filter-filter Instagram, foto biasa kita bisa menjelma menjadi foto yang sekiranya pantas disebut sebagai karya seni (lebih terang, berkomposisi warna unik, serta lebih dramatis).

Bila filter foto yang ditawarkan Instagram terasa kurang "nyeni" bagi Anda, kini telah hadir sebuah aplikasi baru dengan nama Prisma - Art Photo Editor. Sesuai namanya, Prisma adalah aplikasi editor foto artistik untuk smartphone (Android dan iOS) yang berfungsi untuk mengubah foto menjadi lukisan. Bukan lukisan biasa sob, melainkan lukisan dengan style yang terinspirasi dari para seniman ternama, seperti Van Gogh, Picasso, Munk, Picabia, Hokusai, serta Levitan. Contohnya bisa disimak pada foto berikut ini.

Ubah Foto Menjadi Lukisan Artistik
Foto dari TNW

Bagaimana sob, berseni sekali kan? Cukup terapkan filter pada foto Anda lalu lukisan artistik akan tercipta melalui Prisma. Sekilas, sulit untuk percaya bahwa "lukisan" tersebut merupakan hasil olahan aplikasi Prisma, karena memang mirip sekali dengan lukisan yang dilukis secara manual oleh seorang seniman (atau editan rumit dari Photoshop).

Filter foto Prisma Android
Foto dari Todd Weise

Dari hasil baca sana dan sini, ternyata filter foto yang digunakan Prisma berbeda dengan aplikasi foto filter lainnya. Pada aplikasi umumnya, filter bisa langsung diterapkan ke foto secara offline. Di Prisma, foto diproses menggunakan kombinasi dari neural networks dan artificial intelligence (yang awalnya butuh koneksi internet ke server Prisma), sehingga hasilnya lebih bervariasi dan bernilai seni daripada aplikasi filter foto sejenis. Setelah jadi, kita bisa membagikan "lukisan" artistik tersebut ke media sosial seperti Instagram (karena Prisma tidak memiliki timeline sendiri).

Tidak berhenti sampai di situ sob, Prisma juga dikabarkan sedang mengembangkan #PrismaVideo, sebuah fitur untuk mengubah video menjadi layaknya animasi artistik bernilai seni tinggi, hasilnya seperti ini.



Untuk saat ini, aplikasi Prisma untuk Android masih berstatus beta (belum dirilis di Play Store). Bila Anda penasaran ingin mencoba sekarang, silakan tuju APK Mirror untuk mengunduh Prisma APK. Alternatifnya, Anda juga bisa mendaftar di situs resmi Prisma untuk mendapatkan info terbaru seputar ketersediaan aplikasi Prisma untuk Android. Selamat mencoba :)

UPDATE 25/07/2016: Aplikasi Prisma untuk Android kini sudah dirilis di Play Store sob, cek link di bawah ini untuk mengunduhnya.

UPDATE 08/10/2016: Pengguna di Android mulai saat ini bisa menggunakan filter artistik Prisma tanpa koneksi internet alias offline.

Download Prisma for Android via Play Store | APK Mirror

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×