25 Juli 2016

Cara Menghilangkan Logo Prisma dari Foto Artistik Anda

Tidak butuh waktu lama bagi Prisma untuk meraih kepopulerannya. Iya, berkat keunikan dari filter foto yang ditawarkannya, aplikasi yang awalnya hanya tersedia untuk iOS tersebut kini telah berhasil merebut hati para pengguna Android.

Menghapus logo Prisma

Meski demikian, Prisma tampaknya tidak diciptakan untuk bersaing dengan Instagram, karena arahnya memang berbeda. Secara subjektif, Prisma lebih fokus pada bagaimana cara menarik pengguna dengan filter-filter foto unik yang tidak dimiliki aplikasi lain, sedangkan Instagram tentu saja lebih condong ke fitur-fitur media sosial-nya.

Berbicara tentang media sosial, saat ini Prisma tidak/belum menyediakan timeline di aplikasinya. Oleh karena itu, terdapat tombol share yang bisa kita gunakan untuk membagikan foto artistik kita ke berbagai media sosial. Sebagai media promosi, tiap foto yang diedit menggunakan Prisma akan dibubuhi watermark berupa logo Prisma di kanan bawahnya.

Saya pribadi tidak mempermasalahkan kehadiran logo tersebut di foto saya (karena memang fotonya hasil editan aplikasi Prisma). Untungnya, untuk Anda yang kurang berkenan dengan logo segitiga itu, Prisma telah menyediakan opsi untuk menghapusnya dari foto Anda. Bagaimana cara menghilangkan logo Prisma dari foto (editan) saya? Guampang sob, simak langkah mudah berikut.

  1. Jalankan aplikasi Prisma, tekan tombol setting (ikon gir), matikan opsi 'Add watermark'.

    Add watermark


  2. Tekan tombol kembali dan mulailah mengedit foto Anda.

  3. Dijamin watermark (logo Prisma) tak akan muncul pada foto hasil editan Anda (screenshot kiri: sebelum | kanan: sesudah).

    before after Prisma

Selain opsi watermark, di laman setting Prisma kita juga bisa mengaktifkan opsi 'Save artworks automatically', sehingga foto hasil editan kita akan otomatis tersimpan di memori ponsel tanpa perlu menekan tombol save. Saat opsi tersebut aktif, foto yang tersimpan di memori ternyata tidak mengandung logo Prisma sob, meski kita belum mematikan opsi 'Add watermark' (bug atau fitur? kurang tahu sob).

Jadi ada 2 cara untuk menghilangkan watermark di foto Prisma? Benar sob, tapi sebaiknya pakai cara yang pertama saja, sebab kemungkinan cara yang kedua merupakan bug yang tentunya akan diperbaiki pada versi Prisma selanjutnya. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×