07 Agustus 2016

Mempercepat Koneksi Internet dan Menghemat Kuota dengan Chrome Data Saver

Hemat dan cepat, siapa yang tidak ingin koneksi internetnya seperti itu. Kenyataannya, bila kita memilih internet hemat, kecepatanlah yang jadi korban, atau sebaliknya, internet cepat, tapi bikin kantong sekarat :D

Internetan cepat dan hemat dengan data saver

Kecepatan internet memang tidak selamanya berbanding lurus dengan biaya sob, bisa saja kita menikmati koneksi yang cepat, namun tetap hemat, cari wifi gratisan misalnya :D tapi bukan itu yang akan kita bahas, melainkan sebuah cara ampuh untuk mempercepat internet, baik di Android maupun PC, tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

Bagaimana cara menghemat kouta internet sekaligus mempercepat koneksinya? Itulah yang akan kita bahas kali ini.

Kita mulai dari PC dulu. Apapun sistem operasi yang Anda gunakan (entah itu Windows, Linux, dsb), sepanjang PC Anda bisa menjalankan peramban Google Chrome, cara ini bisa Anda terapkan dengan mudah. Iya, pada kesempatan ini saya akan mengulas sebuah ekstensi Google Chrome yang bisa mengurangi pemakaian kuota data internet Anda, dan tentu saja membuat loading situs web yang Anda buka menjadi cepat dibanding biasanya.

Namanya Data Saver sob (sudah ditulis di judul). Apa yang dimaksud dengan Data Saver? Data Saver adalah sebuah ekstensi untuk Google Chrome yang berguna untuk menekan (mengompres) pemakaian data internet saat memuat laman web serta memangkas waktu pemuatannya. Jadi selain hemat kouta internet, Anda bisa membuka laman web favorit Anda dengan lebih cepat saat menggunakan Google Chrome.

Meski begitu, saat Anda menggunakan mode incognito atau membuka laman web yang menggunakan SSL atau HTTPS, ekstensi Data Saver ini otomatis akan di-disable alias tidak bekerja. Hal tersebut bertujuan untuk mengamankan privasi Anda saat login atau mengakses laman tertentu lewat incognito window.

Saat artikel ini diketik, ekstensi Data Saver untuk Google Chrome masih menyandang status beta. Oleh karena itu, kemungkinan masih terdapat bermacam bug yang tentunya akan diperbaiki pada saat versi finalnya sudah dirilis nanti; UPDATE 07/08/2016: Data Saver kini sudah berstatus stable. Jika Anda mengalami masalah saat mengakses laman web tertentu (tidak bisa dimuat, tidak bisa login, dsb), silakan matikan Data Saver terlebih dahulu.

Menghemat kuota internet dengan Chrome Data Saver

Lalu bagaimana dengan Google Chrome untuk Android? Apakah bisa dipasangi ekstensi Data Saver? Tidak perlu dipasangi sob, secara default, Google Chrome di Android sudah punya fitur Data Saver sendiri, silakan buka Setting Google Chrome kemudian cari Data Saver. Nah, Data Saver sudah langsung bisa dipakai untuk menghemat kuota dan mempercepat internet di Android, tanpa harus pasang ekstensi (lagian Chrome untuk Android belum support ekstensi :D).

Data Saver Google Chrome untuk Android

Beberapa waktu yang lalu, saya telah mengulas aplikasi penghemat kuota internet yang disebut Opera Max. Cukup bagus saya rasa, hanya dengan pasang aplikasi saja, bisa menghemat sekaligus mempercepat koneksi internet di perangkat Android kita. Selain itu, Opera Max juga bisa memblokir suatu aplikasi agar tidak bisa mengakses internet tanpa izin. Tertarik untuk mencoba? Silakan mampir ke artikel Menghemat Data Internet Android dengan Opera Max.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×