21 September 2016

Cara Kirim Pesan WhatsApp dengan Perintah Suara OK Google

Ditulis oleh pada 21.9.16
OK Google, jam berapa sekarang? OK Google, cuaca hari ini! OK Google, apa itu Android? OK Google, buka apikasi Instagram! merupakan beberapa perintah suara yang (mungkin) sering Anda gunakan di ponsel Android. Buat yang belum tahu, OK Google adalah perintah suara untuk aplikasi Google (Now) di Android yang memiliki beragam fungsi.

Kirim Pesan WhatsApp dengan Perintah Suara OK Google

Iya, dengan mengatakan "OK Google" diikuti perintah yang diinginkan, aplikasi Google akan menampilkan informasi (atau melakukan tindakan) yang relevan dengan apa yang kita perintahkan; sangat berguna ketika jari-jari kita lelah menekan layar atau sedang sibuk melakukan hal lain (saat menyetir mobil misalnya).

Selain perintah-perintah dasar yang sudah disebutkan di atas, kita juga bisa mengirim pesan WhatsApp melalui perintah suara OK Google. Caranya mudah sob, namun sebelum melangkah lebih jauh, simak tips mengaktifkan fitur Ok Google di Android berikut ini (bila belum).

TIPS: Agar bahasa kita bisa dikenali, buka Google app versi terbaru > Setting > Voice > Languages dan pilih Bahasa Indonesia. Selanjutnya, aktifkan fitur Ok Google melalui "Ok Google" detection > hidupkan opsi 'From the Google App' (atau pilih opsi lain yang dikehendaki).


Kirim Pesan WhatsApp via Perintah Suara OK Google


  1. Pastikan fitur OK Google di Android Anda telah aktif (cek tips di atas kalau belum).

  2. Tekan lama tombol home atau buka aplikasi Google di Android Anda.

  3. Ucapkan "OK Google, kirim pesan WhatsApp ke Mukidi: Jakarta sudah bebas banjir" (keterangan: "Mukidi" adalah nama kontak WA, "Jakarta sudah bebas banjir" merupakan isi pesan WA).

    WhatsApp ke Mukidi

  4. Google akan merespon dengan: "Ok, apakah Anda ingin mengirim pesan WhatsApp ini atau mengubahnya?"

  5. Katakan "Ubah" untuk mengubah pesan atau langsung bilang "Kirim" untuk mengirim pesan tersebut.

  6. Beres dah sob. Bila Anda mengucapkan perintah tersebut dengan jelas, maka pesan WhatsApp Anda akan disampaikan ke Mukidi tanpa perlu menyentuh layar atau membuka aplikasi WhatsApp sama sekali.

Saat suasana kurang mendukung, di tengah hiruk pikuk lalu lintas misalnya, perintah suara yang panjang terkadang tidak bisa diproses dengan baik oleh aplikasi Google. Oleh karena itu, kita bisa memecah perintah tersebut menjadi beberapa bagian, seperti ini contohnya.

A video posted by Hendry Ardhiansyam (@ardhiansyam) on


Pada video di atas, saya mencoba mengirim pesan pada SK17i AS (salah satu nama kontak di WhatsApp saya) dengan perintah suara OK Google. Kurang lebih begini dialognya.
  1. Pertama, saya (S) mengucapkan OK Google (berhasil pada percobaan kedua), diikuti perintah "kirim pesan WhatsApp". 
  2. Perintah tersebut kemudian direspon oleh aplikasi Google (G) dengan: "Siapa yang ingin Anda ajak chat?"
  3. S: SK17i.
  4. G: Apa isi pesannya?
  5. S: Mencoba mengirim pesan untuk memudahkan.
  6. G: Ok, apakah Anda ingin mengirimnya atau mengubahnya?
  7. S: Kirim.
  8. G: Mengirim pesan...
  9. Tak berselang lama, muncul notifikasi yang menyatakan bahwa Pesan telah dikirim.

Lumayan lebih panjang memang dibandingkan cara pertama, namun lebih efektif untuk suasana yang riuh sob. Selain dua cara di atas, masih ada variasi lainnya sob, simak video ini (mulai menit 3:35).



Sekedar tambahan, aplikasi Google dengan fitur perintah suara OK Google sudah ada sejak Android 4.1 Jelly Bean. Meski demikian, beberapa fiturnya (termasuk kirim pesan WhatsApp) mungkin hanya bisa digunakan pada Android 4.4 KitKat ke atas.

Selain WhatsApp, cara kirim pesan via perintah suara Google di atas juga bisa diterapkan pada Telegram, WeChat, Viber, serta Nextplus (contoh, ganti kata WhatsApp dengan Telegram: "Kirim pesan Telegram" dan seterusnya). Sip, selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×