03 Agustus 2016

Cara Cek USB OTG Android dengan Aplikasi [Tanpa Kabel]

Kebanyakan perangkat Android yang beredar dewasa ini sudah dilengkapi dengan fitur USB On The Go. Iya, memang tidak semua Android punya OTG sob, tapi sekarang fitur tersebut sudah mulai lazim disertakan pada ponsel atau tablet Android keluaran baru.

Aplikasi Cek USB OTG Android

USB OTG merupakan fitur yang sangat menarik bagi pengguna smartphone Android. Bagaimana tidak, lewat USB OTG, kita bisa menikmati beragam fitur yang dulunya hanya mungkin dilakukan melalui PC atau laptop. Contoh paling sederhananya adalah membuka flashdisk.

Melalui kabel USB to micro USB, kita bisa membuka bermacam isi flashdisk langsung di Android. Tidak hanya "membuka" sob; copy, cut, paste file dari flashdisk ke memori internal/eksternal Android (dan sebaliknya) juga bisa dilakukan berkat adanya fitur USB OTG.

Selain flashdisk, hampir semua gawai* yang ber-USB bisa juga digunakan di Android; mouse, keyboard, dan printer misalnya. Khusus untuk tablet serta ponsel Android yang memiliki "power" mumpuni, membuka harddisk eksternal juga kelar sob (asal jangan lama-lama, bisa pingsan Android-nya :v). Masih kurang? Main game pake stick PS3 di Android pun bisa pula dilakukan lewat USB OTG, pokoknya banyak dah kegunaannya.

Lalu bagaimana cara mengetahui ada tidaknya USB OTG pada ponsel atau tablet Android?

Ada beberapa cara untuk mengetahui ketersediaan fitur USB OTG yang sudah pernah dibahas di Memudahkan. Cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan kabel USB to micro USB serta flashdisk. Tinggal tancep flashdisk ke Android lewat kabel, buka aplikasi file explorer, dan bila flashdisk terdeteksi berarti Android Anda support USB OTG.

Ga punya kabelnya min. Nyantai saja sob, pakai saja aplikasi bernama "OTG?". Seperti namanya, aplikasi "OTG?" bisa menuntaskan rasa penasaran kita akan ada tidaknya USB OTG di perangkat Android.

Berbeda dengan aplikasi lainnya (sebut saja OTG Checker, Troubleshooter, Diagnostic, dll.), aplikasi "OTG?" tidak membutuhkan kabel dan flashdisk untuk mendeteksi ketersediaan USB OTG di perangkat Android. Cukup unduh, pasang, dan jalankan aplikasi "OTG?", kemudian tekan tombol 'Check now!' untuk melihat hasilnya.

YES! OTG is supported on this device

Bila muncul pesan YES! OTG is supported on this device, berarti perangkat Android Anda sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG. Sebaliknya, jika ternyata Android Anda belum support OTG, yang muncul adalah pesan NO. Sorry, OTG is not supported in this device.

Nah, bagaimana sob, masih kurang yakin? Saya pun begitu :D Begini, agar yakin 100%, silakan langsung beli kabel USB OTG dan coba hubungkan flashdisk ke Android melalui kabel tersebut. Dijamin, Anda akan memperoleh pencerahan luar biasa mengenai ada tidaknya fitur USB OTG di Android Anda (haiyaah).

Jadi aplikasi yang tadi dibahas kurang akurat dong? "OTG?" bisa dibilang lumayan akurat sob, sudah saya tes pada 4 perangkat Android yang berbeda. Meski demikian, saya tetap merekomendasikan pengetesan langsung menggunakan kabel dan flashdisk. Selamat mencoba :)

*Pertama kalinya Memudahkan menggunakan kata "gawai" sebagai pengganti kata "gadget."

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×