18 November 2015

Cara Cetak Foto dan Dokumen dari Android [USB OTG]

Biasanya, kita mencetak foto dan dokumen menggunakan komputer dan juga printer. Luar biasanya, cukup bermodalkan ponsel Android dan seunit printer, kini kita bisa langsung nge-print gambar dan file lainnya tanpa bantuan komputer sama sekali.

Print dokumen dan foto dari Android

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa tidak semua perangkat Android dan printer bisa dihubungkan untuk keperluan mencetak. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar kedua perangkat tersebut bisa berhubungan (restu ortu misalnya, abaikan). Apa saja? Cek daftar berikut.

Ponsel atau tablet Android

Printer
  • Printer dengan kabel USB, dalam tutorial ini saya menggunakan printer Canon iP2770.
  • Beberapa lembar kertas untuk mencetak.


Setelah semua syarat (bisa juga disebut alat dan bahan) di atas terpenuhi, ikuti cara print dari Android via kabel USB OTG berikut.


1. Tancapkan kabel USB OTG ke ponsel atau tablet Android.

2. Hidupkan printer, hubungkan kabel USB printer ke kabel USB OTG Android.

3. Jalankan aplikasi PrinterShare, ketuk tombol Select untuk memilih printer.

PrinterShare


4. Kemudian pilih Direct USB Connected.

Direct USB Connected


5. Ketuk OK untuk mengizinkan aplikasi PrinterShare mengakses printer melalui USB.

mengakses printer melalui USB


6. Pilih printer, dalam hal ini printer saya terdeteksi sebagai Canon iP2700 series.

Canon iP2700


7. Ketuk Yes untuk memasang driver printer di Android.

memasang driver printer di Android


8. Setelah driver berhasil terpasang, pilih Print Test Page untuk memastikan berhasil tidaknya hubungan si Android dengan sang printer.

Print Test Page


9. Sebelum mencetak Test Page, kita bisa mengatur ukuran kertas, kualitas hasil cetak, dsb. dengan mengetuk tombol Options.

Print Options


10. Bila sudah beres, ketuk tombol Print, tentukan berapa jumlah dan halaman mana saja yang hendak dicetak, lalu pilih OK untuk mulai mencetak.

mulai mencetak


11. Tunggu beberapa saat sampai proses mencetak selesai.

Selesai mencetak


12. Lihat hasilnya, bila semuanya normal (tercetak dengan baik), maka kita telah berhasil mencetak langsung dari Android. Bila tidak, cek tinta printer Anda, mungkin minta diisi :D

Nah, setelah Test Page berhasil tercetak dengan baik, kini kita bisa mencetak foto dan/atau dokumen dari Android. Selain itu, kita juga bisa nge-print daftar kontak/panggilan, jadwal (kalender), laman web, SMS, email, dan juga file-file lain yang bisa dicetak menggunakan aplikasi PrinterShare.

Khusus untuk dokumen yang diolah dengan Microsoft Word dan juga file berformat PDF, kita akan diminta memasang Doc dan PDF Render Library, prosesnya sama seperti memasang driver printer tadi.

TIPS: Saat saya coba, kualitas render PrinterShare untuk file doc (Word) kurang begitu memuaskan. Nah, agar hasil cetakan dokumen doc bisa seperti aslinya (WYSIWYG), ubah dokumen tersebut menjadi PDF terlebih dahulu sebelum mencetaknya melalui Android dan PrinterShare. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×