16 Juni 2015

Cara Mengetahui Ketersediaan USB OTG di Android

Android dan USB OTG merupakan dua hal memiliki keterkaitan erat. Hampir bisa dipastikan bahwa semua perangkat Android memiliki slot USB, tepatnya micro USB. Sayangnya, tidak semua perangkat Android dilengkapi dengan fitur USB OTG.

Kabel USB OTG

Apa itu USB OTG (On The Go)? USB OTG adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat USB (flashdisk, mouse, keyboard, kamera, dsb) dengan perangkat mobile (dalam hal ini Android). Iya, layaknya kita menghubungkan flashdisk ke PC sob, ternyata bisa juga dilakukan pada ponsel atau tablet Android; yang memiliki fitur USB OTG tentunya.


Sebagai pengguna Android, kita pastinya ingin tahu, apakah ponsel atau tablet Android yang kita miliki sudah mendukung fitur USB OTG atau belum. Bisa juga bila kita hendak membeli perangkat Android baru, tentunya penasaran juga akan ketersediaan USB OTG pada Android yang akan kita beli.

Bagaimana cara mengetahui apakah Android saya sudah dilengkapi dengan fitur USB OTG? Bisa dibilang cukup gampang sob, tapi terkadang susah juga, gampang-gampang susah istilahnya. Simak beberapa cara mengecek fitur USB OTG Android berikut ini.

Untuk yang ingin membeli Android baru dengan fitur USB OTG.

  1. Teliti sebelum membeli. Di era serba internet ini, tidak sulit untuk menemukan spesifikasi ponsel/tablet Android. Sebelum membeli ponsel atau tablet Android, pastikan Anda telah mengetahui spesifikasinya, termasuk ada tidaknya fitur USB OTG.


  2. Baca juga ulasan atau review mengenai perangkat Android incaran Anda tersebut, cek apakah ada keterangan tentang ketersediaan fitur USB OTG pada ulasan Android tersebut. Bila perlu, bertanyalah pada sang penulis review melalui kotak komentar yang tersedia.

  3. Lakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci "tipe Android Anda usb otg". Misalnya "nexus 6 usb otg".

  4. Agar lebih yakin, tanyakan ketersediaan fitur USB OTG Android pada penjual sebelum membeli.


USB OTG adapter
Kabel USB OTG Android


Buat yang sudah terlanjur beli Android tapi belum tahu apa itu USB OTG.

  1. Sebenarnya hampir sama dengan cara yang sudah tertulis di atas. Bila di spesifikasi atau review Android Anda tidak menyebutkan kejelasan tentang USB OTG, silakan bergabung dengan komunitas pengguna Android di media sosial atau forum-forum ternama. Di sana Anda bisa menyimak dan berdiskusi mengenai berbagai hal seputar Android Anda, termasuk ada tidaknya fitur USB OTG.

  2. Menggunakan aplikasi USB OTG checker, USB Host Check, atau Easy OTG Checker (silakan cari dan unduh via Play Store). Aplikasi tersebut berguna untuk mengetahui ketersediaan fitur USB OTG di Android Anda. Meski begitu, Anda tetap membutuhkan kabel USB OTG agar aplikasi-aplikasi tersebut bisa berjalan dengan baik. Lanjut bacanya sob.

  3. Cara yang paling ampuh untuk mengecek fitur USB OTG Android adalah dengan membeli kabel USB OTG dan ikuti cara yang sudah saya tulis di artikel Menghubungkan USB Flashdisk dengan Android Tanpa Root.

  4. Bila Anda tidak ingin membeli kabel USB OTG (khawatir bakalan mubazir bila ternyata tidak kompatibel), pinjam saja kabel UST OTG dari teman Anda, atau tanya langsung pada penjual kabel USB OTG, boleh dicoba ga kabelnya? :D

  5. Ingin lebih praktis? Beli saja flashdisk khusus USB OTG (SanDisk Ultra Dual USB Drive misalnya). Berbeda dengan flashdisk pada umumnya, flashdisk USB OTG memiliki dua buah konektor. Satu konektor USB 2.0 biasa, satunya konektor micro USB. Jadi selain bisa dipakai di PC, flashdisk tersebut juga bisa langsung ditancapkan ke perangkat Android. Selain lebih praktis karena tanpa kabel, bila ternyata Android Anda tidak mendukung USB OTG, Anda masih bisa menggunakan flashdisk khusus USB OTG tersebut di PC atau komputer layaknya flashdisk biasa.


SanDisk Ultra Dual USB Drive
Flashdisk khusus USB OTG Android


Di artikel tentang USB OTG sebelumnya, saya mendapat banyak pertanyaan dari sobat Memudahkan. Apakah Android tipe ini sudah support OTG? Android saya ternyata tidak support OTG, apa bisa pakai aplikasi khusus supaya support OTG? Sebagian besar sudah saya jawab, sebagian lagi tidak saya tampilkan karena mengulang pertanyaan yang sama.

Mohon maaf bila saya tidak/belum menjawab pertanyaan sobat semua karena satu dan banyak hal. Semoga artikel ini bisa memberi sedikit pencerahan buat sobat Memudahkan yang penasaran dengan USB OTG, selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×