22 Juli 2016

Mengganti Font di WhatsApp Chat dengan FixedSys

Dahulu kala, kita mengirim pesan teks di WhatsApp dengan gaya huruf yang itu itu saja (kalau ga Droid Serif ya Roboto, tergantung versi Androidnya), namun semua itu berubah sejak negara api menyerang WhatsApp merilis fitur format teks tebal, miring, dan coret. Iya, meski masih memakai huruf yang sama, setidaknya pesan yang kita kirim bisa menjadi lebih bermakna dengan menerapkan salah satu (atau semua) format teks tersebut.

Kirim Chat Dengan Font FixedSys di Whatsapp

Baru-baru ini, WhatsApp untuk Android versi beta mendapatkan beberapa fitur baru sob, salah satunya adalah penambahan font FixedSys. Buat yang belum tahu, FixedSys adalah font bawaan Windows jadul (Windows 1.0 dan 2.0). Oleh karena bentuknya yang sederhana dan mudah dibaca, FixedSys sering digunakan oleh para developer dalam menulis kode-kode pemrograman; bahkan sampai saat ini FixedSys masih dipakai sebagai default font di Notepad.


Cara Ganti Gaya Huruf WhatsApp dengan Font FixedSys


Nah, sekarang kita juga bisa menggunakan font FixedSys di laman chat WhatsApp dengan menambahkan tiga tanda (`) di awal dan akhir kata atau kalimat. Misalnya seperti ini.

```Ini adalah font FixedSys``` hasilnya Ini adalah font FixedSys

mengganti font WhatsApp Android


Tanda (`) atau backquote bisa ditemukan pada deretan simbol di keyboard virtual Android (biasanya agak tersembunyi di laman kedua). Screenshot di atas menunjukkan letak tanda tersebut di Smart Keyboard Pro (kiri) dan Google Keyboard (kanan).

Letak tombol backquote


Bila menggunakan keyboard PC (di WhatsApp desktop atau WhatsApp web), backquote bisa ditemukan di bawah tombol Esc. Sip, kini kita bisa mengganti font WhatsApp Android dengan font FixedSys. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×