24 Juli 2016

Cara Mengetahui Lokasi Pokemon dengan Pokemon Go Live Map

Pokemon bisa muncul di mana saja secara acak, namun pada umumnya, mereka sering muncul di sekitar lokasi peta dengan tanda dedaunan yang bergerak-gerak. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan fitur Nearby untuk memantau keberadaan Pokemon di sekitar kita. Melalui jumlah jejak kakinya, kita bisa memperkirakan jauh dekatnya Pokemon tersebut (3 jejak berarti jauh, 2 berarti dekat, 1 sangat dekat, tanpa jejak berarti siap ditangkap). UPDATE 31/07/2016: Fitur penunjuk jejak Pokemon (footprint) telah dihilangkan pada Pokemon Go versi 0.31.0.

Mengetahui Lokasi Pokemon dengan Google Map

Masalahnya, tidak jarang kita menemukan Pokemon yang itu itu saja (kurang bervariasi). Bila kita menginginkan jenis Pokemon yang lain (Pikachu misalnya), mau tak mau kita harus menjelajah (baca: jalan-jalan atau berkendara) lebih jauh lagi ke tempat-tempat yang sebelumnya belum pernah kita kunjungi. Malangnya, belum sampai di tempat yang dituju, Pokemon-nya sudah ngumpet atau terbang ke lain wilayah (expired).

Nah, untuk menghindari hal tersebut sekaligus memudahkan kita mengetahui lokasi Pokemon incaran tanpa repot keliling kampung/kota, gunakan saja Pokemon Go Live Map. Sejenis PoGoMap kah? Benar sob, PokemonGo Live Map adalah aplikasi peta Pokemon Go untuk Windows yang berbasis PoGoMap atau PokeMap (bisa digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia).

Fitur yang diusung Pokemon Go Live Map pun identik dengan PogoMap:
  1. Mengetahui lokasi Pokemon di Google Map.
  2. Mengetahui letak Gym dan PokeStop.
  3. Filter Pokemon berdasarkan ID.
  4. Konfigurasi lokasi (otomatis maupun manual).
  5. Bisa login pakai akun Google maupun akun Pokemon Trainers Club.

Bedanya, cara menggunakan peta Pokemon pakai Pokemon Go Live Map tidaklah serumit PoGoMap. Tinggal download file yang dibutuhkan, ekstrak, jalankan, login dan beres dah.


Cara Mencari Pokemon dengan Google Map (PoGo Live Map)


Tertarik mencoba? Tak perlu ribet pasang ini itu sob (apalagi heboh dengan Pokemon Spy), cukup ikuti langkah mudah berikut ini untuk memasang dan menjalankan Pokemon Go Live Map di PC atau laptop Windows Anda.

Sebelum melangkah lebih jauh, perlu diketahui bahwa penggunaan map ini bertentangan dengan ToS game Pokemon Go. Do with your own risk.

  1. Siapkan akun Google (yang sudah terhubung dengan akun Pokemon Go) atau akun Pokemon Trainers Club. Sebaiknya buat akun baru (jangan menggunakan akun utama Pokemon Go Anda) untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  2. Download Pokemon Go Live Map (PokemonGoMap-Win.zip atau PokemonGoMap-Win.exe), ekstrak bila masih dalam bentuk zip, lalu klik ganda file Pokemon GO Live Map.exe.

  3. Login dengan akun Google atau Pokemon Trainers Club Anda.

    UPDATE 27/07/2016: Mulai versi 0.1.2, kita juga wajib memasukkan Google Maps API key untuk login ke PoGo Live Map, cara memperoleh Google Maps API key bisa disimak pada laman GitHub ini.

    Login Pokemon Go

  4. Tentukan koordinat lokasi yang diinginkan atau biarkan apa adanya dan langsung login untuk menggunakan lokasi Anda saat ini.

  5. Beres, kini Anda bisa mengetahui lokasi Pokemon di Google Map secara real time dengan Pokemon Go Live Map. Klik ikon Pokemon (juga Gym dan PokeStop) yang muncul di peta untuk mengetahui info selengkapnya (detail lokasi, ID Pokemon, waktu expire, dll).

    Peta Pokemon Go untuk Windows


Buka PoGo Live Map di Smartphone


Selain di PC atau laptop, kita juga bisa mengakses peta Pokemon Go besutan Mchristopher tersebut melalui smartphone.

PoGoMap Mobile

Caranya klik tombol 'Mobile', kemudian klik tombol 'Toggle Sharing', lalu scan barcode/buka link yang muncul di browser smartphone Anda.

UPDATE 05/08/2016: Semua aplikasi pelacak Pokemon (termasuk PoGo Live map dan aplikasi sejenisnya) saat ini sedang down alias tidak berfungsi karena perubahan API dari server Pokemon Go. Khusus PokeStop dan Gym mungkin masih muncul di peta, tapi tidak dengan Pokemon. Pantau terus blog Memudahkan untuk update selanjutnya.

UPDATE 09/08/2016: Pokemon Go Live Map sekarang sudah bisa digunakan kembali sob.

Bila cara di atas dirasa kurang praktis, kita juga bisa mencari lokasi Pokemon via Google Map Indonesia menggunakan aplikasi PokeWhere untuk Android (tanpa perlu login ke akun Google atau Pokemon Trainers Club). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×