17 Maret 2016

Cara Membuat Teks Tebal, Miring, dan Coret di WhatsApp

Berbahasa dengan baik dan benar merupakan salah satu bentuk penghargaan kita pada diri sendiri, orang lain, dan bahasa yang kita gunakan. Tidak hanya di karya ilmiah atau forum formal saja, kita juga bisa berbahasa dengan baik dan benar kapan dan di manapun. Terlalu berat ya sob :D Iya, minimal berbahasalah yang baik dulu, benar atau tidak benar bisa ditolerir, asal tetap santun dan bisa dimengerti.

Membuat Teks Tebal dan Miring di WhatsApp

Bicara mengenai bahasa, tiap hari kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, baik secara verbal maupun tekstual. Di era smartphone ini, berkomunikasi secara tekstual merupakan hal yang lumrah dilakukan. Pakai apa? WhatsApp lah, apa lagi coba? BBM min. Iya tapi kali ini kita akan membahas WhatsApp sob :D.

Dalam komunikasi tekstual, kesalahpahaman kerapkali terjadi akibat tidak adanya intonasi, ekspresi, penekanan, dan kesalahan penulisan. Nah, karena itulah penggunaan tanda baca, emoji, dan juga format teks sangat penting dalam komunikasi yang bermediakan tulisan tersebut.

Di WhatsApp, kita bisa berkomunikasi dengan mengirim teks yang lengkap dengan tanda baca serta emoji. Bagaimana dengan format teks seperti cetak tebal, miring, dsb.? Seperti tertulis di judul, kali ini Memudahkan akan membahas tentang cara membuat teks tebal dan miring di WhatsApp.

Jadi bisa ya menulis teks dengan format bold dan italic di WhatsApp? Bisa sob, meski masih berstatus beta, kita bisa membuat tulisan cetak tebal dan miring di WhatsApp Android versi terbaru (2.12.560 ke atas, yang bisa diunduh dari APK Mirror atau bergabung terlebih dahulu menjadi beta tester di Play Store).

Lalu bagaimana cara membuat teks tebal dan miring di WhatsApp, min? Mudah saja sob, cek tips berikut.


Membuat Teks Bold dan Italic di WhatsApp


Untuk mengetik teks tebal di WhatsApp cukup tambahkan tanda bintang (asterisk) di awal dan akhir kata atau kalimat.

Contoh: *Rindu Tebal* hasilnya Rindu Tebal.

Sudah tebal miring lagi

Membuat tulisan miring di WhatsApp bisa dilakukan dengan menambahkan underscore di awal dan akhir kata atau kalimat.

Contoh: _Miring-miring Ga Penting_ hasilnya Miring-miring Ga Penting.


Masih ada lagi sob, kita juga bisa mengkombinasikan asterisk dan underscore untuk membuat teks tebal sekaligus miring.

Contoh: *_Sudah tebal miring lagi_* hasilnya Sudah tebal miring lagi.


Bagaimana dengan garis bawah dan coret? Belum ada keterangan resmi mengenai hal tersebut (saat ini belum bisa), mungkin ke depannya WhatsApp akan menambahkan format underline dan strikethrough untuk melengkapi fitur formating-nya.

UPDATE 30/03/2016: Format teks strikethrough (coret) ternyata juga bisa diterapkan di WhatsApp sob. Cek ulasan singkat di bawah ini.


Membuat Teks Strikethrough di WhatsApp


Cara membuat teks dicoret di WhatsApp juga tidak sulit dilakukan. Cukup tambahkan tilde di antara kata atau kalimat yang akan dicoret.

Contoh: ~Coretan Dinding~ hasilnya Coretan Dinding.

Cara membuat teks dicoret di WhatsApp

Nah, semua format teks WhatsApp di atas masih bisa dikombinasikan lagi sob.

Contoh: *_~Sudah tebal, miring, dicoret lagi~_* hasilnya Sudah tebal, miring, dicoret lagi.


Tambahan, agar pesan teks dengan format bold, italic, dan strikethrough WhatsApp bisa dikirim dan dan diterima dengan baik, pengirim dan penerima pesan harus menggunakan WhatsApp versi 2.12.560 atau yang lebih baru (tersedia untuk diunduh/diupdate via Play Store). Selamat mencoba :)



UPDATE 07/05/2016: WhatsApp versi stable telah dirilis di Play Store dan sudah dilengkapi dengan fitur format teks sob, jadi kita tidak perlu install versi beta lagi (kecuali buat yang penasaran dengan update WhatsApp selanjutnya).

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×