21 Mei 2016

10 Aplikasi dan Game Android Terbaik Pemenang Google Play Awards 2016

Selain memperkenalkan kehadiran aplikasi chat baru (Allo & Duo), Google juga mengumumkan pemenang dari Google Play Awards 2016 di ajang I/O tahun ini. Buat yang belum tahu, Google Play Awards adalah penghargaan khusus dari Google untuk para developer beserta aplikasi/game Android yang dikembangkannya.

Aplikasi dan Game Android Terbaik Pemenang Google Play Awards 2016


Pada artikel sebelumnya, kita telah mengetahui daftar aplikasi dan game Android yang masuk nominasi Google Play Awards 2016 (dibagi menjadi 10 kategori, masing-masing kategori terdiri dari 5 nominasi). Nah, kali ini, Memudahkan akan menyuguhkan 10 aplikasi dan game Android terbaik yang berhasil memenangkan Google Play Awards 2016.

Kategori Best App atau aplikasi Android terbaik dimenangkan oleh Houzz, aplikasi desain interior yang berguna untuk membantu Anda dalam merenovasi atau mendekorasi rumah. Sebelumnya, BuzzFeed News dan TuneIn Radio disebut-sebut berpotensi besar menang dalam katergori itu.

Untuk kategori Best Game atau game Android terbaik tentu sudah bisa ditebak sob; iya, apalagi kalau bukan Clash Royale (mengalahkan nominasi lainnya seperti Clash of King, Alphabear, Star Wars™: Galaxy of Heroes, dkk.).

Meski tersingkir dari kategori Best Game, Alphabear ternyata keluar sebagai pemenang di kategori Standout Indie dan memupuskan harapan Alto’s Adventure, Fast like a Fox, Neko Atsume: Kitty Collector, dan Prune.

Hampir semua nominasi Google Play Awards 2016 telah mengadopsi material design. Meski begitu, Google akhirnya menobatkan aplikasi Robinhood sebagai pemenang kategori Best Use of Material Design. Sayangnya, aplikasi tersebut untuk saat ini belum tersedia di negara kita sob.

Sehubungan dengan naik daunnya virtual reality atau VR, aplikasi NYT VR – Virtual Reality mendapatkan kehormatan untuk menyandang gelar Most Innovative dari Google.

And the winners of the Google Play Awards are…

Pada ketegori Best Use of Google Play Services, game Table Tennis Touch dipilih sebagai juara. Game tentang tenis meja tersebut merupakan salah satu dari dua game premium yang masuk nominasi Google Play Awards 2016.

Mei tahun 2015 lalu, Google memperkenalkan fitur Family di Play Store. Melalui fitur tersebut, berbagai konten yang tersebar di Play Stpre disortir sesuai dengan peruntukkan umurnya, sehingga memudahkan orang tua untuk memilih aplikasi yang tepat untuk buah hati mereka. Nah, di antara ribuan aplikasi keluarga yang tersedia di Play Store, game Thinkrolls 2 terpilih sebagai Best Families App.

Di tengah maraknya tren VR, aplikasi berbasis AR atau Augmented Reality ternyata masih mendapatkan perhatian pengguna Android. Oleh karena itu, aplikasi World Around Me berhasil menyandang gelar aplikasi terbaik dalam kategori Early Adopter.

Developer baru dengan aplikasi barunya juga mendapatkan penghargaan khusus dari Google. Adalah Hopper, aplikasi yang bisa menemukan tiket penerbangan termurah untuk para traveler, meraih gelar Standout Startup di Google Play Awards 2016.

Kategori terakhir, yaitu Go Global jatuh pada game puzzle yang mengusung tema Pokémon. Benar, sob, Pokémon Shuffle Mobile. Game besutan The Pokémon Company tersebut berhasil menyingkirkan aplikasi Musixmatch yang sebelumnya saya prediksi sebagai juara.

Tunggu, link download-nya mana min? Tenang sob, link download dari semua aplikasi dan game yang menjadi pemenang di ajang Google Play Awards 2016 (kecuali Robinhood) dapat diakses langsung dari laman khusus di Google Play Store.

_________________

Nah, dari 10 aplikasi dan game Android terbaik pemenang Google Play Awards 2016 di atas, mana yang sudah Anda coba sob? (Clash Royale pastilah :v)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×