29 Mei 2015

Update Google Play Store APK 5.6.6 - 5.6.8 dengan Developer Pages dan Family Star

Belum genap sebulan, Google Play Store memperoleh pembaharuan kembali. Update Play Store terbaru kali ini terbilang istimewa sob, karena langsung diumumkan pada acara Google I/O 2015 yang berlangsung pada 28 - 29 Mei di Moscone West Convention Center, San Francisco.

Google Play Store APK 5.6.6

Bila update sebelumnya lebih fokus pada tampilan (material design) atau perbaikan bug, kini Google menambahkan setidaknya dua fitur baru pada toko aplikasi Android tersebut (mungkin untuk menyambut kehadiran Android M yang kabarnya akan rilis tahun ini).

Fitur pertama pada Play Store versi 5.6.6 adalah Developer Pages. Seperti halnya YouTube yang memiliki laman khusus yang disebut Channel, para pengembang aplikasi kini juga punya laman sendiri di Google Play Store, yang dilabeli Developer Pages.

Di laman itu, sang developer bisa memasang banner besar yang mewakili jati diri mereka, atau aplikasi macam apa yang mereka tawarkan di Play Store. Selain itu, mereka juga bisa pasang DP (display picture, foto profil), deskripsi, daftar aplikasi yang mereka buat, aplikasi yang mereka unggulkan (untuk keperluan promosi), dsb (sudah kayak media sosial ya).

Developer Pages bisa ditemukan di bagian bawah laman aplikasi, di bawah review (tepatnya di bawah tombol Wishlist, Share, dan +1, ketuk tombol MORE untuk menuju Developer Pages dari aplikasi yang bersangkutan).

Developer PagesGoogle Inc. Developer Pages

Saat ini hanya Google (dan beberapa developer terpilih, Electronic Arts misalnya) saja yang sudah punya Developer Pages, yang lainnya mungkin akan segera menyusul.

Kesannya hanya menguntungkan developer ya, tidak juga sob, kita sebagai user juga bisa memanfaatkan fitur Developer Pages tersebut. Misalnya untuk mengenal lebih jauh developer dari aplikasi Android yang kita pakai sehari-hari (rumahnya di mana, dengan siapa, lagi apa . . . halah), mengetahui aplikasi apa saja yang ia/mereka buat, atau bisa juga untuk mengecek kredibilitas developer itu, apakah aplikasinya bisa dipercaya atau hanya sekedar oknum yang buat aplikasi ga jelas bin berbahaya.

Lanjut ke fitur kedua, yang disebut Family Star atau Family-friendly. Seperti namanya, fitur ini fokus pada konten (aplikasi, game, buku, dsb) Play Store yang aman untuk seluruh keluarga, terutama anak-anak (yang semenjak kecil sudah dibekali Android :v).

Iya, di era serba internet ini, sudah sepatutnya anak-anak mendapatkan perhatian lebih, terutama pada konten yang mereka akses. Jangan sampai mereka mengakses konten yang tidak sesuai dengan usia mereka (bisa cepet gede sebelum waktunya sob). Nah, biar Play Store bisa menjadi tempat yang lebih aman buat anak-anak, Google telah menyortir berbagai konten di pusat aplikasi Android tersebut sesuai dengan peruntukkan umurnya, sehingga memudahkan orang tua untuk memilih aplikasi yang tepat untuk buah hatinya. Cek tangkapan layar berikut.

Family-friendlyFamily Star

Seperti yang terlihat pada screenshot pertama, Anda (sebagai orang tua) bisa memilih aplikasi/game di Play Store berdasarkan kategori usia anak, mulai dari balita (5 tahun ke bawah), umur 6 - 8 tahun, dan usia 9 tahun ke atas. Pada screenshot kedua, tiap-tiap laman aplikasi kini dilengkapi dengan label usia, seperti laman dari game Despicable Me yang berlabel 7+ (untuk usia 7 tahun ke atas).

Masih di screenshot kedua, di bawah tombol Install, selain berisi keterangan In-app purchases, terdapat pula Ad-supported family app (keterangan mengenai adanya iklan pada aplikasi berkategori Family tersebut). Di bawahnya lagi, terdapat badge Family Friendly berbentuk bintang (dengan wajah tersenyum, disebut juga Family Star), yang menandakan bahwa aplikasi atau game tersebut aman untuk diakses oleh seluruh anggota keluarga (dari anak-anak sampai kakek-nenek).

Untuk mengetahui info lebih lanjut dari fitur Family Friendy ini, silakan buka Parent Guide di Play Store (Menu > Parent Guide). Bila sudah paham, Anda juga bisa mengaktifkan Parental controls di Play Store terbaru ini (Setting > Parental controls). Di sana Anda bisa memilih aplikasi dengan rentang usia untuk ditampilkan di Play Store, sehingga bisa mencegah buah hati Anda mengunduh dan memasang aplikasi atau game yang tidak semestinya. Meski demikian, fitur tersebut hanya berlaku untuk konten yang belum dipasang atau diunduh saja, yang sudah dipasang atau diunduh akan tetap muncul seperti biasanya.

Satu lagi (belum rilis untuk wilayah Indonesia), untuk memudahkan anak-anak menemukan konten yang berhubungan dengan tokoh karakter favoritnya (seperti SpongeBob, Dora, Pororo, dsb.), Google menambahkan laman khusus untuk karakter kartun, buku, atau film populer di Play Store. Laman tersebut dapat diakses dengan melakukan pencarian di Play Store dengan kata kunci nama karakter yang bersangkutan. Isinya tentu saja berbagai konten yang berhubungan dengan si karakter.

Screenshot dari blog resmi Android

Update Play Store versi 5.6.6 ini akan terpasang di perangkat Android Anda secara otomatis dalam minggu ini (atau minggu-minggu selanjutnya :D). Bila Anda ingin segera mencoba fitur terbaru dari Play Store yang telah dibahas di atas, silakan unduh dan pasang APK Google Play Store berikut ini. Selamat mencoba :)

Download Google Play Store APK 5.6.6 | Alt Link


UPDATE 04/06/2015: Google Play Store naik lagi sob, versinya. Seperti biasa, update kali ini bisa dikatakan sebagai perbaikan bug atau peningkatan performa. Silakan unduh APK-nya via tautan di bawah.

Google Play Store 5.6.8 APK | Alt Link

UPDATE 08/07/2015: Memasuki bulan Juli, Google mulai merilis update terbaru dari aplikasi Play Store. Terdapat dua versi baru Play Store yang beredar hampir bersamaan, yaitu versi 5.7.6 dan 5.7.10. Apa saja yang baru dari kedua versi Play Store tersebut? Simak ulasannya di artikel Google Play Store APK 5.7.6 - 5.7.10 Bulan Juli 2015.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×