24 Mei 2016

Cara Mengganti Tema Google Keyboard Android dengan Foto Sendiri

Ditulis oleh pada 24.5.16
Dibandingkan ponsel zaman dahulu, Android menawarkan pengalaman mengetik teks yang lebih segar dan dinamis. Maksudnya bagaimana, min? Segar dalam konteks ini bisa diartikan sebagai "baru", hal yang berbeda, sesuatu yang akan mengubah kebiasaan mengetik kita. Bila di ponsel lawas kita mengetik dengan menekan papan ketik fisik, di Android kita disuguhi keyboard virtual yang terpampang di layar sentuh.

Ganti Tema Google Keyboard Android dengan Foto Sendiri

Dinamis dapat dimaknai sebagai perubahan yang adaptif, bisa menyesuaikan diri dengan kemauan kita sebagai pengguna ponsel. Iya, keyboard virtual Android bisa ''mengerti' penggunanya, berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan. Ketika mengetik email, tombol @ akan muncul otomatis, saat mengetik alamat web, tombol domain (.com, .net, dsb.) juga siap ditekan.

Tidak melulu masalah fungsi, tampilan keyboard Android juga bisa disesuaikan dengan selera kita (tidak seperti keyboard fisik yang makin lama makin luntur hurufnya :D). Mengetik dengan keyboard yang jelas dan nyaman dipandang tentu lebih menyenangkan daripada keyboard yang tampilannya standar saja. Nah, pada Google Keyboard versi terbaru, terdapat opsi anyar yang berguna untuk mengubah tema atau tampilan keyboard Android kita menjadi lebih kece dari biasanya.

Semenjak hadirnya update material design, Google Keyboard sudah dilengkapi dengan 2 buah tema bergaya material yang (lumayan) keren, yaitu Material Light dan Material Dark. Kedua tema tersebut tampil begitu minimalis, hurufnya berjajar rapi tanpa garis pembatas atau border. Terkesan bersih memang, namun bagi sebagian orang (termasuk saya), absennya border pada keyboard virtual terasa gimana gitu sob, kurang presisi saat ditekan.

Seakan mengerti masalah itu, Google akhirnya menambahkan border pada update terbaru dari aplikasi keyboard besutannya tersebut. Lumayan keren lah, tiap huruf atau karakter keyboardnya kini terpisah sehingga lebih memudahkan kita dalam mengetik.

Seiring dirilisnya Android N Preview 3, Google Keyboard kembali mendapatkan pembaruan sob. Pilihan temanya semakin beragam (warna-warni material), dan ada juga opsi untuk mengganti tema Google Keyboard dengan foto kita sendiri (foto orang lain juga boleh, asal diizinin).

Bagaimana cara mengganti tema Google Keyboard dengan foto sendiri? Cek langkah mudah di bawah ini sob.

  1. Download dan pasang Google Keyboard versi 5.1 APK dari Android N preview (sudah dicoba di Android Marshmallow, Lollipop, dan KitKat).

  2. Masuk ke laman setting Google Keyboard; bisa melalui app drawer atau dengan menekan lama tombol koma di Google Keyboard.

    setting Google Keyboard


  3. Buka 'Theme' lalu tekan 'My Image'.

  4. Pilih foto atau gambar yang akan dijadikan background, kemudian sesuaikan ukuran dan posisinya, lalu tekan tombol 'Next'.

    kecerahan background


  5. Sesuaikan juga kecerahan background agar tidak menutupi huruf-huruf yang ada di keyboard dan tekan tombol 'Done'.

  6. Bila Anda merasa tombol-tombol keyboardnya kurang jelas, hidupkan opsi 'Key border'.

Nah, kini Anda bisa mengubah tema Google Keyboard sesuai selera dan tak perlu lagi pasang aplikasi keyboard dari pihak ketiga. Bagaimana sob, tertarik untuk mencoba? Selamat mencoba ya :)

via Android Police

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×