17 November 2012

Apa itu Augmented Reality? Bila Maya dan Nyata Menyatu

Sejak makin menjamurnya penggunaan ponsel pintar atau smartphone, makin sering terdengar pula istilah Augmented Reality (AR). Augmented Reality dewasa ini sering kita temukan pada aplikasi navigasi atau game pada smartphone. Lalu apa itu Augmented Reality?

game Ingress
Penerapan Augmented Reality pada sebuah game di smartphone Android (ilustrasi)

Augmented Reality adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu penerapan teknologi yang memadukan tampilan suatu elemen (baik teks, gambar, atau suara) yang dihasilkan oleh aplikasi smartphone atau komputer (baik dua dimensi maupun tiga dimensi) dengan tampilan dunia nyata dalam waktu yang sama. Paduan tersebut memliki tujuan untuk memperkaya pengalaman nyata pengguna smartphone atau komputer dengan informasi-informasi tambahan yang tidak dapat ditangkap panca indera secara langsung.

Sebagai contoh, bayangkan diri Anda berjalan atau mengemudikan mobil di jalan, dengan Augmented Reality, elemen-elemen grafis digital akan muncul di bidang yang Anda pandang, yang diproyeksikan pada layar smartphone, kacamata atau pada kaca depan mobil Anda. Elemen-elemen tersebut dapat memberikan berbagai informasi yang memudahkan Anda selama perjalanan. Lebih lanjut mengenai gambaran Augmented Reality, simak video menarik berikut.


Secara singkat Augmented Reality dapat didefinisikan sebagai penggabungan elemen-elemen digital dengan benda-benda fisik yang nyata menjadi sebuah sinergi yang menarik.

Teknologi Augmented Reality telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang kesehatan, industri, militer, navigasi, dan juga hiburan. 

Augmented Reality Android Navigation
Penerapan Augmented Reality pada bidang navigasi dengan smartphone Android

Sebagai teknologi yang dapat dikatakan masih baru, Augmented Reality diprediksi akan menjadi sebuah trend dalam dunia teknologi, terutama dalam teknologi perangkat bergerak seperti smartphone dan komputer tablet. Sudah siapkah Anda menyambut teknologi ini?

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×