11 November 2015

Aplikasi Google Play Store 5.12.9 - 6.0.5 dengan Family Sharing, Gifting, dan NFC

Sampai saat ini (saat artikel ini diketik), desain baru Google Play Store versi 5.10.30 belum juga menghampiri ponsel Android saya sob, padahal versi 5.12.9 sudah bergentayangan di internet. Tapi tak masalah, seperti yang tertulis pada artikel sebelumnya, update desain Play Store tersebut bakal dirilis secara bertahap dari sisi server, jadi mau tak mau harus menunggu update langsung dari server Google (pasang APK saja tidak cukup).

Google Play Store 5.12.9

Sembari menunggu, mari kita bahas apa saja yang baru dari aplikasi Google Play Store 5.12.9. Dikutip dari Android Police, Play Store terbaru tersebut masih mengusung tampilan yang sama dengan versi sebelumnya. Menariknya, saat dilakukan pembongkaran pada APK Play Store 5.12.9, Android Police menemukan beberapa baris kode yang mengindikasikan hadirnya fitur baru.

Seperti yang tertulis di judul, aplikasi Play Store 5.12.9 dikabarkan akan menghadirkan fitur Family Sharing, Gifting, dan NFC.

Fitur Family Sharing berguna untuk memudahkan kita berbagi konten Play Store (aplikasi, buku, film, dsb.) dengan 'anggota keluarga' kita. Keanggotaan dalam keluarga yang kita buat di Play Store tidaklah mengikat (bisa ditambah dan dikurangi), jadi kita tak perlu membatasi anggota keluarga kita di Play Store sesuai dengan anggota keluarga yang ada di dunia nyata.

Setelah memiliki anggota keluarga di Play Store, kita bisa membuat dan mengakses Family Library, sebuah tempat di mana semua anggota keluarga bisa mengakses konten Play Store yang kita beli (jadi cukup beli sekali dan bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga). Meski begitu, saat ini belum ada kejelasan mengenai konten Play Store apa saja yang masuk ke Family Library (kemungkinan hanya konten berkategori Entertainment).

Fitur selanjutnya adalah Gifting. Sesuai namanya, Gifting merupakan fitur yang bisa kita gunakan untuk memberikan konten Play Store yang kita beli pada orang lain sebagai gift (hadiah; pemberian). Singkatnya, kita bisa membeli aplikasi untuk orang lain (teman, teman hidup, keluarga, dsb.). Bila ternyata pemberian kita ditolak, kita masih bisa memberikan konten tersebut pada orang lain sob (atau pilih refund untuk mengembalikannya ke Play Store dan mendapatkan uang kita kembali).

Terakhir, update Play Store terbaru juga menambahkan dukungan untuk menghubungkan kartu kredit (yang dilengkapi NFC) dengan ponsel Android kita (yang tentunya juga harus punya NFC), akan sangat berguna bagi Anda yang punya kartu kredit dan ponsel Android dengan NFC.

Seperti biasanya, update aplikasi Google Play Store versi 5.12.9 akan bergulir secara otomatis dan bertahap, namun bila Anda ingin memasangnya sekarang, silakan langsung saja unduh Play Store terbaru tersebut melalui APK Mirror.

UPDATE 14/11/2015: Dari versi 5.12.9, kemudian disusul 5.12.10, hari ini muncul lagi APK Google Play Store versi 6.0.0. Iya, loncat cukup jauh memang, tapi belum ada informasi pasti mengenai apa saja yang baru dari aplikasi tersebut. Seorang komentator di APK Mirror mengaku telah mendapatkan update UI (tampilan baru) setelah memasang APK Play Store 6.0.0, namun mayoritas komentator menyatakan bahwa mereka belum memperoleh pembaruan desain tersebut.

UPDATE 23/11/2015: Beberapa hari ini tampilan baru Google Play Store sudah menghampiri pengguna Android di berbagai negara, termasuk Indonesia. Perlu diingat bahwa tampilan baru Play Store dirilis secara bertahap, jadi harus sedikit sabar menanti sob. Untuk mendapatkan tampilan tersebut (sesegera mungkin), silakan pasang aplikasi Google Play Store versi terbaru (v.6.0.5 atau yang lebih baru), kemudian reboot perangkat Android Anda. Belum berubah juga tampilannya? Cek screenshot berikut.

tampilan pembuka play store 6.0

Layout baru Play Store

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×