18 Oktober 2015

Aplikasi Google Play Store 5.10.29 - 5.10.30 dengan Desain Baru [Oktober 2015]

Ditulis oleh pada 18.10.15
Seiring beredarnya Android 6.0 Marshmallow, aplikasi Google Play Store juga memperoleh penyegaran desain atau tampilan sob. Ubahan yang pertama kali terlihat adalah logo "Google Play", yang kini senada dengan logo Google yang baru.

logo Google Play

Lanjut ke bawah, bila pada versi sebelumnya aplikasi, game, buku, koran (majalah), dan film jadi satu, di Play Store versi terbaru ini konten-nya dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Apps & Games (berisi aplikasi dan game Android) dan Entertainment (berisi buku, film, koran, dan musik. Iya, "musik" belum tersedia di Indonesia sob). Kedua kategori utama tersebut ditempatkan dalam tab yang berdampingan di laman utama Play Store. Cek screenshot berikut.

Apps & Games


Jadi makin mudah mencari aplikasi atau games di laman utama Play Store tanpa harus direcoki oleh kehadiran buku dan film (demikian juga sebaliknya sob).

Selain itu, di Google juga menambahkan ikon di samping teks kategori konten Play Store, baik kategori utama maupun kategori turunannya. Terkesan lebih berwarna dan sedap dipandang.

ikon di samping teks


Buat yang suka copas alias copy paste, kini Anda bisa mengkopi teks deskripsi dan changelog aplikasi atau game di Play Store. Caranya tiada berbeda dengan cara copas teks di Android pada umumnya, tekan tahan teks, tandai teks yang akan dikopi lalu tekan tombol Copy.

copy paste


Untuk Android Samsung yang dilengkapi dengan S Pen, copas teks dari manapun (termasuk di Play Store) memang sudah bisa dilakukan sejak dulu, namun untuk Android yang tidak dilengkapi stylus, copas teks di Play Store sebelumnya memang tidak bisa dilakukan tanpa bantuan mod khusus (Xposed misalnya).

Ketika artikel ini diterbitkan, update terbaru Play Store di atas belum sepenuhnya bisa kita dinikmati (terutama bagian desain atau tampilan, menunggu update langsung dari server Google). Khusus untuk fitur copy paste, Anda bisa mencobanya sekarang dengan memasang APK Google Play Store versi terbaru dari APK Mirror. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×