12 November 2015

Cara Install Firefox OS di Ponsel Android Tanpa Flash Ulang

Firefox bukannya browser ya? Memang sob, selain browser, Firefox juga merupakan nama dari sistem operasi mobile (untuk ponsel, tablet, dan TV) yang dikembangkan oleh Mozilla. Meski bukan sistem operasi baru, sudah diperkenalkan sejak sekitar 3 tahun yang lalu (Februari 2012), namun pamor Firefox OS memang tak secemerlang Android, jadi wajar kalau Anda baru mengetahuinya sekarang.

Install Firefox OS di Ponsel Android

Belum lama ini, Mozilla merilis Firefox OS 2.5 Developer Preview. Menariknya, bila di versi sebelumnya kita harus melakukan flash ROM Firefox OS di ponsel Android, di versi terbaru ini, kita bisa meng-install Firefox OS langsung di ponsel Android tanpa harus flash ulang, cukup install seperti aplikasi Android pada umumnya.

Benar, Firefox OS 2.5 Developer Preview pada dasarnya adalah aplikasi Android (berupa APK), dan layak disebut sebagai launcher, sehingga bisa dipasang dan dioperasikan seperti launcher Android lainnya.

Firefox OS 2.5 Developer Preview

Kurang seru dong kalau cuma launcher? Tenang sob, di samping launcher, sejumlah aplikasi khas Firefox OS juga sudah tersedia di sana, sebut saja Phone, Messages, Contact, Email, Browser, dsb, yang bisa memberikan kita gambaran tentang antarmuka dan beberapa fungsi dari Firefox OS. Bila dirasa masih kurang, kita bisa mengunduh aplikasi dan game khusus untuk Firefox OS melalui Firefox Marketplace.

Penasaran untuk mencoba Firefox OS? Langsung saja unduh dan install Firefox OS 2.5 Developer Preview APK melalui laman resminya (ukurannya sekitar 88 MB). Penting diketahui, Firefox OS hanya memiliki sebuah tombol navigasi, yaitu home, jadi selama Anda menggunakan sistem operasi Firefox versi Dev. Preview tersebut, tombol back di Android Anda tidak dapat digunakan. Selain itu, berhubung masih berstatus developer preview, Firefox OS 2.5 yang terpasang di Android Anda mungkin masih mengandung beberapa bug dan lag (yang akan diperbaiki pada versi selanjutnya). Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×