31 Januari 2023

Menyambungkan Stik PS3 ke Android TANPA Aplikasi

Ditulis oleh pada 31.1.23

Sebenarnya, untuk ponsel Android tertentu, kita tidak perlu pakai aplikasi apapun untuk sekedar menghubungkannya dengan stik PS3 via kabel. Sayangnya, saat ini saya belum punya daftar ponsel Android mana saja yang bisa dihubungkan dengan stick PS3 tanpa aplikasi.

cara konek stik ps3 ke android tanpa aplikasi

Sampai artikel ini diterbitkan, saya sudah berhasil mencoba menyambungkan stik PS3 ke Poco F1 (Android 10 - MIUI 12) dan Redmi Note 11 (Android 12 - MIUI 13) tanpa aplikasi. Selengkapnya bisa disimak pada video berikut.

youtube image

Bila ternyata cara di atas tidak bisa, silakan coba aplikasi Sixaxis Enabler. Masih tidak bisa juga? Lupakan stik PS3 dan beli stik bluetooth yang khusus didesain untuk Android, seperti iPega PG-9076 atau iPega PG-9023.

Berhasil Konekin Stik PS3 ke Android? Mari Saling Bantu

Seperti yang sudah saya utarakan di video, bila Anda, Sobat Memudahkan, juga berhasil menghubungkan stik PS3 dengan cara seperti yang saya tunjukkan di video, tolong tulis komentar mengenai ponsel apa yang digunakan, termasuk versi Androidnya, dan jenis stick PS3-nya apakah ori pabrik, ori mesin, atau original dari Sony.

Komentar kalian tentu akan sangat membantu Sobat Memudahkan lain yang masih penasaran, masih bertanya-tanya apakah hape ini atau hape itu bisa digunakan untuk main game dengan stick PS3.

Sebagai tambahan saja, perlu ditegaskan bahwa tidak semua stik PS3 dan tidak semua ponsel Android bisa dikoneksikan dengan cara di atas. Di artikel ini saya hanya berusaha menunjukkan beberapa kemungkinan yang bisa dilakukan untuk main game di Android pakai stik PS3.

Faktor penentu keberhasilannya paling tidak ada tiga, sob. Mulai dari tipe/merk ponsel, versi Android (termasuk versi turunannya seperti MIUI, OneUI, ColorOS, FuntouchOS, dsb.), dan juga keaslian stik.

Saatnya Move On

Oleh karena itu, saya berani bilang bahwa sesungguhnya menghubungkan stik PS3 ke Android itu bersifat untung-untungan atau gacha, kalau bisa ya bisa, kalau sudah tak bisa ya susah dibuat bisa 😅

Saran saya, bila Anda masih belum bisa move on dari stik PS3, silakan cari stik yang original dari Sony, atau setidaknya yang ori mesin. Hindari stik PS3 ori pabrik atau stik KW. Untuk ponsel Android, beli saja Redmi Note 11, seperti yang telah saya coba pada video di atas. Selamat mencoba 😊

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×