18 November 2014

Cara Menghubungkan USB Flashdisk ke Android Tanpa Root [USB OTG]

Ditulis oleh pada 18.11.14

Berbagi file antar smartphone Android tentu sudah sering Anda lakukan, baik via Bluetooth, WiFi, maupun cloud. Masalah kemudian muncul ketika file yang hendak Anda bagi ternyata tersimpan dalam flashdisk, padahal tak ada PC atau laptop yang bisa digunakan pada saat itu.

Menghubungkan USB OTG ke Android

Sebagai solusi, Anda bisa menghubungkan flashdisk dengan perangkat Android Anda menggunakan kabel USB OTG (On The Go). Iya, secara umum perangkat Android bisa membuka dan membaca berbagai file yang tersimpan di flashdisk Anda. Tak hanya membaca, Anda juga bisa melakukan transfer file dari flashdisk ke sdcard dan sebaliknya.

Apa harus root? Tidak, root hanya diperlukan bila Anda menggunakan perangkat Android keluaran lama (sebelum tahun 2012). Sepanjang perangkat Android Anda memiliki fitur USB OTG, Anda bisa menghubungkan flashdisk dan membukanya tanpa harus root terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat Android memiliki fitur USB OTG (tergantung hardware dan kernel). Lalu bagaimana cara mengetahui ketersediaan fitur USB OTG pada suatu perangkat Android? Cara yang paling mudah adalah melihat spesifikasinya, lihat apakah USB OTG tercantum pada spesifikasi Android tersebut. Cara lainnya adalah mengunjungi forum-forum (seperti XDA atau Kaskus) yang khusus membahas perangkat Android Anda, di sana Anda bisa membaca atau bertanya mengenai ketersediaan fitur USB OTG.

Kabel USB OTG Android

Alternatifnya, Anda bisa membeli adaptor atau kabel USB OTG untuk dites langsung dengan perangkat Android yang Anda miliki (Adaptor atau kabel USB OTG bisa dibeli di toko elektronik atau komputer dengan harga sekitar 10 sampai ratusan ribu, tergantung fitur serta merknya).

Baca juga:

Ok, sampai di sini saya asumsikan bahwa perangkat Android Anda mendukung fitur USB OTG dan Anda sudah memiliki kabel atau adaptor USB OTG. Untuk membuka flashdisk di perangkat Android tentunya Anda harus menyiapkan flashdisk yang telah terisi beberapa file di dalamnya. Mengenai kapasitas dan format, gunakan setidaknya flashdisk berkapasitas 2GB (atau yang lebih besar) dengan format FAT32. Bagaimana dengan NTFS? Tidak semua Android bisa membaca flashdisk dengan format NTFS sob, jadi biar aman dan nyaman, pakai FAT32 saja.

Sebelumnya, silakan install ES File Explorer atau FX File Explorer yang beguna untuk menjelajah isi flashdisk Anda nantinya. Bila Anda menggunakan perangkat Android Samsung atau Xiaomi, cukup gunakan aplikasi file manager bawaan.

Cara membuka flashdisk dengan Android sebenarnya sangat mudah, tanpa tutorialpun saya yakin Anda bisa melakukannya. Tinggal tancapkan kabel USB OTG dengan perangkat Android Anda dan hubungkan flashdisk pada kabel tersebut (seperti yang tampak pada gambar paling atas), kemudian tunggu beberapa saat sampai flashdisk Anda terdeteksi dan dimuat (mount). Untuk contoh penggunaan adaptor OTG, silakan simak video berikut, kemudian ikuti tutorial pada paragraf di bawahnya.

youtube image

Untuk ES File Explorer, direktori flashdisk akan muncul pada bagian Local (flashdisk yang saya gunakan terdeteksi sebagai UsbDriveA, namanya mungkin berbeda untuk flashdisk atau Android lain).

ES File Explorer USB OTG
UPDATE 26/10/2021: Berhubung ES File Explorer sudah tidak tersedia lagi di Play Store, Memudahkan merekomendasikan FX File Explorer, Solid Explorer, atau aplikasi file manager bawaan smartphone Anda.

Di FX File Explorer, direktori flashdisk akan tersedia di bagian Files, di antara deretan direktori lainnya (lihat screenshot di bawah ini).

FX File Explorer USB OTG

Untuk Android dari Samsung (seperti yang saya gunakan di video), begitu flashdisk tertancap pada adaptor atau kabel USB OTG, secara otomatis aplikasi file manager akan memunculkan direktori flashdisk Anda.

FIle Manager Samsung

Sip, sekarang Anda bisa menyalin atau memindah file dari flashdisk ke sdcard (bisa juga memori internal) dan sebaliknya. Anda juga bisa langsung membuka file-file di flashdisk Anda tanpa harus menyalin atau memindahkannya terlebih dahulu ke sdcard (misalnya saat sdcard Anda penuh, Anda tetap bisa menonton film atau mengedit dokumen Anda langsung dari flashdisk).

Sudah selesai urusan dengan flashdisknya? Sekarang saatnya memutuskan koneksi flashdisk dari perangkat Android. Hampir sama dengan di PC, sebelum flashdisk dicabut, ada baiknya untuk di-unmount terlebih dahulu. Untuk Android Samsung, cukup tap USB mass storage connected yang terletak di notifikasi, setelah itu Anda bisa mencabut flashdisk Anda dengan aman. Untuk Android merk lain, caranya bisa dikatakan serupa, atau tuju Setting > Storage untuk melakukan unmount secara manual.

USB mass storage connected

Lalu bagaimana dengan Android yang sudah memiliki akses root? Sebenarnya sama saja, bisa menggunakan cara di atas, namun jika tidak berhasil, silakan install aplikasi StickMount. Selamat mencoba 😊

45 komentar:

  1. Balasan
    1. Semua merek bisa sob, asal sudah memiliki fitur USB OTG,. Coba saja langsung pake kabel USB OTG, kalau masih ragu, pinjem temen dulu kabelnya sebelum beli sendiri.

      Hapus
  2. klo galaxy grand prime gmn gan.?? ane udah coba beberapa kali tp gak bisa aja..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya Samsung Galaxy Grand Prime memang tidak/belum support fitur USB OTG sob.

      Hapus
  3. Kalo LG G3 Stylus bisa gak gan?

    BalasHapus
  4. kira2 ada caranya gk biar grand prime bisa support fitur USB OTG sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hardwarenya support otg, ganti kernel yang bisa otg kemungkinan bisa sob, tapi kalau memang hardwarenya ga support, ganti kernel juga percuma.

      Hapus
  5. Asus Zenfone 4 support sama kabel itu apa g?

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Coba cek tutorial USB OTG Xperia L dari XDA ini sob > http://forum.xda-developers.com/xperia-l/general/guide-usb-otg-support-sony-xperia-l-t2427150

      Hapus
  7. Galaxy new young GT-6310 bisa gak sob
    Saya sudah coba beberapa kali dgn. Flashdisk merk sandisk yang sudah memiliki fitur OTG dari flashdisknya tanpa memakai kabel lagi tapi gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Galaxy Young sepertinya belum support USB OTG sob

      Hapus
  8. Untuk smartfren andromax v bisa g sob..??

    BalasHapus
  9. Lg g3 stylus klo dh di root bisa ngk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hardware-nya support dan bisa ganti kernel yang support otg, kemungkinan bisa. Saya kurang tahu pastinya karena USB otg bukan fitur bawaan LG G3 Stylus.

      Hapus
  10. Samsung galaxy A5 bisa gak sob?

    BalasHapus
  11. Kku samsung galaxy tab s bsa g pke kabel otg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari spesifikasinya Samsung Galaxy Tab S (baik yang 8,4 atau 10,5 inci) sudah mendukung USB OTG. Agar lebih yakin, silakan coba sendiri sob.

      Hapus
  12. Samsung galaxy ace 3 bisa bang?
    Tapi saya nyoba gak bisa?
    Kalo mau bisa gimana bang cara / solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung Galaxy Ace 3 belum bisa USB OTG sob. Solusinya saya kurang tahu karena memang belum pernah nyoba pakai Ace 3, coba mampir ke forum2 seperti XDA atau Kaskus.

      Hapus
  13. Kalu advan t1j bs gak pake kbl otg?caranya gmna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Advan T1J sudah bisa USB OTG sob, tapi mungkin harus root dulu, silakan dicoba saja.

      Hapus
  14. Kalo samsung galaxy core 2 gimana sob ,apakah sudah suport usb otg??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung Galaxy Core 2 belum memiliki fitur USB OTG bawaan sob.

      Hapus
    2. Samsung Galaxy E5/E7 tampaknya juga demikian sob, belum ada fitur USB OTG-nya.

      Hapus
  15. kalo di samsung s3 mini support otg gk om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Galaxy S3 Mini bisa OTG om, cek caranya di sini > http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2186034

      Hapus
  16. Kalo hp advan S4H support otg gk gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sob, saya belum menemukan info mengenai ketersediaan fitur USB OTG pada Advan S4H, silakan dicoba langsung saja pakai kabel USB OTG.

      Hapus
  17. Sob, kalo Motorola Moto-G bisa kan. Tapi pas udah ke Es file explorer, ada tulisa Fail open file.
    Apa Flashdisk nya yang rusak sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moto G bisa OTG sob. Coba buka file lain atau pakai flashdisk lain. Kalau belum bisa coba pasang aplikasi Nexus Media Importer.

      Hapus
  18. Balasan
    1. Sepertinya belum bisa sob, coba cek di sini untuk info lebih lanjut > http://goo.gl/cd2ZKY

      Hapus
  19. Kalo zenfone 2 bisa gak gan?

    BalasHapus
  20. Hai Sobat Memudahkan, untuk menghindari pertanyaan yang sama dan terus diulang-ulang, silakan baca juga artikel berikut ini.

    Cara Mengetahui Ada Tidaknya USB OTG di Android

    Terima kasih :)

    BalasHapus

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×