02 Februari 2015

Download Aplikasi WeChat untuk Windows

Februari tahun lalu, layanan perpesanan instan multi platform asal Tiongkok, WeChat, merilis aplikasi resminya untuk Mac. Setahun kemudian (iya, Februari tahun ini), aplikasi WeChat untuk Windows akhirnya dirilis.

WeChat untuk Windows

Sebelumnya, pengguna Windows hanya bisa menggunakan WeChat di komputer melalui Web WeChat, yang bisa dibilang mirip dengan WhatsApp Web yang belum lama ini dirilis. Kini dengan hadirnya WeChat untuk PC Windows, kita sebagai pengguna WeChat mempunyai lebih banyak pilihan untuk WeChat-an di komputer atau laptop (tepatnya 3 pilihan sob, pakai versi web, versi Mac, atau versi Windows).

Proses autentikasi atau login WeChat untuk Windows tidak jauh beda dengan versi webnya, yaitu dengan memindai kode QR, jadi kita tetap butuh aplikasi WeChat mobile, Android misalnya, agar bisa menggunakan WeChat untuk Windows. Bagaimana caranya? Silakan buka aplikasi WeChat di ponsel Anda, tuju tab Discover, pilih Scan QR Code, lalu pindai kode QR yang muncul pada aplikasi WeChat di PC atau laptop Anda. Terakhir, jangan lupa untuk tap tombol Log in on Windows di aplikasi WeChat di ponsel Anda.

Setelah autentikasi berhasil, Anda akan disuguhi jendela chat sederhana dengan warna-warna khas WeChat. Terdapat tiga kolom utama pada WeChat untuk Windows, kolom pertama berisi tombol opsi profil, chat, kontak dan setting, kolom kedua menampilkan daftar chat yang sedang aktif, dan kolom ketiga yang berfungsi sebagai kolom chat utama.

WeChat untuk Windows UI
WeChat versi beta, hanya tersedia dalam bahasa Tiongkok


Sampai artikel ini diterbitkan, aplikasi WeChat untuk Windows masih memakai huruf dan bahasa Tiongkok, maklum masih versi beta sob, tapi tak perlu khawatir, meski menggunakan huruf dan bahasa dewa, saya yakin kalian bisa menggunakannya berkat layout dan fungsinya yang sederhana.

UPDATE 09/06/2015: Aplikasi WeChat untuk Windows resmi diperkenalkan sekaligus dirilis secara global sob. Berita baiknya, jika pada versi beta dulu hanya tersedia dalam bahasa Tiongkok, kini WeChat untuk Windows tersedia pula dalam bahasa Inggris.

Fitur yang ditawarkan WeChat untuk Windows terbilang masih sedikit bila dibandingkan dengan versi mobile-nya. Meski demikian, fungsi utama WeChat seperti berkirim pesan teks, foto, emoji, dan juga file lainnya sudah terakomodasi dengan baik pada WeChat untuk Windows. Untuk urusan sticker, saat ini hanya sticker Tuzki yang tersedia, lainnya kemungkinan menyusul pada rilisan selanjutnya.

WeChat versi final, tersedia juga dalam bahasa Inggris


NB: Satu lagi yang menarik, WeChat untuk Windows memiliki fitur screenshot terintegrasi (klik ikon gunting), jadi Anda bisa mengambil tangkapan layar PC Anda langsung dari aplikasi WeChat untuk kemudian dikirimkan pada teman-teman Anda. Selamat mencoba :)

Download Aplikasi WeChat untuk Windows

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×