28 November 2014

Download Opera Mini untuk Android dengan Tampilan Baru [BETA]

Urusan hemat data, hemat kuota internet, Opera Mini memang bisa diandalkan (berkat teknologi kompresi webnya). Saya pribadi sudah bertahun-tahun menggunakan Opera Mini, mulai saat ponsel berbasis java dan symbian masih berjaya, sampai kini, zamannya iOS, WP, dan pastinya Android.

Opera Mini untuk Android dengan Tampilan Baru

Selain hemat, Opera Mini juga relatif ringan dibandingkan browser mobile lainnya. Membuka tab baru, perpindahan antar tab, sampai menutup tab, hampir bisa dikatakan tak pernah bermasalah. Proses pemuatan laman web pun terbilang cepat, meski terkadang tampilannya belum bisa menyamai browser mobile pada umumnya (sebagai akibat dari penghematan tadi).

Selama bertahun-tahun, tampilan Opera Mini nyaris tidak mengalami perubahan. Walaupun berubah, itu hanya bersifat minor, sehingga bisa dikatakan tidak signifikan. Belum lama ini, Opera merilis browser Opera Mini untuk Android versi beta dengan tampilan baru (setidaknya baru untuk Opera Mini).

Opera Mini Private TabOpera Mini Data Usage

Iya, seperti yang terlihat pada screenshot, tampilan Opera Mini versi beta tersebut mirip dengan tampilan Opera Browser (persis lah). Meski berpenampilan sama dengan Opera Browser, tampilan tersebut bisa dibilang baru untuk Opera Mini.

Seperti halnya Opera Browser, Anda kini bisa memilih 3 jenis layout Opera Mini; Phone, Classic, dan Tablet. Secara default, Opera Mini versi beta ini menggunakan layout Classic (seperti layout default Opera Mini jadul), bila ingin, Anda bisa mengantinya dengan layout Phone atau Tablet melalui Setting > App layout.

Jadi hanya tampilan? Tentu tidak sob, beberapa fitur baru juga ditambahkan pada Opera Mini versi beta ini. Salah satunya adalah fitur Private Tab, yang memungkinkan Anda berselancar di internet secara privat (riwayat jelajah Anda takkan terekam).

Salah duanya, di menu utama Opera Mini (tap logo Opera) kini terdapat diagram lingkaran yang menunjukkan pemakaian data Anda, termasuk berapa persen data yang telah dihemat oleh Opera Mini (di versi sebelumnya, Anda harus masuk ke menu Help > Data Usage untuk sekedar melihat data tersebut).

Sepertinya menarik. Benar sob, secara tampilan saja sudah menarik, apalagi fitur-fiturnya yang akan terus ditambah atau ditingkatkan kemampuannya. Semoga saja dengan adanya perubahan tampilan dan penambahan fitur tersebut Opera Mini tetap langsing dan gesit seperti sebelumnya :D. Oh iya, Opera Mini beta ini bisa dipasang pada Android 2.3 ke atas. Selamat mencoba :)

Download Opera Mini Beta untuk Android >  Play Store | APK

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×