30 Januari 2014

Install BBM untuk Android 2.3.3+ Gingerbread [BETA]

Seperti yang kita tahu, BlackBerry saat ini sedang mempersiapkan aplikasi BBM untuk Android 2.3.3 alias Gingerbread. Rencananya, aplikasi BBM untuk Gingerbread tersebut akan diliris pada bulan Februari nanti, dan sekarang masih dalam tahap uji coba versi beta.

BBM Gingerbread - Fakta4 Tekno

Berbicara tentang versi beta, ternyata sudah ada bocoran aplikasi BBM untuk Gingerbread (APK) yang siap diunduh dan diinstall pada perangkat Android Anda. Meski belum resmi diluncurkan, saya mendengar (membaca) kabar yang menyatakan banyak pengguna Android Gingerbread yang telah berhasil menginstall dan menjalankan aplikasi BBM tersebut di perangkat Androidnya.

Akibat penasaran, saya lalu mencoba menginstall BBM di ponsel Android Gingerbread tersebut (apk saya dapatkan dari forum XDA). Ponsel pertama yang saya jadikan (kelinci) percobaan adalah Xperia Mini Pro SK17i (Android 2.3.4 Gingerbread - ARMv7) dan berhasil tanpa hambatan. Selanjutnya, saya mencoba lagi menginstall BBM di Galaxy Ace GST-S5830 (Android 4.2.2 Jelly Bean CM 10.1 - ARMv6), dan ternyata BBM bisa berjalan lancar.

BBM untuk Galaxy AceBBM untuk Xperia Mini Pro

BBM di Galaxy Ace dan Xperia Mini Pro

Agar semakin yakin bahwa BBM beta untuk Gingerbread memang benar-benar kompatibel dengan perangkat Android dengan arsitektur ARMv6, saya pun jalan-jalan ke grup Android Indonesia di Facebook. Ternyata di sana banyak pengguna Galaxy Y GT-S5360 (Android Gingerbread 2.3.7 - ARMv6) yang membagikan screenshot BBM mereka. Jadi saya simpulkan, BBM versi beta yang bocor ini memang kompatibel dengan Android Gingerbread, baik yang menggunakan ARMv6 maupun ARMv7.

Nah, lalu bagaimana cara menginstall BBM di Android Gingerbread? Untuk saat ini, BBM beta hanya bisa diinstall pada perangkat Android yang sudah diroot, karena salah satu langkahnya membutuhkan aplikasi Titanium Backup, yang seperti kita tahu, membutuhkan akses root.

Bila Anda mencoba memasang apk BBM beta ini pada perangkat Android yang belum memiliki akses root, kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan pada saat sign in atau proses registrasi - loading tiada akhir :D

Selanjutnya, bila Anda yakin bahwa perangkat Android Anda sudah memiliki akses root, silakan ikuti langkah-langkah menginstall BBM versi beta di Android Gingerbread (ARMv6 dan ARMv7) berikut ini.

Langkah pertama Unduh dan install aplikasi Titanium Backup (bila belum punya)

Langkah kedua Unduh file BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta Plus TB data.zip

Langkah ketiga Ekstrak file tersebut menjadi BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta.apk dan Titanium Backup-data-bbm.zip

Langkah keempat Ekstrak file Titanium Backup-data-bbm.zip dan pindahkan dua buah file yang ada di dalamnya ke folder Titanium Backup (sdcard >> Titanium Backup)

Langkah kelima Install BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta.apk, jangan dijalankan dulu

Langkah keenam Jalankan aplikasi Titanium Backup, buka tab Backup/Restore, cari dan pilih aplikasi BBM >> Restore >> Data only.

Langkah ketujuh Tutup Titanium Backup kemudian jalankan aplikasi BBM.

Langkah kedelapan Bila Anda sudah memiliki akun BBM, silakan langsung Sign In, bila belum, Anda bisa membuat akun BlackBerry ID baru dengan memilih Create a BlackBerry ID.

Langkah kesembilan Selamat BBM-an di Android Gingerbread Anda :)


Sebagai catatan, seperti yang sudah disebutkan di atas, aplikasi BBM untuk Gingerbread ini masih dalam versi beta, jadi mungkin sekali bila ada bug atau error di dalamnya. Tidak lupa saya ingatkan; DWYOR (Do With Your Own Risk). Apabila Anda tidak yakin untuk menginstall BBM beta ini, silakan tunggu perilisan BBM untuk Gingerbread versi final yang resmi dari BlackBerry bulan Februari mendatang.


UPDATE 31/01/2014: Bila ponsel Android Anda belum memiliki akses root, atau ingin menginstall BBM Android Gingerbread dengan cara yang lebih mudah plus tanpa ribet, silakan mampir ke artikel Download BBM untuk Gingerbread APK tanpa ROOT untuk mendapatkan APK BBM terbaru yang dapat langsung diinstall dan dijalankan tanpa harus memakai Titanium Backup.

Memudahkan