30 Januari 2014

Install BBM untuk Android 2.3.3+ Gingerbread [BETA]

Ditulis oleh pada 30.1.14
Seperti yang kita tahu, BlackBerry saat ini sedang mempersiapkan aplikasi BBM untuk Android 2.3.3 alias Gingerbread. Rencananya, aplikasi BBM untuk Gingerbread tersebut akan diliris pada bulan Februari nanti, dan sekarang masih dalam tahap uji coba versi beta.

BBM Gingerbread - Fakta4 Tekno

Berbicara tentang versi beta, ternyata sudah ada bocoran aplikasi BBM untuk Gingerbread (APK) yang siap diunduh dan diinstall pada perangkat Android Anda. Meski belum resmi diluncurkan, saya mendengar (membaca) kabar yang menyatakan banyak pengguna Android Gingerbread yang telah berhasil menginstall dan menjalankan aplikasi BBM tersebut di perangkat Androidnya.

Akibat penasaran, saya lalu mencoba menginstall BBM di ponsel Android Gingerbread tersebut (apk saya dapatkan dari forum XDA). Ponsel pertama yang saya jadikan (kelinci) percobaan adalah Xperia Mini Pro SK17i (Android 2.3.4 Gingerbread - ARMv7) dan berhasil tanpa hambatan. Selanjutnya, saya mencoba lagi menginstall BBM di Galaxy Ace GST-S5830 (Android 4.2.2 Jelly Bean CM 10.1 - ARMv6), dan ternyata BBM bisa berjalan lancar.

BBM untuk Galaxy AceBBM untuk Xperia Mini Pro

BBM di Galaxy Ace dan Xperia Mini Pro

Agar semakin yakin bahwa BBM beta untuk Gingerbread memang benar-benar kompatibel dengan perangkat Android dengan arsitektur ARMv6, saya pun jalan-jalan ke grup Android Indonesia di Facebook. Ternyata di sana banyak pengguna Galaxy Y GT-S5360 (Android Gingerbread 2.3.7 - ARMv6) yang membagikan screenshot BBM mereka. Jadi saya simpulkan, BBM versi beta yang bocor ini memang kompatibel dengan Android Gingerbread, baik yang menggunakan ARMv6 maupun ARMv7.

Nah, lalu bagaimana cara menginstall BBM di Android Gingerbread? Untuk saat ini, BBM beta hanya bisa diinstall pada perangkat Android yang sudah diroot, karena salah satu langkahnya membutuhkan aplikasi Titanium Backup, yang seperti kita tahu, membutuhkan akses root.

Bila Anda mencoba memasang apk BBM beta ini pada perangkat Android yang belum memiliki akses root, kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan pada saat sign in atau proses registrasi - loading tiada akhir :D

Selanjutnya, bila Anda yakin bahwa perangkat Android Anda sudah memiliki akses root, silakan ikuti langkah-langkah menginstall BBM versi beta di Android Gingerbread (ARMv6 dan ARMv7) berikut ini.

  1. Unduh dan install aplikasi Titanium Backup (bila belum punya).

  2. Unduh file BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta Plus TB data.zip.

  3. Ekstrak file tersebut menjadi BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta.apk dan Titanium Backup-data-bbm.zip.

  4. Ekstrak file Titanium Backup-data-bbm.zip dan pindahkan dua buah file yang ada di dalamnya ke folder Titanium Backup (sdcard > Titanium Backup).

  5. Install BBM For Gingerbread 100.0.0.10 Beta.apk, jangan dijalankan dulu.

  6. Jalankan aplikasi Titanium Backup, buka tab Backup/Restore, cari dan pilih aplikasi BBM > Restore > Data only.

  7. Tutup Titanium Backup kemudian jalankan aplikasi BBM.

  8. Bila Anda sudah memiliki akun BBM, silakan langsung Sign In, bila belum, Anda bisa membuat akun BlackBerry ID baru dengan memilih Create a BlackBerry ID.

  9. Selamat BBM-an di Android Gingerbread Anda :)


Sebagai catatan, seperti yang sudah disebutkan di atas, aplikasi BBM untuk Gingerbread ini masih dalam versi beta, jadi mungkin sekali bila ada bug atau error di dalamnya. Tidak lupa saya ingatkan; DWYOR (Do With Your Own Risk). Apabila Anda tidak yakin untuk menginstall BBM beta ini, silakan tunggu perilisan BBM untuk Gingerbread versi final yang resmi dari BlackBerry bulan Februari mendatang.



UPDATE 31/01/2014: Bila ponsel Android Anda belum memiliki akses root, atau ingin menginstall BBM Android Gingerbread dengan cara yang lebih mudah plus tanpa ribet, silakan mampir ke artikel Download BBM untuk Gingerbread APK tanpa ROOT untuk mendapatkan APK BBM terbaru yang dapat langsung diinstall dan dijalankan tanpa harus memakai Titanium Backup.
UPDATE 05/01/2022: Aplikasi BBM telah berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Untuk Anda yang belum bisa move on dari BBM, silakan coba aplikasi BBM Enterprise.

29 komentar:

  1. you can download the working version of BBM Messenger for armv6 devices from :

    http://bbm-port-armv6.blogspot.com

    this is a port project of bbm to armv6 devices .

    BBM for armv6 android Devices is free and has no ads. If you enjoy the app and want to see it to continue to be updated, please consider supporting it a bit and making a donation!

    BalasHapus
  2. mantabs gan, ane pke gt-s5830 work gan. trims gan.

    BalasHapus
  3. oh ya gan gimana nih gk bisa di pakek titanium backupnya
    gk ada buat backup nya

    BalasHapus
  4. Gan Kok Pas Welcome To BBM Buat Creat A BlackBerry ID nya Lama, Ga Masuk Masuk . . . Koneksi Lancar Dan Ane pake galaxy mini GT5570. Mohon Pencerahan Gan :'(

    BalasHapus
  5. install bbm gingerbread tanpa ribet http://teknodb.blogspot.com/2014/02/siapa-bilang-android-jadul-tak-bisa-bbm.html

    BalasHapus
  6. W dah instal, tapi minta rumah jam, tanggal trus,,,

    BalasHapus
  7. Ganau tnya juga ni knpa kol stelah daftar id bbmnya klik tombol sumbit k loding trus sob kok gak bsa bsa punya aku tlong dbalas

    BalasHapus
  8. Apa mungkin ada yang salah sob dan juga ngruh sama signyal 3G nya sob tlong dbalas karna lgi ksulitan ni

    BalasHapus
  9. Ganau tnya juga ni knpa kol stelah daftar id bbmnya klik tombol sumbit k loding trus sob kok gak bsa bsa punya aku tlong dbalas

    BalasHapus
  10. gan kok sy libnya terkunci, bagaimana cara benerinnya ya gan, please help mee...???

    BalasHapus
  11. terimaksih banget om atas infonya. berguna banget.
    saya sudah pke android disamsung galaxy mini 2 langsung bisa om.
    klo mau cept download dgn jaringan seadanya ky saya tanpa wifi coba dijam-jam 1 malam keatas. insyalloh koneksinya lancar.
    buat smuanya yang sabar ya :)
    slam kenal dari st Ria.

    BalasHapus
  12. Thank's gan ...
    mantap... berhasil hp q...

    BalasHapus
  13. Gan perbedaan yg beta sm yg asli apa sih ?

    BalasHapus
  14. Gan perbedaan yg beta sm yg asli apa sih ?

    BalasHapus
  15. Gan perbedaan yg beta sm yg asli apa sih ?

    BalasHapus
  16. Aq udh instal... udah bsa qhu pakai skrg ...oya gmn carax dowlload aplikasi bbm yg sama versix tuk bbm 2 .. aq mw kasi 1 hp 2 apliksi bbm .. semuax versi baru..tolong pnjelasanx

    BalasHapus
  17. teriakasih gan atas infonya sangat berguna

    BalasHapus
  18. Mau nanya gan saya pakai HP Samsung Galaxy Y GT-S5360
    Saya berhasil instal
    dan login kok hanya muncul bacaan mengatur BBM terus ya udh 1 hari saya tunggu tetep aja kayak gitu, padahal saya udah ngikutin cara yang diatas tapi tidak bisa gan

    BalasHapus
  19. kenapa pas udah selesai sign-in, kok ada tanda seru dan blng Terjadi kesalahan server sementara. itu bagaimana ya???

    BalasHapus
  20. loading'a lama setelah masuk BBM sellu " mengatur BBM " dan "membuka BBM" itu loading'a kaya tdk da akhir,,!!!
    mhon pnjelasan'a yaa

    BalasHapus
  21. sore min,,,,gmna caranya (Langkah keenam Jalankan aplikasi Titanium Backup, buka tab Backup/Restore, cari dan pilih aplikasi BBM >> Restore >> Data only.) ga bisa jalan...eror aplikasinya...trus BBM nya saya coba loding trus,,,tiada akhir...

    BalasHapus
  22. bbm gingerbread bisa di upgrade biar bisa bbm channel gak?

    BalasHapus
  23. android kuno saya jadi bisa BBM an,
    memang mantap jaman sekarang, aplikasinya canggih canggih , sip, mempermudah akses dan komunikasi

    BalasHapus
  24. cara ekstraknya gimana gan .. ?
    hp saya samsung galaxy GT-S5830 versi android 4.2.2 jellybean ..
    pusing ane gan ..

    BalasHapus

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×