12 Oktober 2019

Cara Mengubah Tampilan Instagram Menjadi Hitam [Dark Mode]

Ditulis oleh pada 12.10.19
Hampir semua aplikasi smartphone yang beredar saat ini menggunakan tampilan yang didominasi warna hitam dan putih. Umumnya, hitam digunakan sebagai warna teks dan putih sebagai latar belakangnya. Belakangan ini, penggunaan warna tersebut mulai dibalik, sob. Iya, background aplikasi kini dilabur hitam, dan teksnya diputihkan. Tujuannya jelas dan sudah bisa diduga: Dark mode.

Tema gelap hitam Instagram Android

Berawal dari meningkatnya penggunaan smartphone menjelang tidur, dark mode dinilai mampu mengurangi efek silau yang ditimbulkan oleh latar aplikasi yang berwarna putih. Logika sederhananya: Malam itu gelap, layar itu terang, dan mata pun silau. Nah, bila Malam itu gelap, layar juga gelap, mata pun nyaman.

Bisa dibayangkan, atau mungkin Anda pernah mengalami sendiri, bahwa menatap layar terang di ruang gelap dalam waktu yang lama bisa memicu mata kering, kemudian memerah, dan berakhir dengan rasa yang sangat tidak nyaman (sepet). Oleh karena itu, dark mode hadir sebagai solusi untuk mengurangi kesilauan layar smartphone dengan mengubah mayoritas warna antarmukanya dari terang (putih) menjadi gelap (hitam).


Mengenai Dark Mode Android dan Instagram


Belum lama ini, aplikasi Instagram mendapatkan update fitur dark mode. Berita bagus dong, buat para penghobi scroll IG malam-malam sambil rebahan 😄. Masalahnya, sampai artikel ini diterbitkan, belum ada toggle atau tombol untuk menghidupkan dark mode di aplikasi Instagram. Benar, tidak seperti aplikasi YouTube atau Chrome yang punya opsi untuk menyalakan tema gelap, dark mode di Instagram hanya akan aktif ketika pengguna mengaktifkan dark mode pada pengaturan sistem smartphone mereka.

Jadi begini, sob. Selain di level aplikasi, dark mode juga tersedia di level sistem smartphone, yang sering disebut dengan system-wide dark mode. Karena levelnya di system, semua aplikasi yang support akan beralih ke dark mode ketika fitur system-wide dark mode di smartphone dinyalakan. Sehingga kita tidak perlu repot menyalakan dark mode pada tiap-tiap aplikasi yang terpasang di smartphone.


Sayangnya, untuk saat ini tidak semua smartphone Android dilengkapi dengan fitur system-wide dark mode. Itulah mengapa, banyak netizen yang gembira bukan main ketika berhasil mengubah tampilan aplikasi IG mereka menjadi hitam di saat yang lain belum bisa melakukannya. Ada kepuasan tersendiri gitu, sampai-sampai tagar #instagramdarkmode trending di Twitter.

Buat Anda yang saat ini belum berhasil mengaktifkan dark mode di Instagram, tidak perlu berkecil hati, sob. Sebab banyak jalan menuju Roma. Beberapa di antaranya akan kita bahas di artikel ini.


Cara Mengaktifkan Dark Mode di Aplikasi Instagram Android


Harus join beta tester di Play Store? Kini tidak perlu lagi, sob. Versi stable Instagram yang dirilis di Play Store sudah dilengkapi dengan fitur dark mode. Pastikan Anda sudah mengupdate aplikasi IG ke versi terbaru. Oiya, pastikan pula smartphone Anda menggunakan Android 7 Nougat, 8 Oreo, 9 Pie, atau Android 10 ke atas.

UPDATE 11/10/2021: Sekarang tema gelap Instagram bisa diaktifkan melalui Pengaturan → Tema → pilih "Gelap".

FYI: Agar tema aplikasi IG mengikuti tema bawaan smartphone kita, pilih "Default Sistem". Dengan begitu, tiap kali tema ponsel kita diatur ke gelap atau mode malam, otomatis IG akan berganti tema juga.

Pengaturan tema gelap Instagram

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf-paragraf sebelumnya, kita bisa mengubah tampilan Instagram menjadi gelap dengan menyalakan fitur system-wide dark mode di smartphone kita.
  1. Secara umum, dark mode di Android bisa diaktifkan melalui Settings → Display → Dark theme.

  2. Untuk Samsung beda lagi, sob. Pada antarmuka One UI yang banyak dipakai smartphone Android Samsung, dark mode bisa diaktifkan melalui Settings → Display → Night mode.

  3. Demikian pula dengan Xiaomi, walau beda istilah saja, dark mode MIUI bisa dihidupkan lewat Settings → Display → Dark mode. Sebagai catatan, saat ini belum semua ponsel Android Xiaomi memiliki fitur dark mode, salah satunya adalah Pocophone F1, tapi bisa diakali dengan beberapa perintah ADB.

  4. Khusus Huawei EMUI, setelah dark mode bisa ditemukan di Settings → Battery → Darken interface colours.

Untuk smartphone Android lain, silakan sesuaikan sendiri ya sob 😄, cari saja setelan yang sekiranya mirip dengan istilah-istilah seperti dark, night, theme, dan sebagainya.

Instagram tampilan hitam

Setelah dark mode di smartphone Anda aktif, maka secara otomatis tampilan aplikasi Instagram Anda akan berubah menjadi hitam alias gelap dengan teks berwarna putih.


Solusi Tidak Ada Pilihan Dark Mode di Setelan Android


Bagaimana jika tidak ada pilihan dark mode pada setelan smartphone Android saya? Ada dua kemungkinan, sob. Pertama, mungkin smartphone Anda belum support dark mode, atau kedua, setelan dark mode di smartphone Anda tersembunyi atau dihilangkan.

Bagaimana cara mengetahui smartphone saya support dark mode tapi disembunyikan? Silakan pasang aplikasi Dark Mode dan pilih opsi "Night Mode". Aplikasi tersebut berguna untuk mengaktifkan fitur dark mode di Android (6.0 Marshmallow ke atas) yang tidak menyediakan opsi dark mode.

Jika muncul pesan SUCCESS berarti dark mode di smartphone Anda telah aktif, silakan buka aplikasi Instagram, sudah gelap, kan?

Namun bila muncul pesan WARNING, kemungkinan dark mode di smartphone Anda tidak bisa diaktifkan melalui aplikasi tersebut. Tenang, sob. Seperti yang tertulis pada UPDATE di atas, kini Instagram telah menambahkan opsi untuk mengaktifkan dark mode, tanpa perlu bergantung pada system-wide dark mode Android. Pantau terus blog Memudahkan untuk artikel menarik lainnya. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×