15 Maret 2018

Cara Mengaktifkan Dark Mode YouTube Android Sekarang Juga

Ditulis oleh pada 15.3.18
Bagi yang suka nonton video di YouTube malam-malam menjelang tidur, menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel sampai mentok kiri mungkin sudah lumrah dilakukan. Iya, selain untuk menjaga kesehatan mata, tidaklah nyaman memandang silaunya layar saat berada di ruangan yang gelap.

Dark Mode YouTube Android

Agar lebih praktis, belum lama ini YouTube secara resmi mengumumkan hadirnya tema gelap (dark theme) pada aplikasi iOS dan Androidnya. Per hari ini (atau kemarin?), pengguna aplikasi YouTube untuk iOS sudah bisa menikmati tema atau modus gelap tersebut. Lalu Android? Tidak lama lagi sob.

Ya mungkin beberapa minggu sampai sebulan ke depan, fitur dark mode pada aplikasi YouTube Android akan dirilis secara bertahap. Untuk mengecek ketersediaan fitur tersebut, silakan update aplikasi YouTube Android Anda secara berkala melalui Play Store, kemudian jalankan dan ketuk foto profil Anda (kanan atas layar) - Setelan (Settings) - Umum (General) - Tampilan (Appearance) - Tema gelap (Dark theme).

tema-gelap-youtube-android

Bila tidak ada pilihan Dark theme atau Tema gelap di aplikasi YouTube Anda, harap bersabar, ini ujian hanya sementara, nanti juga bakalan ada sob, tunggu saja update selanjutnya 😀. Kalau sudah tak sabar, silakan lanjut baca paragraf selanjutnya atau baca update terbaru di akhir artikel.


Cara Mengaktifkan Tema Gelap YouTube Android


Cara mengaktifkan dark mode YouTube Android di bawah ini khusus untuk ponsel yang sudah memiliki akses ROOT. Kenapa begitu? Karena belum resmi dirilis, kita wajib memodifikasi preferensi aplikasi YouTube secara manual untuk mengaktifkan tema gelap. Caranya sangat mudah sob.

  1. Pertama pasang dulu aplikasi Preferences Manager. Bisa diunduh gratis dari Play Store.

  2. Jalankan lalu izinkan Preferences Manager mengakses root, dan cari "youtube".

  3. Di tab youtube.xml, lakukan pencarian dengan kata kunci "dark".

    Preferences Manager

  4. Ubah kedua value tersebut dari false menjadi true.

  5. Bila value pada langkah 3 tidak ditemukan, tambahkan secara manual dengan menekan tanda plus - pilih Boolean - ketik app_dark_theme - pilih Add.

    theme_dark_app

  6. Ulangi langkah sebelumnya dengan mengetik app_theme_dark_developer.

  7. Tutup aplikasi Preferences Manager dan buka aplikasi YouTube.

  8. Nah, gelap kan? Tidak hitam sob, tetapi gelap, karena Hitam tak selalu Gelap 😎

    Youtube modus gelap

  9. Bila Anda berubah pikiran, ulangi langkah 3 dan ubah true menjadi false untuk mengembalikan kembali background YouTube menjadi putih (seperti sedia kala).

Tidak bisa dipungkiri, hadirnya tema gelap di aplikasi YouTube Android bisa menjadi solusi jitu bagi kita yang suka nonton video YouTube malam-malam, di kamar gelap, sambil baca komentar (scroll.. scroll.. dan seterusnya 😃). Warna latar gelap memang relatif lebih enak dilihat di kala gelap. Selain itu, gelap juga bisa melindungi diri kita dari kelelahan, jadi berdoalah sebelum kita tidur, jangan lupa cuci kaki dan tanganmu, jangan lupa doakan mama papa kita 😁

UPDATE 05/07/2018: Sampai update ini diketik, YouTube belum juga merilis fitur mode malam di aplikasi Androidnya, kabarnya saat ini masih terus dikembangkan sob, jadi kita tunggu saja. Oiya, update artikel ini juga sekaligus memperbarui beberapa kode mode gelap aplikasi YouTube sesuai dengan keadaan terbarunya.

UPDATE 07/09/2018: Hari ini iseng-iseng saya memperbarui aplikasi YouTube Android lewat Play Store dan ternyata masih belum ada pilihan Dark theme di setelannya. Iseng lagi saya hapus data aplikasi YouTube lewat info aplikasi, tapi tetap saja tema gelapnya belum aktif.

Saya tunggu beberapa saat sambil browsing-browsing lewat Chrome, main Clash Royale sebentar, lalu balik ke YouTube lagi. Masuk lagi ke Setelan YouTube dan di sana sudah terpampang nyata pilihan untuk mengaktifkan Dark theme atau Tema gelap.

Nah, dari hasil iseng tersebut bisa disimpulkan bahwa fitur Dark mode/theme atau Tema gelap YouTube sudah mulai dirilis secara global sob. Silakan coba cara di paragraf-paragraf di atas untuk mengaktifkannya.

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×