05 September 2019

Mengaktifkan Dark Mode di Chrome Android

Ditulis oleh pada 5.9.19
Android Q, yang kemudian dirilis resmi dengan nama Android 10, sudah mulai diedarkan. Pastinya tidak semua ponsel Android memperoleh update ke versi terbaru tersebut, setidaknya untuk saat ini, sob.

Mengaktifkan Dark Mode di Chrome Android

Pada umumnya, ponsel yang menggunakan stock Android seperti seri Pixel dan Android One akan relatif lebih cepat mendapatkan update Android 10 daripada ponsel lainnya. Kenapa begitu? Ya karena tidak banyak yang perlu dimodifikasi lagi layaknya Android versi Samsung (One UI) atau Xiaomi (MIUI), jadi langsung cak cek das des!

Salah satu fitur unggulan Android 10 adalah dark mode atau mode gelap (juga disebut mode malam). Melalui fitur itu, pengguna bisa mengubah tampilan antarmuka ponsel yang semula terang menjadi gelap secara keseluruhan (system-wide - termasuk aplikasi yang mendukung). Selain lebih nyaman di mata, mode dengan tema antarmuka yang didominasi warna gelap (mendekati hitam, hitam banget, sampai hitam beneran - yang kodenya #000000) tersebut kabarnya bisa menghemat baterai ponsel berlayar amoled.

Kalau layar IPS atau LCD lainnya? Tidak begitu berpengaruh, sob. Mengingat ketika layar IPS dkk menampilkan warna hitam, backlightnya masih nyala semua, tidak seperti layar amoled yang bisa mematikan backlight pada pixel-pixel yang sedang menampilkan warna hitam. Meski begitu, pengguna ponsel non-amoled masih bisa memanfaatkan dark mode untuk menjaga kesehatan mata kala menggunakan ponsel di tempat yang minim cahaya.


Ketika artikel ini diketik, belum semua aplikasi Android yang beredar di Play Store mendukung fitur dark mode Android 10. Ada aplikasi yang sudah menerapkan dark mode, namun hanya bisa diaktifkan melalui menu di dalam aplikasi itu sendiri. Ada pula aplikasi yang sudah mendukung dark mode Android 10 (system-wide), sekaligus memberikan opsi untuk mengaktifkan dark mode pada Android versi sebelumnya (Android 9 ke bawah).

Nah, bersamaan dengan peluncuran Android 10, Google juga mengumumkan ketersediaan dark mode untuk Chrome Android, yang sayangnya saat ini hanya bisa digunakan di Android 10. Walau demikian, pengguna Android versi lama juga bisa mencicipi fitur dark mode di browser Google Chrome dengan sedikit usaha.


Cara Mengaktifkan Tema Gelap di Chrome Android


Kok jadi tema gelap? Sama saja, sob. Dark theme, night mode, atau apalah sebutannya di sini merujuk pada satu fitur Android yang definisinya sudah disinggung di awal artikel. OK, untuk artikel ini saya menggunakan Chrome Android versi 76 stable. Bila Anda masih menggunakan Chrome versi lama, silakan diupdate terlebih dahulu ke versi terbaru.

  1. Seperti cara mengaktifkan toolbar bawah Chrome kemarin, silakan ketik chrome://flags di address bar dan ketuk "Go" (Pergi) untuk membuka laman Experiments Chrome Android.

    Android web content dark mode

  2. Lakukan pencarian dengan kata kunci "dark" untuk menemukan eksperimen "Android Chrome UI dark mode" lalu ubah "Default" ke "Enabled". Oh iya, Anda juga bisa memaksa Chrome untuk mengubah tampilan semua laman web menjadi gelap dengan eksperimen "Android web content dark mode".

  3. Jangan lupa untuk menekan tombol "Relaunch now" untuk menutup dan membuka kembali Chrome Android.

  4. Untuk mengubah tema Chrome dari terang menjadi gelap, masuk ke Setelan → Chrome → Tema → Gelap.

    Memudahkan blogspot tema gelap

  5. Apabila tidak ada pilihan "Tema" di setelan Chrome Anda, silakan tutup Chrome melalui recent app atau paksa berhenti melalui info aplikasi dan jalankan kembali.

  6. Saat dark mode di Chrome aktif, semua situs atau laman web yang sudah menerapkan tema gelap akan berwarna gelap. Bila situs tersebut belum memiliki tema gelap, maka warnanya akan tetap terang meski Chrome sudah diatur ke tema gelap. Nah, bila Anda menginginkan semua situs web yang Anda kunjungi otomatis bertema gelap, silakan aktifkan eksperimen "Android web content dark mode" yang tadi sudah disebut pada langkah 2.

Boleh dibilang bahwa saat ini dark mode atau mode gelap tengah menjadi tren dan bahkan sudah menjadi standar di Android 10 maupun sistem operasi lainnya (Windows 10 misalnya). Aplikasi-aplikasi yang beredar di Play Store pun sudah banyak yang mengadaptasi tema gelap. Tak terkecuali situs web, sob, yang kini otomatis mengikuti setelan tema browser maupun sistem operasi.

Pada era di mana manusia lebih sering menatap layar daripada menatap langsung wajah sesamanya ini, kehadiran dark mode memang sangatlah penting, terutama untuk mengurangi efek negatif dari silaunya layar di malam hari atau di ruangan yang gelap. Di sisi lain, pengguna juga bisa lebih lama menggunakan ponsel mereka berkat tema gelap yang konon bisa menghemat baterai pada saat diaktifkan. Selamat mencoba 😊

Jadilah yang pertama berkomentar

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×