08 Juli 2019

Cara Membeli Token Listrik di Shopee Pakai OVO

Ditulis oleh pada 8.7.19
Buat pembaca setia blog Memudahkan, artikel ini mungkin sudah tak menarik lagi untuk dibaca. Sebab sudah sering sekali Memudahkan membahas topik semacam ini. Iya, tips yang disajikan pada artikel ini sebenarnya tak jauh beda dengan beberapa artikel sebelumnya yang membahas tentang OVO.

Membeli Token Listrik di Shopee Pakai OVO

Bedanya, kali ini kita bukan membahas IndiHome atau Google Play Giftcard, melainkan Listrik Pintar PLN. Lebih tepatnya, kita akan membahas bagaimana cara membeli token listrik PLN di Shopee pakai OVO. Buat yang baru membaca blog ini, kita bisa melakukan pembayaran Shopee melalui OVO, bahkan top up ShopeePay pun bisa lewat OVO, sob. Silakan buka tautan-tautan tersebut untuk info lebih lanjut.

Ok, sekarang kita masuk ke pembahasan Listrik Pintar PLN. Untuk yang belum tahu, Listrik Pintar adalah layanan listrik prabayar dari PLN. Tak ubahnya kartu seluler prabayar, sob. Kita memerlukan pulsa, atau lebih sering disebut token listrik, untuk menggunakan listrik dari PLN. Iya, Listrik Pintar adalah kebalikan dari layanan pascabayar dari PLN, yang mana kita wajib bayar dulu sebelum bisa menggunakan listrik.

Seperti halnya isi pulsa pada ponsel, kita bisa membeli token listrik melalui ATM, Kantor Pos, toko retail macam Indomaret - Alfamart, atau penjual pulsa terdekat di lingkungan Anda. Selain itu, kita bisa membeli token listrik secara online melalui marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan juga Shopee.

Berhubung bulan Juli ini Shopee mengadakan promo cashback produk digital, tanpa pikir panjang saya mencoba membeli token listrik melalui Shopee, dan seperti biasa, bayarnya tetap pakai OVO, sob. Dapat cashback berapa? Tidak banyak, sob, tapi setidaknya bisa menutup biaya admin 😄

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal penting berikut.

  1. Pastikan akun OVO Anda sudah premier, sehingga fitur transfer bank bisa digunakan. Bila akun OVO Anda masih berstatus club, silakan upgrade ke premier dengan berfoto selfie dengan KTP lewat aplikasi OVO, atau datang langsung ke both OVO terdekat.

  2. Pastikan juga saldo OVO cash Anda cukup untuk membeli token listrik, karena OVO point saat ini tidak bisa ditransfer ke rekening bank.

  3. Sebenarnya kita bisa langsung membeli token listrik melalui aplikasi OVO, namun karena saat ini tidak ada promo, beli di Shopee sepertinya lebih menguntungkan, sob 😁


Cara Membeli Pulsa Listrik Prabayar di Shopee via OVO


Sekedar disclaimer, screenshot di bawah ini diambil dari aplikasi Shopee dan OVO pada 8 Juli 2019, bila Anda menemukan ketidaksesuaian, kemungkinan aplikasi yang Anda gunakan sudah lebih update dari aplikasi yang saya gunakan saat artikel ini dibuat.

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda. Saya asumsikan Anda sudah login. Ketuk ikon "Produk Digital" dan pilih "Listrik PLN".

    Listrik PLN

  2. Pastikan Anda berada di tab "Token Listrik". Isi Nomor meter atau ID pelanggan PLN Anda. Lalu pilih nominal token, di sini saya memilih 200 ribu. Tekan tombol "Lanjut". Di laman selanjutnya pilih metode pembayaran. Pilih Transfer "Bank Mandiri (Dicek Otomatis)". Jangan lupa untuk memilih voucher cashback dan menukarkan koin Shopee Anda. Tekan tombol "Bayar Sekarang".

    Nomor meter atau ID pelanggan PLN

  3. Selanjutnya copy nomor rekening akun virtual yang muncul menggunakan tombol "Salin".

    Nomor rekening akun virtual Bank Mandiri

  4. Jalankan aplikasi OVO dan tekan "Transfer". Di laman selanjutnya pilih transfer "ke Rekening Bank".

    Ke Rekening Bank OVO

  5. Cari dan pilih "Bank Mandiri" di isian "Bank Tujuan". Paste atau tempel nomor akun virtual tadi di isian "Nomor Rekening", sumber dana sudah pasti "OVO Cash", "nominal transfer" ketik sesuai dengan total pembayaran pada langkah nomor 3 (dalam hal ini 202.750). "Pesan" boleh diisi atau dikosongkan saja. Lalu tekan "Lanjutkan". Cek kebenaran informasi pada jendela "Konfirmasi transfer" dan tekan "Transfer" ketika semua sudah sesuai. FYI, transfer dari OVO ke rekening bank tidak dikenakan biaya transaksi (gratis) sebanyak 10 kali transfer setiap bulannya.

    Transfer OVO Cash

  6. Masukkan PIN OVO Anda bila diminta dan tak lama kemudian akan muncul laman yang menyatakan bahwa transfer telah berhasil.

    OVO Transfer Berhasil

  7. Kembali ke aplikasi Shopee, silakan cek pesanan Anda. Nomor token listrik akan tertera di sana. Anda bisa segera memasukkan nomor tersebut ke Meter Prabayar (MPB) di rumah Anda dan tekan Enter. Jangan lupa untuk menekan tombol "Pesanan Diterima" di aplikasi Shopee agar pesanan bisa diselesaikan, struk bisa diunduh, dan koin Shopee bisa didapatkan.

    Download Struk Pembayaran Shopee


Nah, begitu mudahnya membeli token listrik PLN di Shopee. Apalagi bayarnya melalui aplikasi OVO, begitu cepat dan aman, bahkan bisa dilakukan tanpa perlu keluar rumah. BTW, sebelum nomor token berhasil diinput ke MPB, sebaiknya jangan sebarkan nomor tersebut ke siapa pun, apalagi sampai di-share ke media sosial, bisa dipakai orang lain nanti pulsa listriknya, sob, kecuali bila Anda berniat untuk beramal atau giveaway 😎. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan menonaktifkan ad blocker di browser Anda.

FYI: Beberapa isi di blog ini e.g. gambar, tips khusus, dan konten menarik lainnya akan menghilang ketika Anda menggunakan ad blocker.

Terima kasih :)

×