25 Oktober 2018

Cara Baru Kirim Sticker di Chat WhatsApp

Ditulis oleh pada 25.10.18
Sekitar dua tahun yang lalu, WhatsApp telah merilis fitur edit foto/video yang dilengkapi dengan opsi untuk menambahkan sticker. Belum lama ini, WhatsApp kembali merilis fitur baru yang memungkinkan kita untuk mengirim sticker langsung lewat chat.

Cara Baru Kirim Sticker di Chat WhatsApp

Iya, bisa dibilang fitur tersebut tak ubahnya fitur kirim sticker yang telah lama kita kenal di Telegram, LINE, maupun Facebook Messenger. Jadi kita tidak perlu lagi mengirim foto yang seolah-olah "dianggap" sticker sob, karena kali ini WhatsApp benar-benar menghadirkan fitur kirim sticker yang sesungguhnya. Seperti apa? Cek screenshot berikut ini.

Sticker WA seperti Line dan Telegram

Seperti yang nampak di screenshot, kita bisa mengirim sticker WhatsApp melalui tombol emoji → lalu pilih tombol sticker yang terletak di sebelah tombol GIF. Pertama kali kita akan menemukan pesan You haven't sent any sticker yet disertai sticker kopi tumpah. selanjutnya pilih saja ikon atau tab sticker "cangkir" untuk melihat kumpulan sticker pertama kita di WhatsApp (Cuppy), atau pilih tombol plus "+" untuk mengunduh sticker lainnya.

Cara download sticker WhatsApp Android

Asyiknya, WhatsApp juga menghadirkan tab sticker kategori yang memudahkan kita untuk memilih sticker berdasarkan ekspresi atau emosinya (riang, sedih, cinta, dsb). Tidak hanya itu sob, dengan menekan tahan sticker kita bisa menambahkannya ke tab favorit. Khusus sticker yang telah dikirimkan ke percakapan, tekan sebentar untuk memunculkan menu download (view more) atau "add to favorites".

Menambahkan sticker WhatsApp ke Favorit

Saat artikel ini dibuat, fitur sticker WhatsApp masih terbilang kinyis-kinyis alias baru sob, jadi kemungkinan belum tersedia pada aplikasi WA Anda. Bila ingin lebih cepat, silakan download APK WhatsApp Android versi 2.18.341 atau yang lebih baru. Kok masih belum muncul juga ya?

Masuk ke info aplikasi WhatsApp kemudian lakukan "force stop" (berhentikan paksa), lalu jalankan lagi, nah sudah muncul kan? Alternatifnya, silakan pasang aplikasi sticker pack dari Telegram untuk memancing kemunculan fitur sticker di WhatsApp.

UPDATE 10/11/2018: Fitur sticker WA sekarang sudah resmi dirilis secara umum. Silakan download/update aplikasi WhatsApp Anda lewat Play Store untuk menikmati fitur stickernya sekarang juga.

Kalau belum muncul juga harap bersabar sob, tidak lama lagi fitur sticker tersebut akan tersedia di aplikasi WhatsApp Anda. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×