01 November 2018

Cara Menggunakan Sticker Telegram di WhatsApp

Ditulis oleh pada 1.11.18
Telegram adalah salah satu aplikasi chat yang mirip sekali dengan WhatsApp. Meski begitu, untuk urusan fitur, Telegram boleh dibilang lebih maju daripada WhatsApp. Sebut saja fitur sticker yang sudah hadir di Telegram sejak tahun 2015 lalu, WhatsApp tertinggal 3 tahun sob.

Cara Menggunakan Sticker Telegram di WhatsApp

Tidak berhenti sampai di situ. format sticker yang digunakan WhatsApp ternyata sama persis dengan Telegram (512x512 .webp with a transparency layer and emoji bindings).

Pertanyaannya, siapa yang meniru siapa? Bila dulu Telegram sering disebut peniru WhatsApp, kini kok jadi kebalik begini ya? 😁 Mungkin kedua belah pihak sudah sepakat untuk saling melengkapi ..eh 😁

Oke, karena kesamaan yang sudah disebut pada paragraf sebelumnya, menggunakan sticker Telegram di WhatsApp bukanlah hal yang sulit. Terlebih lagi, pihak Telegram telah merilis aplikasi kumpulan sticker khusus untuk WhatsApp di Play Store. Weleh, apakah kesepakatan tadi benar adanya?

Sepertinya hal itu belum terjadi jika dilihat dari screenshot yang dipasang Telegram di Play Store untuk aplikasi stickernya:

Telegram roast WhatsApp via sticker

Iya, screenshot tersebut terlihat biasa secara sekilas, namun bila diperhatikan, isinya adalah sindiran (lebih tepatnya roasting) yang ditujukan Telegram ke WhatsApp.

Screenshot pertama menyindir WhatsApp yang berencana menggunakan data pengguna untuk kepentingan periklanan. Screenshot kedua menunjukkan keunggulan Telegram yang bisa digunakan di PC atau laptop tanpa perlu melibatkan ponsel.

Hanya itu? Masih banyak sob, silakan cek screenshot lainnya di Play Store (link ada di bagian tutorial). Selain screenshot, Telegram juga menyertakan tautan unduhan aplikasi Telegram di bawah aplikasi sticker WhatsApp tersebut. Seakan belum cukup, di setiap koleksi stickernya, terdapat sticker logo Telegram dengan tulisan "Use Telegram".

Kelihatan sekali ya kalau keduanya sedang bersaing? 😄 Benar sekali sob. Walau demikian, kebersediaan Telegram untuk menghadirkan koleksi stickernya di WhatsApp bolehlah kita apresiasi sebagai suatu hal yang positif. Lalu bagaimana cara menggunakan sticker Telegram di WhatsApp?

  1. Pastikan aplikasi WhatsApp Anda sudah yang terbaru. Cek melalui menu WA → Setelan → Bantuan → Info aplikasi (minimal versi 2.18.330 beta) dan update lewat Play Store (atau APKMirror) bila belum.

  2. Setelah itu unduh aplikasi sticker Telegram untuk WhatsApp lalu jalankan. Bila diinginkan, Telegram juga merilis sticker Halloween untuk WhatsApp.

  3. Ketuk nama salah satu sticker yang Anda suka untuk melihat pratinjaunya, lalu ketuk tombol "Add to WhatsApp" untuk menambahkan sticker tersebut ke WA.

    Stickers from Telegram to WhatsApp

  4. Bila ingin lebih cepat, ketuk saja tombol plus "+" di sebelah kanan sticker untuk langsung menambahkannya ke WA tanpa perlu melihat pratinjaunya. Ketuk "Add" sebagai konfirmasi.

    Kirim sticker Telegram ke WhatsApp

  5. Sticker Telegram yang sudah ditambahkan ke WA bisa ditemukan lewat tombol emoji → tombol sticker di samping tombol GIF. 

Ketika artikel ini diterbitkan, fitur sticker di WhatsApp masih dalam tahap uji coba. Oleh karena itu belum semua pengguna WA bisa mengakses fitur tersebut sob. Artikel ini akan dipudate saat fitur sticker WA sudah tersedia secara umum.

UPDATE 10/11/2018: Fitur sticker WhatsApp kini telah dirilis secara umum dan bisa dinikmati pada aplikasi WA versi terbaru (yang bisa diunduh/diupdate langsung melalui Google Play Store). Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×