06 Mei 2014

10 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Android

Layaknya Windows dengan File Explorer-nya (sebelum Windows 8 disebut Windows Explorer) - yang berguna untuk mengakses file-file yang tersimpan di HDD - kita bisa mengakses file-file yang terdapat di SDcard dan memori internal perangkat Android kita menggunakan aplikasi file manager.

8 Aplikasi File Manager Terbaik untuk Android

Keberadaan file manager untuk perangkat Android bisa dikatakan sebagai keharusan. Selain berguna untuk mengelola file-file kita (open, copy, move, delete, dsb), File manager juga memudahkan kita untuk berbagi file (lewat Bluetooth, WiFi, 3G, dsb) dan juga menginstall aplikasi dari file APK. Masalahnya, tidak semua perangkat Android memiliki aplikasi file manager secara default.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini kami sajikan daftar 10 aplikasi file manager (sering juga disebut file explorer) terbaik untuk ponsel maupun tablet Android.


1. Explorer


Explorer adalah aplikasi file manager untuk Android yang ringan, cepat, dan mudah digunakan. Cocok untuk penggunaan dasar seperti copy, move, delete, dsb. Kerennya, Explorer dilengkapi dengan fitur tab layaknya web browser, sehingga pengguna bisa membuka beberapa folder sekaligus.

ExplorerExplorer Android

Tak hanya akses file di SDcard dan internal, Explorer juga bisa digunakan untuk mengakses file yang tersimpan di cloud, seperti Google Drive dan Dropbox. Fitur text editor serta create dan ekstrak zip, gzip, tar, dan rar juga hadir di aplikasi file manager dengan tampilan Holo tersebut.

Download Explorer untuk Android


2. ES File Explorer File Manager


All in one, iya, selain berfungsi sebagai file manager, ES File Explorer File Manager bisa pula digunakan untuk mengelola aplikasi (install, uninstall, backup).

Fitur-fitur dasar file manager tentu telah tersedia di ES, ditambah sejumlah fitur unggulan lain seperti FTP/SMB, Webdav, cache cleaner, autostart manager, download manager, image/video/music viewer/player dll.

ES File Explorer MenuES File Explorer File Manager

Untuk pengguna dengan perangkat Android yang sudah memiliki akses root, ES bisa digunakan sebagai root explorer, akses penuh ke seluruh direktori, termasuk fitur mengubah file permission.

Sebagai info tambahan, ES menyediakan fitur unik yang jarang ditemui pada aplikasi file manager lain, yaitu Recycle Bin. Iya, seperti yang ada di Windows, Recycle Bin di ES akan menampung file yang Anda hapus melalui ES, sehingga bisa direstore bila diperlukan.

Download ES File Explorer File Manager


3. FX File Explorer


Untuk yang tidak ingin neko-neko, FX File Explorer adalah file manager yang cocok bagi Anda. FX Explorer tampil dengan simpel dan elegan (update terbarunya sudah bergaya material design). Urusan performa, tak perlu diragukan lagi, Anda bisa menjelajahi isi SDcard Android Anda dengan cepat dan nyaman.

Fitur-fitur file managernya bisa dibilang standar, namun ada beberapa fitur keren yang akan membuat Anda betah menggunakan FX File Explorer, dua di antaranya yaitu pinch-to-zoom dan split view.

FX File ExplorerFX File Explorer split view

Fitur pinch-to-zoom memungkinkan Anda untuk mengubah-ubah ukuran tampilan folder dan file hanya dengan mencubit layar, dan split view berguna untuk membuka direktori atau folder yang berbeda dalam satu layar, dengan tampilan layar terbagi dua (atas bawah > portrait, kanan kiri > landscape).

Bila Anda ingin neko-neko, FX File Explorer masih menawarkan fitur-fitur tambahan, termasuk dukungan Add-on untuk akses root dan akses FTP/SMB yang dapat diunduh secara terpisah.

Download FX File Explorer


4. Borqs File Manager


Secara default, Borqs File Manager akan mengelompokkan file Anda menjadi beberapa kategori, yaitu gambar, dokumen, video, musik, aplikasi yang terinstall, arsip (zip, rar, dll), APK, dan Favorites. Kendati begitu, Anda masih bisa menelusuri file-file Anda sebagaimana biasanya dengan mengakses tab Directory.

Borqs File Manager CategoryBorqs File Manager

Di bagian Favorites, Anda bisa menambahkan folder atau direktori favorit Anda (folder Bluetooth atau Download misalnya). Pada sisi bawah layar, terdapat indikator kapasitas SDcard (total dan free space) yang memudahkan Anda mengetahui kapasitas total dan ruang yang tersisa di SDcard Anda.

Download Borqs File Manager


5. Arsen File Manager


Dari segi tampilan, Arsen File Manager terlihat seperti aplikasi file manager Android yang banyak beredar di Google Play Store. Bedanya, ada sedikit animasi manis saat pertama kali masuk Arsen dan saat berpindah folder atau direktori. Fitur file managernya sama dengan aplikasi sejenis pada umumnya.

Arsen File ManagerArsen File Manager menu

Salah satu fitur yang cukup menonjol dari Arsen adalah Favorites. Anda bisa menambahkan folder atau file ke bagian Favorites yang dapat diakses dengan cepat dari menu slide yang berada di bagian kiri layar.

Download Arsen File Manager


6. ASTRO File Manager with Cloud


Seperti namanya, ASTRO File Manager with Cloud dapat digunakan untuk mengakses sejumlah layanan penyimpanan awan atau cloud storage, seperti Dropbox, Google Drive, Facebook, Box & OneDrive.

ASTRO File Manager with Cloud searchASTRO File Manager with Cloud slide menu

Mirip dengan ES File Explorer, ASTRO juga berfungsi juga sebagai pengelola aplikasi, bedanya, ASTRO dilengkapi pula dengan Task Killer.

Pembeda lainnya, ASTRO memiliki dua buah menu slide, kiri dan kanan, sehingga Anda tidak perlu menggulung layar (scroll) terlalu lama untuk menemukan setting atau menu yang Anda perlukan.

Di menu slide kanan paling bawah, Anda bisa menemukan bagian Recent Open, yang menampilkan file-file yang baru saja Anda buka (layaknya Recent Document di Windows).

Download ASTRO File Manager with Cloud


7. inKa File Manager


Bila Anda merasa ASTRO File Manager terlalu rumit, Anda bisa mencoba inKa File Manager. Aplikasi ini hadir dengan UI yang sederhana dan bersih. Menariknya, Anda bisa mengubah warna folder inKa File Manager sesuka hati.

inKa File Manager tree viewinKa File Manager

InKa File Manager juga dilengkapi dua buah menu slide di kanan dan kiri layar. Di bagian kanan terdapat daftar folder dan direktori dengan tampilan semacam tree view (seperti Windows). Di bagian kiri terdapat beberapa menu untuk mengatur tampilan file (grid/list), urutan file (name, type, date, dsb), opsi untuk memunculkan hidden files, dan opsi ukuran ikon.

Download inKa File Manager


8. Fo File Manager


Meski ukuran file installasinya hanya sekitar 300Kb, Fo File Manager bisa menjadi salah satu aplikasi file manager Android favorit Anda.

Fo File ManagerFo File Manager menu

Selain memiliki fitur Favorites yang memudahkan Anda mengakses folder favorit, Fo File Manager juga menyediakan opsi untuk mengganti tema (dark/light) dan warna UI-nya (green, blue, orange, pink, dsb).

Download Fo File Manager



9. Cabinet Beta


Cabinet Beta adalah aplikasi file manager Android minimalis dengan tampilan material design. Aplikasi besutan Aidan Follestad ini memang terkesan tidak mengedepankan kekayaan fitur, namun lebih mengarah pada fungsi dan kecepatan dari sebuah aplikasi file manager atau explorer.

Cabinet BetaCabinet Beta slide menu

Meski minimalis, fungsi-fungsi harian file manager seperti copy, cut, rename, delete, zip, extract file sudah tersedia di Cabinet Beta. Jika Anda butuh akses ke root, aplikasi yang bersifat open source ini juga telah siap menanganinya.

Download Cabinet Beta



10. Sliding Explorer


Satu lagi file manager dengan tema material design, Sliding Explorer. Mirip dengan Cabinet Beta, Sliding Explorer juga fokus pada kesederhanaan dan kecepatan akses file.

Sliding Explorer ClassicSliding Explorer Dark

Tampilannya bisa dibilang cukup menarik, terlihat dari ikon-ikonnya yang kaya warna, termasuk adanya dua pilihan tema di bagian pengaturan Sliding Explorer (Classic dan Dark). Sliding Explorer juga telah dilengkapi dengan fitur akses root, jadi Anda tidak perlu lagi mencari file explorer root berbayar lagi. UPDATE 31/07/2016: Sliding Explorer sudah dihapus dari Play Store dan tidak tersedia lagi untuk diunduh.


10.1. MK Explorer


Sebagai pengganti Sliding Explorer, Memudahkan memilih MK Explorer sebagai penutup daftar aplikasi file manager Android terbaik ini. Mengikuti tren desain saat ini, MK Explorer juga telah mengadopsi material design. Menariknya, warna dan ikon MK Explorer bisa diubah-ubah sesuai selera sob (melalui laman setting).

MK Explorer

Fitur aplikasi besutan Kormateusz tersebut bisa dibilang cukup lengkap untuk penggunaan sehari-hari. Buat Anda yang doyan multi tasking, MK Explorer telah menyediakan fitur Two windows (panels), yang berguna untuk membuka dua jendela file explorer sekaligus (memudahkan copas dan move). Butuh akses file di folder root? Tenang, MK Explorer juga sudah menyediakan fitur root yang bisa digunakan secara gratis.

Download MK Explorer (File Manager)


Jadi, aplikasi file manager apa yang Anda pilih? Tidak ada dalam daftar di atas? Silakan tuliskan di kotak komentar, terima kasih dan selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×