31 Oktober 2017

Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Terlanjur Terkirim

Ditulis oleh pada 31.10.17
Tak hanya yang terlanjur terkirim sob, pesan WhatsApp yang sudah terlanjur dibaca pun masih bisa kita hapus. Mulai saat ini, WhatsApp sudah dilengkapi fitur untuk menghapus pesan yang sudah terkirim, baik pesan yang ada di ponsel kita maupun pesan yang ada di hp penerima.

Menghapus Pesan WhatsApp yang Terlanjur Terkirim

Istilahnya seperti menjilat ludah sendiri sob. Walau demikian hal itu tidak selamanya negatif kok. Dalam berkirim pesan WA, ada kalanya kita salah ketik, bisa pula salah orang (mau kirim ke gebetan keliru ke bapaknya misalnya). Nah, agar tidak terjadi kesalahpahaman, kita bisa menghapus pesan yang sudah sampai tersebut, syukur-syukur kalau sang penerima pesan belum sempat membacanya 😀. Lalu bagaimana cara menghapus pesan WA yang sudah terkirim ke teman atau grup?


Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim


Caranya tak ubahnya menghapus pesan WhatsApp biasa. Tekan tahan pesan yang akan dihapus (Anda bisa memilih beberapa pesan sekaligus), pilih ikon tempat sampah, ketuk opsi "Hapus untuk Semua Orang" (Delete for Everyone), dan pesan tersebut akan terhapus dari ponsel Anda dan juga ponsel penerima pesan.

Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim


Begitu saja? Benar sob, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Anda hanya bisa menghapus pesan untuk semua orang dalam jangka waktu tujuh menit setelah dikirimkan. Lewat 7 menit pesan tersebut hanya bisa dihapus dari ponsel Anda, namun pesan di ponsel penerima tidak akan terhapus. UPDATE 10/03/2018: Mulai WhatsApp Beta v2.18.69, kita bisa menghapus pesan WA yang sudah terlanjur terkirim selama 4.096 detik atau 1 jam 8 menit 17 detik.

  2. Semua jenis pesan WA bisa dihapus dengan cara di atas; termasuk foto, video, dokumen, lokasi, dsb.

  3. Agar pesan bisa dihapus dengan sukses untuk semua orang, baik Anda dan penerima harus menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru (Android, iPhone, atau Windows Phone).

  4. Penerima mungkin telah membaca pesan Anda sebelum dihapus atau bila proses penghapusan tidak berhasil.

  5. Jadi ada kemungkinan gagal? Iya sob, tapi kita tidak akan memperoleh notifikasi apapun bila pesan tersebut ternyata tidak berhasil dihapus dari ponsel penerima.

  6. Kenapa bisa gagal ya? Banyak sebab sob. Bisa jadi penerima masih pakai aplikasi WA versi lama, mungkin juga jaringan internet sedang tidak stabil saat proses penghapusan berlangsung, atau pesan tersebut telah terkirim lebih dari 2 jam yang lalu misalnya. Belum lagi kalau penerima sempat mengambil screenshot sebelum pesan berhasil dihapus, nah lho! 😄

  7. Pesan yang sudah berhasil dihapus akan digantikan dengan pesan "Anda telah menghapus pesan ini" (di ponsel Anda) dan "Pesan ini telah dihapus" (di ponsel penerima). Jadi masih ada jejak tertinggal meski pesan telah terhapus, tapi tenang, pesan-pesan tersebut juga bisa dihapus jika diperlukan (hanya dengan opsi "Hapus untuk Saya/Delete for Me").

    Pesan ini telah dihapus

  8. Opsi Hapus untuk Saya? Opsi tersebut berguna untuk menghapus pesan dari ponsel Anda, tapi tidak berefek pada pesan di ponsel penerima (sama seperti opsi hapus pesan pada WA versi lama).

  9. Seperti fitur-fitur WhatsApp lainnya, "Hapus untuk semua orang" juga dirilis secara bertahap. Pastikan Anda selalu menggunakan aplikasi WA versi terbaru agar cepat kebagian fitur-fitur anyarnya.

Intinya memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Maksudnya daripada kita gelisah memikirkan berhasil tidaknya pesan salah ketik/kirim itu dihapus, lebih baik kita berhati-hati dalam meracik dan mengirim pesan WhatsApp. Baca kembali pesan Anda serta cek ulang nama penerima pesan/grup (dan jangan lupa berdoa) sebelum menekan tombol kirim. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×