20 Oktober 2017

Cara Berbagi Lokasi Secara Real Time di WhatsApp [Live Location]

Ditulis oleh pada 20.10.17
Berbagi lokasi di WhatsApp memang sudah bisa dilakukan sejak dulu sob, tapi kali ini beda. Layaknya Glympse yang terintegrasi di BBM, belum lama ini WhatsApp menambahkan fitur berbagi lokasi secara real time dalam jangka waktu tertentu.

Berbagi Lokasi Secara Real Time di WhatsApp

Iya, bila dulu kita cuma bisa membagikan lokasi terakhir kita di peta, kini kita bisa menyiarkan pergerakan kita dari satu tempat ke tempat lainnya secara live di percakapan WhatsApp (pribadi maupun grup). Sangat berguna ketika kita sedang dalam perjalanan dan tak ingin membuat keluarga di rumah/si dia khawatir.

Bagaimana cara membagikan lokasi live kita di WhatsApp? Mudah sekali sob.
  1. Caranya sama dengan berbagi lokasi biasa: Cukup buka salah satu percakapan pribadi atau grup di WA lalu ketuk ikon lampiran (penjepit kertas).

  2. Pilih 'Lokasi' (Location) dan ketuk 'Bagikan lokasi terkini' (Share live location). Izinkan WA mengakses lokasi kita dan aktifkan GPS bila diperlukan (diminta).

    Share live location

  3. Selanjutnya tentukan berapa lama lokasi kita akan dibagikan secara live, bisa 15 menit, 1 jam, atau 8 jam. Tambahkan keterangan bila perlu dan ketuk ikon panah (kirim) untuk mulai berbagi lokasi.

    Durasi lokasi terkini WA

  4. Foto profil WA kita akan tampil di peta dan bergerak sesuai dengan posisi kita yang sebenarnya (posisi GPS ponsel lebih tepatnya). Peta tersebut akan diupdate secara real time sampai waktu berbagi yang telah kita tentukan habis.

  5. Bila diperlukan, kita bisa menghentikan siaran lokasi kita kapan saja dengan mengetuk 'Berhenti berbagi' (atau matikan saja GPS-nya). Untuk berhenti berbagi dari semua percakapan pribadi maupun grup secara bersamaan; tuju Menu - Setelan - Akun - Privasi - Lokasi terkini - Berhenti berbagi (berguna jika kita berbagi lokasi live dengan beberapa teman atau grup sekaligus).

    Menghapus lokasi terkini live

Soal keamanan tak perlu khawatir sob, seperti halnya chat/foto yang kita kirim, fitur berbagi lokasi real time WA juga sudah terenkripsi secara end-to-end, sehingga hanya pengirim dan penerima pesan yang bisa memantaunya. Meski demikian, berbagi lokasi dengan orang asing atau baru dikenal tetap tidak direkomendasikan ya sob.

Khusus di grup, semua anggota grup bisa mengikuti pergerakan posisi kita di peta selama berbagi lokasi. Uniknya, bila beberapa anggota grup berbagi lokasi live secara bersamaan, mereka akan tampil dalam satu peta yang sama.

Saat artikel ini diketik, fitur berbagi lokasi real time di WhatsApp sudah tersedia di Android dan iOS. Bila Anda belum kebagian harap bersabar karena fitur tersebut dirilis secara bertahap langsung dari server WhatsApp. Selamat mencoba 😊

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×