08 Mei 2015

4 Aplikasi Android untuk Mengetahui Judul Lagu yang Sedang Diputar

Apa yang Anda lakukan ketika mendengar alunan suara musik dari sebuah lagu asyik yang ternyata belum Anda ketahui judulnya? Tanya teman di sebelah Anda, mungkin dia tahu judul lagu yang sedang mengalun mengiringi iklan produk di TV itu, tak tahu juga? Tanya operator musiknya, barangkali Anda sedang berada di pusat perbelanjaan yang ramai dan kebetulan mendengar lagu keren pilihan sang operator. Bisa juga tanya penyiarnya, kalau Anda sedang mendengarkan radio (padahal lagi ga punya pulsa buat nelpon radio, adanya paketan internet T_T).

Aplikasi Android untuk Mengetahui Judul Lagu

Sekarang kan zamannya internet? Tinggal cari di Google pakai penggalan lirik lagu itu sebagai kata kuncinya. Bagaimana kalau instrumental alias tanpa lirik? Bagaimana pula bila lirik yang Anda tangkap dari lagu itu hanya amburegul emeseyu bahrelway bahrelway? :D (tapi bisa juga lirik legendaris itu dijadiin kata kunci sob :D).

Banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mengetahui judul dari sebuah lagu atau musik. Di antaranya sudah saya sebut di awal artikel tadi. Ok, saya akui bahwa cara-cara mengetahui judul lagu di atas terkesan kurang praktis. Meski begitu, rasa penasaran pasti pernah memaksa Anda melakukan salah satu cara di atas hanya karena lagunya yang memang enak bener didengar dan diresapi (halah).

Nah, agar cepet dan ga pakai ribet, kali ini Memudahkan akan mengulas cara mudah mengetahui judul lagu yang sedang diputar dengan aplikasi Android. Memang ada ya aplikasi Android yang bisa mengidentifikasi lagu? Banyak sob, lebih dari satu pokoknya. Tidak hanya judulnya, dengan aplikasi-aplikasi Android ini, kita juga bisa mengetahui nama artis beserta albumnya, sekalian video klipnya. Penasaran? Simak ulasan singkat mengenai 4 aplikasi Android untuk mengetahui judul lagu yang sedang diputar berikut ini.


TrackID


Namanya tidak asing kan? Bila Anda pengguna ponsel Sony Ericsson, yang sekarang berubah menjadi Sony (dari zaman Java sampai Android, khususnya seri Walkman), kemungkinan besar Anda tahu tentang aplikasi TrackID, atau malah sering menggunakannya. Iya, TrackID adalah aplikasi Android yang berguna untuk mengenali info dari sebuah lagu/musik yang sedang mengalun di sekitar kita.

TrackIDTrackID sahabat selamanya

Cara mengidentifikasi lagu menggunakan TrackID pun cukup mudah, kala Anda mendengar suara musik dari radio atau TV misalnya, tinggal buka aplikasi TrackID, dekatkan ponsel Anda ke sumber suara/speaker, lalu pencet tombol warna ungu. Otomatis TrackID akan merekam penggalan dari lagu tersebut lalu mengidentifikasinya secepat mungkin. Sesaat kemudian ponsel Anda akan bergetar dan munculah judul lagu, artis, album, tahun rilis, label rekaman, dan genre-nya (lengkap bener, padahal judul dan artisnya saja sudah cukup buat saya :D).

Asyiknya, kita bisa menggunakan TrackID secara offline sob. Mekanismenya simpel, saat kuota internet habis misalnya, TrackID akan merekam lagu yang akan dikenali lalu menyimpannya untuk kemudian diidentifikasi saat kita bisa online nanti.


Shazam


Selain TrackID, kita juga bisa menggunakan aplikasi Shazam untuk mengetahui judul lagu, artis, album, dsb. Tidak hanya lagu, pihak Shazam mengklaim bahwa aplikasinya berfungsi pula untuk mengenali informasi tentang sebuah iklan dan acara TV.

ShazamShazam Padi

Cara penggunaannya hampir sama dengan TrackID sob, cuma beda warna tombolnya (TrackID: ungu, Shazam: biru). Bedanya lagi, Shazam mampu memutar lagu yang telah kita identifikasi via aplikasi Rdio Music, jadi tak perlu repot nyari mp3-nya sob :v

Belum lama ini, Shazam memperkenalkan fitur barunya, yaitu integrasi langsung dengan perintah suara dari Google Now. Cukup ucapkan OK Google, Shazam this song maka otomatis aplikasi Shazam akan mengidentifikasi lagu yang sedang diputar. Sayangnya saat saya coba, bukannya aplikasi Shazam yang jalan, melainkan hasil pencarian Google tentang aplikasi Shazam yang muncul (mungkin saat ini Indonesia belum kebagian fitur tersebut sob).


SoundHound


Sama dengan kedua aplikasi sebelumnya, SoundHound merupakan aplikasi identifikasi musik/lagu untuk Android. Uniknya, bila kedua aplikasi di atas hanya bisa mengenali lagu rekaman, SoundHound memiliki fitur unik yang bisa digunakan untuk mengenali lagu yang kita nyanyikan atau senandungkan.

SoundHoundSoundHound result

Iya, semisal kita ingat nada atau beberapa bait lirik lagu, namun lupa judulnya, buka aplikasi SoundHound, pencet tombol oranye, lalu bernyanyilah sob, atau bersenandung saja bila lupa liriknya. Lewat fitur yang disebut unique sing and hum search technology, SoundHound akan mencoba menebak judul lagu yang telah Anda nyanyikan atau senandungkan. Hasilnya memang tidak selalu tepat sob, tergantung kemiripan nada yang Anda nyanyikan juga sih :D


Musixmatch


Di samping fungsi utamanya sebagai pemutar musik dan penampil lirik lagu, aplikasi Musixmatch ternyata punya fitur identifikasi lagu juga sob, yang disebut MusicID. Sekilas mengenai fitur tersebut pernah diulas pada artikel Aplikasi Music Player Android untuk Menampilkan Lirik Lagu.

MusicIDMusixmatch lyric

Nah, selain menampilkan info tentang judul dan penyanyi/band dari sebuah lagu, Musixmatch dengan fitur MusicID nya memberikan kita bonus sob, bonus lirik lagu. Menariknya, posisi lirik lagu yang ditampilkan Musixmatch sinkron dengan lirik yang sedang dilantunkan penyanyinya. Simak video berikut (kerasin volumenya biar kedengeran :D).



Pada video di atas, saya memutar lagu berjudul Cantik dari Kahitna melalui AIMP di PC. Di tablet Android, saya membuka aplikasi Musixmatch > Menu > MusicID lalu menyentuh tombol identifikasinya. Beberapa saat kemudian, munculah judul lagu (Cantik), nama artis (Kahitna), dan juga lirik lagunya pas dengan posisi yang sedang dinyanyikan, manteb tenan to? :D


_____________________

Sebagai penutup, keempat aplikasi di atas rata-rata cukup mumpuni saat digunakan untuk menebak judul lagu beserta tambahan info lainnya. Walau begitu, berdasarkan percobaan yang saya lakukan, TrackID dan Musixmatch relatif lebih baik dalam mengenali lagu, terutama lagu-lagu Indonesia (mungkin karena keduanya menggunakan database yang sama, sama-sama dari Gracenote). Untuk lagu luar, keempatnya bisa dikatakan memiliki kemampuan indentifikasi yang sepadan.

Bila Anda menginginkan fitur lebih, Musixmatch bisa menjadi pilihan karena kelengkapan fiturnya (music player, MusicID, lyric player, dsb). Untuk Anda yang gemar menyanyi, SoundHound cocok untuk Anda karena fitur unique sing and hum search technology-nya. Terakhir, kalau Anda mendambakan kecepatan identifikasi lagu, pengen cepat mengetahui judul dan artisnya, TrackID dan Shazam siap untuk diandalkan. Selamat mencoba :)

Memudahkan

Suka dengan artikel Memudahkan?

Dukung kami dengan memasukkan blog ini pada whitelist ad blocker Anda.

Terima kasih :)

×